Sukses

Menghilangkan kulit mati

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Pria, 42 tahun.
boleh saya tanya mengenai kulit, bagaimana menghilangi kulit mati (kapalan) atau mata ikan pada kaki. Mungkin bisa juga diinformasikan obat kulit yang dapat mempercepat pemulihannya. Hatur nuhun untuk para dokter yang mau membantu saya.( laki-laki, 42 thn,168 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Kutil merupakan infeksi ringan pada kulit akibat virus yang termasuk famili human papilloma virus (HPV). Bapak terkena kutil atau disebut dengan Veruccae plantaris yang ukurannya dapat mencapai 2 cm dengan permukaan kasar. Veruccae plantaris lebih dikenal awam sebagai mata ikan. Umumnya virus tersebut akan masuk bila ada sedikit luka atau lecet. Penyebab luka atau lecet dapat terjadi karena salah ukuran/bentuk sepatu sehingga terjadi gesekan dan penebalan kulit, kebiasaan jalan yg salah, dan olahragawan. Dapat ditemukan di seluruh permukaan tubuh namun umumnya di jari tangan dan kaki.

Pencegahan dapat dilakukan dengan sebisa mungkin menghindari kaki dari tekanan yang terus-menerus. Sebaiknya pilih alas kaki yang baik. Selain menggunakan alas kaki yang baik, pencegahan terhadap berbagai gangguan kaki dapat dilakukan dengan memakai kaus kaki, menghindari penggunaan sepatu yang terlalu lama, dan rutin berolahraga ringan seperti jalan kaki. Bila kulit kita terluka, jangan lupa untuk mencucinya dengan sabun. Hal ini untuk menghindari kemungkinan infeksi dan masuknya virus penyebab kutil. Jangan lupa pula untuk selalu mengenakan alas kaki bila keluar rumah, terutama di tempat umum.

Pengobatan yang saat ini dilakukan dapat dengan menggunkan salep yang mengandung fluorourasil dan asam salisilat yang berfungsi sebagai keratolitik. Kaki direndam di air hangat sampai kulit yang menebal melunak, oleskan salep, kemudian di plester di matanya. Plester dipakai selama 8 jam. Setelah 8 jam, ganti plesternya, oleskan salep kembali dan plester dipakai kembali. Lakukan hal ini setiap hari selama seminggu atau sampai mata ikan hilang. Apabila sulit dilakukan, plester dapat diganti dalam waktu 3 hari. Namun apabila ingin melakukan terapi ini, pastikan kaki Bapak selalu dalam kondisi bersih.

Apabila tidak berhasil dengan terapi konvensional, maka operasi kecil menggunakan pisau bedah, cryotherapy (bedah beku), atau kateterisasi (laser) dapat dilakukan. Cara ini lebih cepat dan lebih efektif. Konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit Anda untuk terapi selanjutnya. Semoga membantu. (TRH)


Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar