Sukses

Rambut Rontok

20 Oct 2014, 11:01 WIB
Wanita, 0 tahun.
rambut saya sering banget rontok.saat keramas danwaktu bangus tidur.di ranjang dan lantai sering bertebaran rambut.sekarang dibagian atas kepala udah menipis.saya prnah konsultasi ke dokter kulit dan dikatakan rambut saya hanya jamur.terus diaksih ketomed ama regrou 2%.setelah saya pakai ketomednya.ketombe/jamur udah bersih tapi rambut masih rontok.ini udah jalan 4 bulan tapi belu mada perubahan.apa yang hasrus saya lakukan (Pria, 21 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Kerontokan pada fase istirahat itu memang yang paling sering dikeluhkan oleh orang. Penyebab kerontokan di fase istirahat beraneka beragam, baik internal maupun eksternal. Perubahan hormonal seperti saat kehamilan atau pemakaian obat-obatan tertentu dapat meningkatkan jumlah rambut masuk ke fase istirahat, dan kemudian rontok. Penyakit-penyakit tertentu seperti anemia, demam ataupun tipus juga menjadi pencetus kerontokan tipe ini. Faktor lain yang juga ikut andil adalah gaya hidup, misalnya faktor lingkungan dan pemakaian alat-alat styling rambut. Dalam kasus Anda, rambut Anda rontok sebelumnya memang mungkin disebabkan oleh jamur. Hal ini harus dikaji kembali, apakah sekarang jamurnya masih ada sehingga rambut Anda masih rontok? Cara lain mencegah kerontokan adalah dengan merawat rambut Anda. Gunakan shampo dengan formula rendah busa atau shampo bayi. Pijat kulit kepala Anda untuk meningkatkan peredaran darah. Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc. Makanlah buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi. Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Sebisa mungkin hindari stres, rokok, alkohol, diet terlalu ketat (mengurangi protein untuk pertumbuhan rambut) serta usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Saya sarankan agar Anda berkonsultasi kembali ke dokter kulit Anda agar dilihat dan dievaluasi kembali terapi sebelumnya. Semoga membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar