Sukses

Keringat sebabkan baju menjadi kuning

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Pria, 43 tahun.
Saya setiap hari kalau bekerja selalu memaki kaos singlet untuk dalamnya, tapi kenapa kalau saya berkeringat kaosnya jadi kuning bagian belakangnya, bagian depannya tidak. lalu kalau saya olahraga kaosnya tidak warna kuning kalau lagi berkeringat, dokter kan tahu kalau berolahrga keringat keluar sangat banyak, tetapi kaos saya tidak warna kuning. Berbahaya kah dokter? Terima kasih.( laki-laki, 43 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter


Bapak / Saudara yang terhormat,

Kelenjar keringat terdiri atas kelenjar apokrin dan merokrin atau ekrin. Kelenjar apokrin melepaskan cairan yang kita sebut keringat melalui folikel rambut di aksila (ketiak), sekitar puting (areola), dan di daerah selangkangan. Cairan dari kelenjar apokrin kental, berawan, dan berpotensi untuk berbau bila bertemu dengan bakteri. Kelenjar merokrin lebih banyak tersebar di seluruh tubuh, menghasilkan keringat yang terdiri atas air (99%), elektrolit (sodium klorida), metabolit, dan bahan sisa. Sodium klorida menyebabkan rasa asin pada keringat.

Warna kuning dapat terjadi akibat keringat yang mengandung berbagai bahan hasil sisa metabolisme yang melekat dalam jangka waktu lama di pakaian. Berolahraga kemungkinan kontaknya lebih sedikit karena Bapak akan langsung mengganti pakaian karena sangat berkeringat. Terlebih lagi apabila Bapak memakai deodoran. Kombinasi antara bahan kimia yang terkandung dalam deodoran bereaksi atau beroksidasi dengan keringat yang mengandung zat-zat sisa sehingga menimbulkan warna kuning pada pakaian. Hal ini tidak berbahaya. Untuk mencegahnya (kaos, kemeja) menjadi berwarna kuning, maka segeralah cuci pakaian Bapak setelah digunakan. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar