Sukses

Gangguan obsesif-kompulsif

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Pria, 32 tahun.
Bpk/Ibu Dokter yg terhormat, saya ingin bertanya apakah penyakit saya ini bisa disembuhkan atau tdk?dimana saya dapat melakukan pengobatan & obat apa yg dapat saya konsumsi? Berikut penjelasan penyakit yg saya alami, sejak beberapa tahun lalu saya mengalami kelainan Obsesif-Kompulsif, gejala yang umum bisa berupa kegelisahan mengenai pencemaran, keraguan, kehilangan dan penyerangan. Saya merasa terdorong untuk melakukan ritual, yaitu tindakan berulang, dengan maksud tertentu dan disengaja. Ritual dilakukan untuk mengendalikan suatu obsesi dan bisa berupa:
- mencuci atau membersihkan supaya terbebas dari pencemaran
- memeriksa untuk menghilangkan keraguan
- menimbun untuk mencegah kehilangan
- menghindari orang yang mungkin menjadi obyek penyerangan.
Sebagian besar ritual bisa dilihat langsung, seperti mencuci tangan berulang-ulang atau memeriksa pintu berulang-ulang untuk memastikan bahwa pintu sudah dikunci.
Ritual lainnya merupakan kegiatan batin, misalnya menghitung atau membuat pernyataan berulang untuk menghilangkan bahaya.
Saya cukup tersiksa dengan perasaan yang timbul atas penyakit ini dok, mohon bantuan dokter untuk penyembuhan kelainan yg saya alami ini dok.
Demikian, atas perhatian & bantuan dokter diucapkan terima kasih. Salam( laki-laki, 32 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi, idealnya diperlukan peran seorang psikiater untuk menangani kondisi ini. Diperlukan informasi menyeluruh mengenai keadaan Anda sebelum menentukan terapi yang sesuai. Terapi yang dilakukan pun tidak terlepas dari pengawasan dokter secara berkala.

Saran Saya sebaiknya Anda segera mengunjungi psikiater untuk konsultasi lebih lanjut. Obat-obatan hanya dapat membantu Anda mengatasi rasa cemas. Namun penatalaksanaan sebenarnya memerlukan kerjasama yang bersinambungan antara Anda dan dokter agar tercapai hasil yang memuaskan. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar