Sukses

Gejala mengantuk mata merah

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Pria, 48 tahun.
Yth Dokter, Aku punya masalah dengan keadaanku, yaitu waktu bulan Agutus saat kontrol bulanan/rutin ke dr Jantung ( Aku masih dalam penanganan Dokter Jantung karena Aritmia dan pernah diadakan Ablasi ), pada pemeriksaan Loborat, HEMATOLOGI baik, NILAI ERITROSIT baik cuma MCV 81 ( dari 82-92 ), FUNGSI GINJAL baik, DIABETES/GLUKOSA normal, LEMAK baik cuma HDL 23 ( dari 35-65 ) dan trigliserida 221 ( dari 50-150 ), FUNGSI HATI, SGOT 25 ( dari 5-37 ), SGPT 51 ( dari 5-40 ), keadaan di daerah perut kanan seperti mengganjal. Dokter mengatakan tidak apa-apa hanya Pelemakan Dihati, saran banyak Olah Raga disarankan untuk periksa Laborat kembali. Bulan September ke Laborat hasil SGPT tambah naik 71 ( 5-40 ) yang lain Normal. Dengan keluhan Kaki kesemutan/panas dan mata ngantuk, Dokter pengganti ( dr biasa Cuti ), mengatakan itu karena ada gangguan di hati sehingga diberikan obat untuk hati, Tetapi sampai saat ini belum ada perubahan yang berarti, bahkan kadang mata sangking mengantuk menjadi merah seperti sakit mata, Gejala sakit Apakah saya Dok ??, apa betul hati saya sakit ?? dan saya harus melakukan tindakan apa?? Atas bantuan dari Dokter saya haturkan banyak terima kasih.( laki-laki, 48 thn,169 cm,88 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terimakasih atas pertanyaannya

Berdasarkan data yang Anda berikan, Saya menyimpulkan terdapat sedikit perubahan pada nilai eritrosit Anda (MCV 81, sedikit dibawah normal), HDL 23 (rendah), Trigliserida 221 (tinggi), SGPT 51 (sedikit diatasnormal dan pada bulan september naik menjadi 71). Selain itu Anda mengeluh perut kanan seperti mengganjal.

Terdapat beberapa pertanyaan yang harus Saya konfirmasi terkait pertanyaan Anda:

  1. Apakah mata Anda pernah kuning?
  2. Apakah Anda pernah mual atau muntah?
  3. Apakah Anda sering lemas atau kurang bertenaga akhir-akhir ini?
  4. Apakah belakangan ini kesibukan Anda lebih berat dibanding biasanya?
  5. Apakah Anda mengkonsumsi obat-obatan/jamu-jamuan tertentu selama ini?
  6. Apakah Anda rajin berolahraga dan menjalankan diet khusus terkait penyakit Anda?
  7. Apakah Anda merokok atau mengkonsumsi alkohol?

Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu berdasarkan cerita dan hasil lab Anda:

  1. MCV 81 (sedikit di bawah normal) . Dibutuhkan data tambahan mengenai nilai hemoglobin (Hb), MCH dan MCHC sebelum memastikan kondisi Anda. Apabila nilai Hb, MCH dan MCHC Anda normal, maka kemungkinan besar tidak terdapat masalah karena nilai MCV Anda hanya sedikit di bawah normal (batas bawah 82)
  2. HDL rendah dan trigliserida tinggi.  Saya sangat menyarankan Anda untuk rajin kontrol ke dokter Anda dan menjalankan terapi yang diberikan dengan sebaik-baiknya (misal: terapi diet makanan, olahraga, obat-obatan, dsb). HDL rendah dan trigliserida tinggi merupakan faktor risiko untuk mendapat serangan jantung. Dengan terapi dan kerjasama yang baik dengan dokter Anda diharapkan mendapat hasil yang maksimal.
  3. SGPT tinggi dan perut kanan seperti mengganjal . Data yang Anda berikan masih kurang lengkap. Nilai SGPT menggambarkan adanya kerusakan pada sel hati. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan peningkatan nilai SGPT, antara lain: konsumsi alkohol, infeksi hati, perlemakan hati, meminum obat-obatan/jamu-kamuan yang menimbulkan efek samping ke hati, dsb. Konsultasikanlah secara mendetail dengan dokter Anda mengenai keluhan yang Anda rasakan. Apabila diperlukan, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG hati dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk memastikan penyebab keluhan pada perut kanan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat Saya berikan. Semoga dapat dimengerti. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar