Sukses

Siklus mens tidak teratur

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 24 tahun.
Saya sering sekali mengalami menstruasi yg siklusnya panjang sekali... sepengetahuan saya, siklus mens yg normal adalah 28-40 hari. tetapi (dulu) siklus mens saya 38-42 hari... tetapi beberapa bulan terakhir siklus mens saya berubah2 dan itu lama sekali.. pernah hingga mencapai lebih dari 60 hari. saya khawatir sekali akan siklus mens saya. apakah saya normal...? apakah saya subur...? pernah saya baca di koran (sekitar 2 minggu yg lalu) ttg kelainan pada siklus mens itu disebabkan oleh kelainan hormon (kelebihan hormon androgen klo saya tdk salah). apakah saya termasuk dalam kategori itu...? saya juga pernah mengkonsumsi kapsul curcuma mangga untuk pencegahan benjolan pada payudara saya...selama saya mengkonsumsi kapsul itu, mens saya teratur tiap bulannya...tetapi begitu saya berhenti, siklusnya mulai berantakan... apakah kapsul itu ada pengaruhnya terhadap berantakannya siklus mens saya sekarang...? apa yg bisa saya terapkan sekarang agar mens saya kembali teratur...? apabila saya pergi ke dokter kandungan, pemeriksaan apa saja yg akan di lakukan? mohon infonya ya dok... trima kasih sebelumya.. :)( perempuan, 24 thn,162 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Siklus haid normal adalah sekitar 28-35 hari. Menurut informasi yang Anda berikan, siklus haid Anda tidak pernah berada dalam kisaran tersebut. Yang terbaik yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan segera mendatangi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsutasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan menanyakan seputar siklus haid Anda:

  •  Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini?
  •  Pada usia berapa Anda pertama kali mengalami haid?
  •  Apakah sejak pertama kali haid siklusnya memang tidak pernah teratur?
  •  Berapa kali dalam sehari Anda mengganti pembalut selama haid?
  •  dan seterusnya.

Kemudian dokter akan melihat kondisi rahim Anda dengan USG, baru dapat ditentukan terapi yang sesuai. Apabila disebabkan murni oleh faktor hormonal, maka dokter akan memberikan pil terapi hormon. Apabila ditemukan kondisi lain yang menyebabkan ketidakseimbangan hormonal ini, maka akan diatasi sesuai penyebabnya. Dalam konsultasi, Anda juga menyebutkan mengenai pencegahan benjolan payudara dengan kapsul curcuma mangga, Apakah sebelumnya Anda memang memiliki riwayat benjolan payudara? atau Apakah dalam keluarga ada yang memiliki riwayat tersebut? Pengobatan herbal saat ini sudah banyak digunakan. Namun hal ini masih menjadi perdebatan, mengingat belum ada penelitian yang membuktikan khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu Saya tidak dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini. Semoga dapat dipahami dengan baik.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar