Sukses

Gejala sinusitis

20 Oct 2014, 10:54 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat siang, Sekitar bulan maret lalu saya di vonis terkena gejala sinusitis oleh dokter. Sebelumnya saya sering merasakan pusing di kepala saya. Namun setelah berobat tersebut saya tidak pernah merasakan pusing yg sangat sakit lagi. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah penyakit sinusitis itu berbahaya?
2. Mengapa kepala saya tidak pernah sakit lagi? dan apa gejala sinusitis itu sudah hilang? karena saya belum pernah check up lagi.
3. Apakah penyakit sinusitis itu bisa hilang?
( perempuan, 20 thn,162 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus , menyebabkan penumpukan cairan dalam rongga sinus, kekurangan oksigen, penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan juga merupakan media yang baik perumbuhan kuman.

Gejala sinusitis dapat dirasakan sebagai sumbatan hidung, gangguan penghidu, nyeri kepala, nyeri wajah terutama bagian sinus yang terkena, hidung seperti pilek, terasa cairan sinus melewati kerongkongan, demam, lemas, sakit gigi, dsb. Berdasarkan waktu dan gejala yang ditimbulkan, sinusitis dibagi menjadi:

  1. Sinusitis akut     : gejala dirasakan hingga 4  minggu
  2. Sinusitis subakut  : 4-8 minggu periode bergejala, beberapa sumber menyebutkan  4-12 minggu
  3. Sinusitis kronik   : > 8 minggu periode bergejala, beberapa sumber menyebutkan > 12 minggu
  4. Sinusitis kronik eksaserbasi akut (gejala akut timbul berulang)

Kebanyakan sinusitis disebabkan oleh virus, dan dapat sembuh secara spontan. Apabila gejalanya dirasakan >= 10 hari, maka dapat dipikirkan infeksi bakteri sebagai penyebab dan memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Bila infeksi hilang, gejala akut juga akan berangsur hilang hingga tercapai periode bebas gejala sama sekali. Pada sinusitis akut yang tidak mendapat tatalaksana yang sesuai dan adekuat, keadaan ini dapat berkembang menjadi sinusitis kronik, yang memerlukan pengawasan dokter secara rutin. Alergi sebagai salah satu faktor pemicu juga harus dipikirkan, sehingga dapat dihindari faktor pencetus alerginya yang dapat memperberat sinusitis.

Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal dengan antibiotik yang sesuai.

Apakah gejala sinusitis bisa hilang? Jawabannya adalah BISA, selama infeksi yang menyebabkan sinusitis sudah diobati dengan baik dan faktor-faktor pencetus lain dapat dihindari, terutama pada mereka yang mempunyai riwayat alergi.

Pada kasus Anda, dimana saat ini sudah tidak dirasakan keluhan sama sekali, sangat mungkin sinusitis yang Anda alami disebabkan oleh proses infeksi. Seiring dengan hilangnya infeksi, maka gejala yang Anda rasakan juga membaik. Namun yang menjadi pertanyaan Saya selanjutnya adalah: Apakah Anda memiliki riwayat alergi sebelumnya? Mengingat hal ini merupakan salah satu faktor penting pencetus gejala akut sinusitis, maka akan lebih baik bila dilakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal ini. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar