Sukses

Keputihan berwarna kecoklatan

20 Oct 2014, 10:01 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok, saya mengalami keputihan yang kadang2 berwarna kecoklatan kental,kadang berwarna santan cair lengket. saya sudah berobat berkali2 ke dokter spesialis kelamin dan diberi obat, namun keputihan saya tak kunjung sembuh. apakah keputihan saya ini berbahaya dok? terus bagaimana keputihan saya bisa sembuh dok?terimakasih (Wanita, 22 thn, 160 cm, 46 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Apakah selain keputihan Anda merasakan gejala lainnya, seperti rasa gatal pada kemaluan, rasa terbakar pada kemaluan, bau pada keputihan seperti bau amis atau bau ikan busuk, keputihan yang bergumpal atau berbusa? Apabila memang ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas maka kemungkinan ini adalah keputihan yang patologis. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Karena keluhannya sudah berulang-ulang, maka sebaiknya keputihan Anda diperiksa secara laboratorium untuk benar-benar diketahui apa kuman penyebabnya. Akan lebih baik bila Anda berobat ke dokter spesialis kulit kelamin atau ke rumah sakit besar yang memiliki fasilitas laboratorium untuk pemeriksaan keputihan Anda. Hal ini sangat penting karena keputihan memang dapat berulang apabila penyebabnya masih belum dituntaskan atau perawatan Anda sendiri untuk kemaluan masih kurang (kurang bersih, lembab, jarang berganti celana dalam apabila berkeringat atau basah). Semoga membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar