Sukses

Apakah penyakit jantung diturunkan?

20 Oct 2014, 09:31 WIB
Wanita, 25 tahun.
dear Dok, benar tdk ya kalo penyakit jantung itu penyakit keturunan di keluarga?, adik saya jantungnya tdk sehat, ada kemungkinan ngga kalo jantung saya juga kurang sehat atau gmn?, ada cara simple utk mengetahuinya?, ada ciri2 tertentu?. Many thanks Dok. ( perempuan, 25 thn,159 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Berdasarkan penyebab, penyakit jantung terbagi menjadi dua:

  1. Penyakit jantung yang diturunkan dan
  2. Penyakit jantung yang didapat/tidak diturunkan.

Beberapa contoh penyakit jantung yang dapat diturunkan antara lain adalah kelainan jantung bawaan, seperti VSD/Ventricular Septal Defect (dimana terdapat lubang diantara bilik jantung kiri dan kanan), ASD/Atrial Septal Defect (dimana terdapat lubang diantara serambi jantung kiri dan kanan), penyakit jantung koroner, dsb.

Sedangkan contoh penyakit jantung yang didapat adalah penyakit jantung rematik, miokarditis (peradangan pada otot jantung yang umumnya disebabkan oleh infeksi atau kelainan sistem imun), dsb.

Sehubungan dengan keadaan jantung adik Anda yang tidak sehat, harus diperjelas kembali: "Apakah sebelumnya sudah diperiksa oleh dokter? Kelainan jantung apakah yang diderita?" Melihat usia anda, tentunya saat ini adik Anda masih terbilang sangat muda. Penyakit jantung yang umumnya terjadi pada usia muda diantaranya memang merupakan kelainan jantung bawaan, penyakit jantung rematik, dsb. Diperlukan evaluasi lebih lanjut disertai serangkaian pemeriksaan (seperti EKG, foto rontgen, dsb) untuk memastikan hal ini.

Ciri penyakit jantung bisa bervariasi, tergantung pada jenis penyakitnya. Namun ada beberapa gejala yang umum ditemui pada penderita penyakit jantung, yaitu sesak dan nyeri dada. Apakah selama ini Anda pernah mengalami salah satu keluhan tersebut? ataukah ada keluhan lain yang Anda alami? Apabila ada, akan lebih baik bila Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar