Sukses

Abses dan fistel perianal

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Pria, 25 tahun.
Halo dokter, saya baru saja menjalani operasi abses perianal sekitar 3bln lalu. Setelah 3bln bekas sayatan blm jg menutup smpurna bahkan cendrung fistel...sbg info saya sjk operasi trus mlk perawatan luka brp pasang tampon dan berendam antiseptik. Apa yg dpt saya lakukan mengingat ada yg bilang fistel itu dibiarkan berbahaya? Biasana brp lama abses ini benar2 sembuh?? Trims atas jawabannya (laki-laki, 25 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Prinsip terapi abses adalah dengan mengalirkan cairan di dalamnya (drainase). Hal ini dapat terjadi dengan sendirinya atau dibantu dengan operasi. Namun tanpa dibantu operasi, akan terasa sangat nyeri disertai demam tinggi dan risiko penyebaran infeksi. Absesnya juga akan semakin besar, penyembuhan juga jadi lebih lama. Setelah operasi, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk penyembuhan. Namun tidak jarang juga ditemukan saluran penghubung (fistel)antara anus dan kulit yang menetap hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.

Pada beberapa keadaan dimana daya tahan tubuh menurun, bahkan dapat terjadi abses berulang. Anda sudah melakukan hal yang baik dengan menggunakan tampon dan cairan antiseptik, namun mengingat keluhan fistel ini sudah dialami lebih dari 2 bulan, Saya sarankan sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter spesialis bedah digestif untuk berkonsultasi. Dokter mungkin akan menyarankan operasi kembali untuk memperbaiki fistelnya. Semoga dapat membantu.

    0 Komentar

    Belum ada komentar