Sukses

Benjolan payudara

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 23 tahun.
saya mempunyai benjolan pada payudara sebelah kanan apakah memungkinkan kalau saya terkena kanker payudara?? apa yang menyebabkan benjolan tersebut? apa usaha yang harus saya lakukan? terima kasih dok..( perempuan, 23 thn,160 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Benjolan (tumor) pada payudara terbagi 2, tumor jinak dan tumor ganas. Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau terus menerus ada? Hilang timbul dalam artian terdapat benjolan pada saat mau menstruasi dan menghilang sesudah menstruasi. Apakah ukuran dari benjolan tersebut membesar secara progresif (cepat membesar dalam beberapa bulan) atau memiliki ukuran yang sama selama berbulan-bulan?

Bebjolan yang hilang timbul terutama ada di saat menstruasi merupakan benjolan jinak yang umum terjadi pada wanita disebabkan oleh perubahan siklus hormonal. Pada usia Anda, benjolan yang paling sering terjadi adalah fibroadenoma atau sering dikenal dengan Fibroadenoma Mamma (FAM). FAM merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita. FAM biasanya terjadi pada wanita muda atau remaja. Sebelum usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Anda memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda harus lebih waspada bila terdapat benjolan di payudara Anda. Untuk memeriksa benjolan tersebut Anda dapat dilakukan pemeriksaan mammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Saya sarankan Anda berkonsultasi ke dokter bedah subspesialis onkologi atau ke dokter bedah umum. Anda dapat membaca artikel kami mengenai benjolan jinak pada payudara di https://www.klikdokter.com/illness/detail/172. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar