Sukses

Kista endometriosis

20 Oct 2014, 11:06 WIB
Wanita, 31 tahun.
2 bulan lalu dokter mendiagnosa bahwa terdapat kista endomertrosis sepanjang 7 cm dan lebar 3 cm pada indung telur sebelah kanan saya. Dokter menyarankan agar saya segera menikah dan hamil. Yang mau saya tanyakan apakah kista endometrosis,apakah penyebabnya dan apa hubungannya dengan saran yang diberikan dokter pada saya?( perempuan, 31 thn,150 cm,154 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Endometrium merupakan suatu jaringan yang melapisi rahim. Saat haid, terjadi penebalan lapisan endometrium untuk mempersiapkan kehamilan. Pada endometriosis, sel-sel endometrium ini juga tumbuh dan tertanam di luar rahim, yang biasanya ditemukan pada kandung telur, saluran telur, rongga panggul, hingga usus. Meskipun jarang, sel-sel ini juga dapat ditemukan pada vagina, leher rahim, dan kandung kemih.

Pertumbuhan sel endometriosis ini terjadi setiap kali Anda mengalami haid. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri haid hebat akibat regangan dari kumpulan sel endometrium tersebut.

Penyebab pasti endometriosis masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan kaitan antara endometriosis dengan masalah imunologik (kekebalan tubuh) serta faktor genetik (keturunan).

Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Terapi dengan obat ataupun operasi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan masalah kesuburan dan rasa nyeri yang hebat. Oleh karena perjalanannya sangat dipengaruhi siklus haid, salah satu terapinya adalah dengan mengendalikan siklus haid itu sendiri. Keadaan ini dapat dicapai dengan penggunaan obat-obatan hormonal seperti GnRH antagonis, pil kontrasepsi, dsb. Cara lain yang alami adalah dengan kehamilan - seperti yang  disarankan oleh dokter Anda.

Terapi dengan pembedahan dipertimbangkan pada wanita yang tidak subur atau yang nyerinya tidak berkurang dengan obat-obatan. Operasi dapat dilakukan dengan mempertahankan rahim atau mengangkat seluruhnya, bergantung pada kondisi kesuburan pasien. Lebih lanjut mengenai hal ini dapat Anda baca dalam indeks penyakit "endometriosis", atau dengan mengklik link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/123


Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar