Sukses

Dikelamin ada benjolan
20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
buah zakar saya sebalah kanan ada benjolan lain yerpisah dari buah zakarnya. awalnya kecil kemudian bertambah besar dalam beberapa tahun. sepertinya belum ada pengaruh yang terasa. hanya saja saya tidak dapat memakai celana dalam yang terlalu ketat, terasa sesak dan sakit buah zakarnya. pak dokter yang baik, penyakit pakah in ? apa bisa diobati ? apa obatnya? terima kasih atas penjelasannya. (Pria, 30 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Apakah benjolan Bapak hilang timbul atau terus menerus ada? Apabila hilang timbul kemungkinannya adalah hernia atau 'turun bero'. Apabila buah zakar Anda nyeri mungkin disebabkan oleh infeksi. Apabila hanya bertambah besar tanpa ada gejala apapun mungkin disebabkan oleh varikokel. Varikokel adalah pembesaran vena di buah zakar yang menuju ke testis. Sebaiknya Bapak berkonsultasi dengan ahli bedah mengenai gejala ini.

Melanjutkan jawaban saya sebelumnya, apabila benjolan terpisah dari buah zakar dapat juga disebabkan oleh spermatokel atau kista epididimis, varikokel juga dapat menjadi sebabnya karena dia merupakan kumpulan vena yang membesar sehingga dapat diraba terpisah. Segeralah temui dokter bedah agar cepat diterapi karena varikokel sendiri dapat mempengaruhi kesuburan.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar