Sukses

Cairan di telinga

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 22 tahun.
Assalam. Dok, telinga berdengung, bagian dalam bengkak, sering keluar cairan berwarna kuning. bagaimana cara penanggulangannya. terimakasih (Wanita, 22 thn, 160 cm, 50 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Keluhan mana yang timbul lebih dulu? Apakah keluar cairan kuning dulu kemudian bengkak dan mendengung? Bagaimana bunyi dengungannya (bernada tinggi, nada rendah atau berdenyut sesuai detak jantung)? Mengenai sebelah atau kedua telinga? Apakah sebelum timbul keluhan Anda mengalami benturan atau luka atau mendengar bising yang sangat keras pada telinga tersebut? Apakah terasa nyeri? Sudah berapa lama mengalami keluhan? Apakah berulang? Dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masing-masing keluhan. Yang dapat Saya pikirkan saat ini adalah keluarnya cairan kuning dari telinga disebabkan oleh infeksi dan kebocoran gendang telinga. Pada kondisi lanjut, dapat terjadi pembengkakan, abses dan fistel. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan telinga langsung, fungsi pendengaran, dan pemeriksaan bakteri pada cairan tersebut. Terapinya adalah dengan pengobatan (antibiotik yang sesuai: resep dokter) dan pembedahan (untuk memperbaiki kebocoran pada gendang telinga, terutama bila gangguannya sudah
mengenai tulang mastoid di belakang telinga). Selain itu, perlu diperhatikan mengenai gizi dan kebersihan telinga (dengan membersihkan telinga secara berkala). Saya sarankan sebaiknya Anda segera mendatangi dokter spesialis THT untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar