Sukses

Gatal di lipatan

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang Dok... Dok dilipatan kaki saya (antara paha & betis) maupun tangan sering sekali gatal-gatal seperti bentol-bentol kecil tapi tidak berair terkadang gatalnya muncul kadang hilang hingga berbekas dan kulit saya jadi hitam dan bersisik (putih kalau digaruk),nah gmn dok agar gatalnya tidak kambuh lagi dan bekasnya hilang sehingga kulit saya kembali seperti biasanya/bersih(putih). Makasih ya dok atas jawabannya. (Wanita, 30 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Gatal-gatal di lipatan tangan maupun kaki merupakan salah satu gejala dari alergi yaitu dermatitis atopi. Hal ini dapat disebabkan oleh keringnya kulit, iritasi oleh sabun, detergen, pelembut pakaian, dan bahan kimia lain, alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap tungau debu, serbuk sari tanaman, atau bulu hewan, dan virus serta infeksi lain. Yang harus Anda lakukan adalah menghindarai pajanan alergi tersebut, entah debu, dingi, atau  makanan yang menyebabkan Anda galat-gatal.

Namun di lipatan kulit juga daerah paling rentan untuk terinfeksi jamur. Gejala penyakit jamur yang harus kita perhatikan, pertama kulit kelihatan memerah, terasa sangat gatal, dan lama-lama akan melebar. Biasanya jamur kulit memang menginfeksi daerah yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Cara mengatasi infeksi jamur kulit sebenarnya mudah, tapi memerlukan perhatian khusus. Pertama, kulit yang terinfeksi harus dijaga kelembabannya dan jangan dibiarkan lama basah oleh keringat, jangan memakai pakaian terlalu ketat, sering ganti pakaian jika sudah terasa basah oleh keringat, dan boleh juga pakai bedak untuk menyerap keringat. Kedua, oleskan obat jamur secara teratur. Obat jamur ini cukup dioleskan 3 kali sehari setelah mandi. Jika infeksi sudah parah, maka perlu minum obat jamur sehingga infeksi bisa terobati dari dalam. Pengobatan infeksi jamur kulit ini cukup lama, minimal 2 minggu, sehingga memerlukan ketelatenan dan perhatian khusus.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan spesialis kulit untuk terapi lebih lanjut apabila keluhan masih mengganggu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar