Sukses

Gigi bekas tambalan suka sakit

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok saya mau tanya kenapa gigi bekas tambalan saya suka sakit, saya sudah periksa ke dokter gigi & sudah di ronsent menurut dokter gigi saya tidak ada masalah? (Pria, 40 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Sayangnya Anda tidak memberi keterangan seperti apa bahan tambalnya. Apakah sewarna gigi, atau tambalan amalgam (berwarna seperti logam), atau baru tambalan sementara. Dan sudah berapa lama penambalan dilakukan.

Tambalan sewarna gigi yang pengerasannya memerlukan sinar (resin komposit) memiliki sifat penyusutan setelah bahan tsb mengeras. Penyusutan ini dapat menjadi rangsangan bagi jaringan pulpa (rongga di dalam gigi yang mengandung jaringan syaraf dan pembuluh darah), akibatnya timbul rasa sakit. Namun rasa sakit yang timbul biasanya hanya 1-2 hari setelah penambalan.

Bagaimana dengan rasa sakitnya, apakah timbul spontan, atau hanya timbul saat ada rangsangan seperti minuman/makanan dingin/manis, atau terasa saat gigi berkontak dgn gigi lawan.

Tambalan yang berlebih & terlalu tinggi sehingga membuat kontak prematur dengan gigi lawannya dapat menyebabkan gigi terasa sakit terutama saat menutup mulut. Rasa sakit akan hilang bila dilakukan adjustment atau penyesuaian dengan cara pengasahan pada permukaan bahan tambal.

Bila rasa sakit sudah timbul spontan, dan penambalan dilakukan sudah cukup lama (lebih dari 6 bulan) ada kemungkinan terjadi kebocoran bahan tambal sehingga terjadi karies sekunder (karies/lubang gigi dibawah tambalan). Namun biasanya hal ini terdeteksi melalui foto rontgen. Demikian juga bila rasa sakit yg timbul kalau sedang makan/minum dingin, merupakan tanda awal terjadinya karies sekunder.

Perlu diingat juga bagaimana riwayat gigi tersebut sebelum ditambal. Sudah sejauh mana dalamnya lubang dan apa keluhannya. Bila lubang sudah hampir mencapai jaringan pulpa seharusnya gigi tersebut tidak ditambal biasa karena malah akan timbul rasa sakit, namun harus dilakukan perawatan saluran akar baru kemudian lubang gigi ditutup dengan restorasi yang sesuai.

Bagaimana dengan letak tambalan, apakah di permukaan gigi saja atau sampai ke dinding mahkota gigi yang berhubungan dengan gusi?
Tambalan yang mencapai gusi atau bahkan lebih dalam dari gusi, bila tidak dilakukan dengan baik dapat menekan gusi atau menyebabkan terjadinya poket pada gusi. Bila dibiarkan dapat terjadi radang gusi (gingivitis) atau radang pada jaringan periodontal (periodontitits). Hal ini juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit.

Apakah yang Bapak alami sama dengan hal yang saya kemukakan di atas ?
Saran saya, ada baiknya Bapak mengunjungi dokter gigi lain untuk mendapatkan second opinion, dan mungkin pemeriksaan yang dilakukan dapat lebih menyeluruh. Semoga jawaban saya membantu kesulitan Bapak.

Terima Kasih

(Drg. Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar