Sukses

pertolongan pertama bagi penderita ambeyen

20 Oct 2014, 09:28 WIB
Wanita, 0 tahun.
apakah pertolongan pertama bagi penderita ambeyen (Pria, 29 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Ambeyen biasa terjadi akibat peningkatan usia dan BAB yang keras, menyebabkan bendungan pada aliran pembuluh darah balik pada daerah anus. Terdapat 4(empat) derajat ambeyen :

  1. Hanya berupa rasa tidak nyaman pada anus dan BAB berdarah;
  2. Rasa tidak nyaman, BAB berdarah disertai keluarnya daging (yang berasal dari sebagian dinding rektum)dari anus yang dapat masuk kembali secara spontan;
  3. Rasa tidak nyaman, BAB berdarah, dindingrektum harus dimasukkan dengan bantuan jari;
  4. Rasa tidak nyaman, BAB berdarah, dinding  rektum tidak dapat dimasukkan kembali.

Secara keseluruhan ambeyen harus diobati dengan pengawasan dokter, namun masih ada hal yang dapat dilakukan pasien untuk membantu keberhasilan pengobatan. Yaitu dengan mengubah pola makan menjadi kaya serat, dan gaya hidup. Serat dapat melembutkan konsistensi BAB, mengurangi risiko konstipasi, dan pada akhirnya mengurangi risiko bendungan aliran pembuluh darah balik pada daerah anus akibat BAB yang keras. Konsumsi banyak serat juga dapat menurunkan kejadian perdarahan dan rasa tidak nyaman pada pasien. Kebiasaan duduk lama di toilet untuk BAB dan mengejan juga harus dihindari. Dengan perubahan pola makan dan gaya hidup, derajat ambeyen hanya dapat dicegah perburukannya (bukan dinaikkan). Perlu terapi khusus, sehingga sangat disarankan untuk tetap mendatangi dokter spesialis bedah digestif untuk pengobatan lebih lanjut.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar