Sukses

Benjolan di anus

20 Oct 2014, 10:15 WIB
Wanita, 21 tahun.
selamat pagi/siang/sore, sekitar lima bulan yang lalu saya menyadari bahwa saya memiliki benjolan di anus. saat saya memeriksakannya ke dokter di puskesmas, dia hanya berkata bahwa itu adalah ambeyen tanpa memeriksa badan saya. namun demikian, saya tidak yakin bahwa itu ambeyen karena saya tidak sakit saat duduk, dan tidak mengalami masalah dengan buang air besar saya. sampai saat ini saya belum memeriksakan ke dokter lain karena saya takut dengan informasi buruk yang mungkin saya terima. selain itu, benjolan ini juga tdk berpengaruh apa-apa pada fungsi biologis saya. yang ingin saya tanyakan adalah, menurut dokter, apakah penyakit yang saya derita? dan apa yang harus saya lakukan? terima kasih . salam ( perempuan, 21 thn,158 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Ambeyen atau hemorrhoid dapat timbul dari dalam (hemorrhoid interna) atau dari luar anus (hemorrhoid eksterna). Hemorrhoid eksterna bisa saja timbul tanpa keluhan, meskipun pada beberapa orang ditemukan keluhan gatal, bengkak, dan rasa terbakar pada anus. Namun perlu diketahui bahwa diagnosis ambeyen seringkali dikacaukan dengan kulit dan/atau daging berlebih yang keluar dari anus karena dorongan yang kuat dari dalam. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada Anda. Penyebab lain yang mungkin adalah polip ani (daging tumbuh pada anus).

Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menilai benjolan pada anus Anda. Apakah selama ini benjolan dirasakan membesar? Bagaimanakah deskripsi lengkapnya? Apakah terdapat kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan ambeyen, seperti terlalu sering duduk, batuk lama, mengedan saat BAB, dsb?

Saran Saya sebaiknya Anda segera mendatangi dokter spesialis bedah untuk memastikan hal ini. Persiapkan diri Anda. Ajaklah saudara/teman dekat yang dapat Anda percaya untuk menemani. Karena melakukan penanganan secara dini dan optimal tentu akan mendatangkan hasil lebih baik. Semoga dapat membantu

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar