Sukses

Kadar gula darah

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 30 tahun.
Seminggu yang lalu saya cek gula darah cito dengan hasil 126 mg/L dan gula darah sewaktu 134 mg/L. Apakah saya terindikasi diabetes? Pola hidup dan pola makan seperti apa yang harus saya jalani?( perempuan, 30 thn,155 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, Saya ingin melakukan konfirmasi. Apakah yang Anda maksud dengan pemeriksaan kadar gula darah cito? Apakah dengan alat pemeriksa gula darah instan yang banyak beredar atau melalui prosedur pemeriksaan laboratorium? Dan apakah selama ini Anda pernah merasakan gejala khas diabetes seperti banyak makan, banyak minum, dan banyak buang air kecil (terutama pada malam hari)?

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). Pada kasus Anda, dimana kadar GDS berada dalam kisaran antara 100-200 mg/dl setelah 2 kali pengukuran, maka belum dapat dipastikan bahwa Anda menderita diabetes, atau tidak. Perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan toleransi glukosa. Kadar gula darah diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Saran Saya sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan toleransi glukosa terlebih dahulu. Bila didapatkan kadar gula darah 2 jam PP > 140 mg/dl, maka akan lebih baik bila Anda segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam, terutama bagian endokrin metabolik dan diabetes untuk konsultasi lebih lanjut. Karena penyakit yang terkait dengan kadar gula darah ini merupakan salah satu penyakit yang memerlukan penanganan secara dini dan optimal.

Dan terlepas dari kenyataan mengenai keadaan Anda saat ini - Apakah Anda menderita diabetes atau tidak? - pengaturan pola makan sehat dan latihan jasmani sedini mungkin memiliki banyak manfaat. Mulailah melakukan latihan jasmani minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Idealnya juga diperlukan peran ahli gizi adalah merencanakan menu makan Anda. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar