Sukses

Masa subur

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok,....saya cuman mau tanya dan minta penjelasan saja kalo bisa juga minta informasinya mengenai masa subur menurut hitungan datang bulandari awal sampai datang bulan berikutnya. oh iyah saya pernah dapat informasi kalo lendir vagina cwe lengket atau kental itu tandanya tidak lagi masa subur dan kalo lendir vagina cwe cair itu si cwe sedang masa sibur dan kalo berhubungaan sex apat menakibatkan kehamilan yh dok? (Pria, 23 thn, 165 cm, 55 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Ibu yang Terhormat,

Penghitungan dimulai sejak hari pertama haid. Pada siklus haid normal, terjadi masa ovulasi (pelepasan sel telur dari kandung telur) saat hari ke-14 siklus menstruasi - 14 hari setelah hari pertama haid sebelumnya. Masa subur dihitung sejak terjadinya ovulasi hingga haid berikutnya. Tentu saja dengan terlepasnya sel telur ke saluran rahim, risiko terjadinya kehamilan semakin meningkat.

Pada masa subur, kadar hormon estrogen dan progesteron kembali meningkat, menyebabkan penebalan dinding rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Progesteron berada pada kadar tertingginya, meningkatkan produksi lendir dan suhu tubuh hingga periode haid berikutnya (bila tidak terjadi pembuahan).

Terdapat beberapa cara untuk menilai ovulasi, yang paling sederhana adalah dengan mengukur suhu tubuh. Suhu basal seorang wanita yang sedang mengalami ovulasi pada awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat celcius hingga siklus haid berikutnya. Cara lain adalah dengan melihat getah serviks (leher rahim). Saat ovulasi, produksi lendir cenderung meningkat dan lebih kental untuk memudahkan jalannya sperma menuju sel telur. Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar