Sukses

Ingin berubah

20 Oct 2014, 09:29 WIB
Pria, 30 tahun.
dok saya ingin bertanya, saya tidur 7 jam dalam 1 hari, saya makan 3 kali sehari kebanyakan di restaurant dengan snack seperti buttercake, rice cracker, ataupun biskuit. Saya kadang2 "minum" dan saya juga perokok, saya juga kadang2 minum multivitamin agar badan saya tetap bugar walaupun saya minum dan merokok, saya olahraga 2 kali dalam 1 bulan. saya tahu bahwa hidup saya tidak sehat, tapi apa yang harus saya lakukan untuk merubah pola hidup saya? apabila kita berbicara kadar oksigen dalam tubuh. apa yang akan terjadi apabila saya terus menjalankan pola hidup seperti ini? lalu, bagaimana jalan keluarnya dok? terima kasih ( laki-laki, 30 thn,178 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Lebih banyak kerugian yang akan Anda dapatkan dari rokok, alkohol, kurang olahraga, dan pola makan yang tidak sehat.

  • Alkohol dapat menyebabkan kerusakan hati
  • Rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit paru. Kandungan zat-zat
  • Karsinogeniknya dapat memicu pertumbuhan kanker.
  • Kurang olahraga dan pola makan tidak seimbang dapat menyebabkan berat badan lebih, diabetes, penyakit kolesterol, dsb.

Bahkan kesemuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Anda juga menjadi sulit berkonsentrasi, badan lemas, disertai penurunan berat badan dan nafsu makan. Yang terburuk adalah Anda bisa saja merasakannya secara perlahan dan menyebabkan penurunan kualitas hidup Anda secara keseluruhan, sehingga setiap detik pencegahannya merupakan waktu yang berharga.

Merubah pola hidup atau kebiasaan yang seperti sudah mendarahdaging tidaklah mudah. Tips yang dapat Anda terapkan adalah:

  1. Hal pertama yang harus Anda miliki untuk berubah adalah MOTIVASI YANG KUAT.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda melalui hari-hari keberhasilan menuju perubahan yang lebih baik, karena setiap waktu dalam hidup Anda terlalu berharga untuk disia-siakan.

Motivasi ini bisa datang dari diri sendiri ataupun orang lain. Yang jelas, motivasi ini harus KUAT dan bisa menjadi PENGINGAT di kala Anda ragu atau mengalami goncangan. Anda boleh bangga karena telah mengetahui dan berani mengakui bahwa pola hidup yang Anda jalani selama ini tidak benar, dan ingin berubah!! Mulailah dari keinginan Anda ini, pilih motivasi yang bisa menjadi pegangan hidup Anda. Salah satunya dengan mengetahui dampak buruk dari setiap tindakan Anda atau untuk orang-orang di sekitar Anda.
  1. Akan sulit untuk melakukannya seorang diri. Konsultasikan niat Anda untukberubah dengan orang terdekat yang dapat Anda percaya, untuk mengingatkan dan mendukung Anda.
  2. Buatlah beberapa catatan mengenai kesulitan yang mungkin akan Anda hadapi dalam prosesnya serta cara menanggulanginya.
  3. Tentukanlah tanggal Anda mulai berubah.
  4. Mulailah menghitung mundur menjelang tanggal yang ditentukan:
    • Buang semua hal yang dapat memicu keinginan Anda untuk kembali ke pola
    • Hidup yang lama, seperti asbak, bungkus rokok, botol minuman, dsb.
    • Letakkan barang-barang yang dapat mengingatkan Anda akan motivasi Anda
    • Untuk berubah, seperti poster, tulisan, dsb.
    • Letakkan perlengkapan olahraga pada tempat yang mudah terjangkau, seperti
    • Dekat ruang keluarga, ruang TV, dsb.
    • Atur pola makan yang sehat. Anda dapat menyusunnya dengan bantuan ahli gizi
    • dsb.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda melalui hari-hari keberhasilan menuju perubahan yang lebih baik, karena setiap waktu dalam hidup Anda terlalu berharga untuk disia-siakan.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar