Sukses

Keputihan

20 Oct 2014, 10:16 WIB
Pria, 27 tahun.
dokter, klo tmbul flek kuning putih 2hr sblm haid dg bau kurang sedap, tak gatal, ganti cln dalam 3x sehari, apakah tmsuk patologis? slm ni pake sabun sirih tiap hari, adakah hub? baiknya pake saat ap aja? ( laki-laki, 27 thn,174 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Pada kasus Anda, keluarnya cairan dari kemaluan baru timbul setelah menstruasi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor fisiologis, yaitu hormonal. Yang kemudian menjadi perhatian adalah cairan tersebut berbau kurang sedap, maka mungkin keputihan yang timbul merupakan keadaan patologis akibat infeksi jamur/bakteri/parasit.

Untuk mengatasinya sudah baik dengan berganti celana dalam 3x/hari, namun diperhatikan juga bahwa celana dalam jangan yang berbahan nilon, lebih baik katun karena bahan nilon akan menimbulkan hawa lembab. Sabun sirih - tidak disarankan untuk digunakan secara rutin saat tidak disertai keluhan, karena juga akan mematikan kuman baik yang melawan kuman-kuman jahat dalam organ kemaluan wanita, sehingga meningkatkan risiko infeksi dan pada akhirnya menyebabkan keputihan. Apabila keputihan ini berlanjut dan tidak membaik dengan saran saya diatas maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar diterapi lebih lanjut. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar