Sukses

Batu ginjal

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
apakah batu ginjal itu bisa kumat kembali dok? trus makanan yg harus di hindari bagi penderita batu ginjal itu apa? terima kasih dok. (Pria, 24 tahun, 173 cm, 66 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Dalam beberapa artikel (Miller NL, Lingeman JE. Management of kidney stones. BMJ, Mar 2007; 334:468-72. dan Parmar MS. Kidney stones. BMJ 2004;328:1420-4.) disebutkan, bahwa angka rekurensi (kekambuhan) untuk penyakit batu ginjal dapat mencapai 50% dalam 5-7 tahun. Pola makan yang dianjurkan tergantung dari jenis batunya, yang biasanya dapat diketahui dari pemeriksaan air kemih. Pengaturan pola makan ini pun masih harus dilakukan dalam pengawasan ahli gizi agar pada akhirnya tidak terjadi kekurangan. Batu yang paling sering terjadi adalah batu kalsium-oksalat dan batu urat, untuk itu pembahasan akan dibatasi hanya pada diet batu kalsium-oksalat dan batu urat : Batu kalsium-oksalat --> menjaga asupan kalsium tetap normal/sedikit rendah; mengurangi asupan garam dan protein hewani; kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber oksalat (kafein, teh, minuman soda/soft drink)
Batu urat --> kurangi konsumsi bahan makanan dan minuman sumber asam urat (melinjo, emping, kacang-kacangan, bayam, coklat) Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas dini. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar