Sukses

Menangani ketombe

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok sya mempunyai adik perempuan yg saat ini usia na 13 tahun....adk sya ini mempunyai penyait kulit yg susah hilang," ketombe" yang sangat susah sekali di hilangkan... adk saya mulai ada ketombe mulai dia SD hingga saat ini SMP..hampir seluruh kepala-nya berketombe semua...dia sangat minder sekali karena teman2 na sering mengjeknya.... apa obat terampuh yg bisa mengobati ketombe trsebut.... tanpa harus menggunduli kepala nya karena dia tidak mau digunduli...mohon bantuan-nya ya dok...terimakasih sebelumnya... (Wanita, 21 thn, 165 cm, 50 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Kulit kepala berminyak
  2. Hasil produk metabolik dari Malassezia furfur (sejenis jamur) atau dikenal dengan Pityrosporum ovale sebagai penyebab ketombe
  3. Kerentanan individu

Apabila memang ketombe adik Anda disebabkan karena jamur maka dapat memakai produk antijamur yang mengandung Zinc pyrithione,Selenium sulfide, dan Ketoconazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe adik Anda menetap setelah memakai sampo tersebut maka mungkin adik Anda mengalami dermatitis seboroik atau psoriasis. Sebaiknya adik Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menangani lebih lanjut. Semoga membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar