Sukses

Terapi psoriasis

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok,ada pasien dengan diagnosa PSORIASIS,lokasi dari ruamnya : Scalp,dahi,badan dan kaki.Bagaimana penanganannya? Apakah kortikosteroid topikal / sistemik? apakah indikasi untuk Seleneum Sulfid (SELSUN) pada pasien ini? Jika dengan terapi secara PUVA(psoralen + sinar ultra violet A) bagaimana cara?Jika Psoralen + sinar matahari bagaimana cara? (Pria, 23 tahun, 171 cm, 74)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terapi psoriasis topikal seperti kortikosteroid, analog vitamin D, dan retinoid digunakan untuk psoriasis yang terlokalisasi. Dalam kasus Anda psoriasis sudah sistemik jadi terapi topikal tidak digunakan. Phototherapy seperti UVB broadband atau narrowband, PUVA, dan climatotherapy lebih efektif untuk penyakit yang sudah menyebar luas. Terapi sistemik seperti methotrexate, retinoid, dan siklosporin efektif untuk terapi psoriasis kambuh. Selenium sulfid digunakan sebagai terapi topikal dari scalp psoriasis atau psoriasis yang terjadi di kulit kepala dan berbentuk seperti ketombe. Berdasarkan British Medical Journal, PUVA sebagai terapi psoriasis mulai diterapkan sejak tahun 1970. PUVA melibatkan aplikasi topikal atau oral (diminum) dari obat yang sensitif terhadap cahaya, yaitu 8-methoxypsoralen. Pasien akan diekspos terhadap UVA, yang akan mengaktivkan 8-methoxypsoralen. Sekali diaktifkan, obat ini akan mencegah replikasi dari keratinosit dan menginduksi kematian dari sel T aktif di kulit. PUVA cukup efektif
sebagai terapi psoriasis namun penelitian yang dilakukan sekarang melaporkan bahwa terdapat peningkatan risiko melanoma malignum dalam waktu 15 tahun setelah terpapar oleh PUVA. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi. Phototherapy berarti pengobatan dengan menggunakan sinar atau cahaya. Yang Anda maksud dengan sinar matahari adalah sinar ultraviolet atau radiasi ultraviolet yaitu UVA (ultraviolet A) atau UVB (ultraviolet B). Kombinasi phototherapy dengan psoralen disebut dengan photochemotherapy. Lebih lanjut mengenai psoriasis dapat Anda baca artikel kami di https://www.klikdokter.com/illness/detail/185. Semoga informasi yang saya berikan dapat membuat Anda lebih mengerti mengenai psoriasis.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar