Sukses

Anak mogok sekolah
20 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok saya mau menanyakan ttg anak saya usianya 6 th cowok kelas 1 SD. akhir akhir ini kalo berangkat sekolah selalu mogok.dan minta di antar biasanya dia naik antarjemput dg kakakknya. kadang sampai di sekolahpun mau menangis. sy tanyakan sebabnya katanya tidak ada. kenap ya dok, thank (Wanita, 31 thn, 165 cm, 60 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Menyimak cerita Anda, kemungkinan besar anak Anda melakukan hal tersebut terkait masa adaptasi yang dialami oleh seorang anak saat memasuki sebuah lingkungan baru dan pola pendidikan yang berbeda dengan sebelumnya (TK/playgroup).

Pada TK/playgroup anak umumnya ditunggui oleh orangtua. Memasuki jenjang SD dimana anak mulai belajar untuk lebih mandiri, dapat membuat sebagian anak ketakutan dan merasa kehilangan, sehingga membuatnya takut dan enggan pergi ke sekolah - seperti yang terjadi pada anak Anda. Selain itu, hal tersebut dapat pula disebabkan oleh aktivitas pertemanannya. Hal ini dapat dipikirkan apabila sebelumnya anak Anda tidak mengalami masalah di sekolah dan mendadak sikapnya berubah.

Sebaiknya dilakukan kerjasama antara Anda dengan guru sekolah agar anak Anda tidak merasa ketakutan dan ditinggalkan. Mulailah dengan berbicara dari hati ke hati dengan anak Anda dan secara perlahan tanyakan hal yang membuat dirinya tidak mau bersekolah. Selain itu Anda dapat menemani dan mengantarnya ke sekolah. Berikanlah pujian dan penghargaan bila dia masuk sekolah. Dibutuhkan kesabaran agar didapatkan hasil yang baik.

Apabila setelah Anda berusaha namun tidak didapatkan perubahan. Anda dapat meminta bantuan kepada psikiater atau dokter spesialis kesehatan jiwa/dokter psikiatri. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar