Sukses

Jerawat besar dan bernanah

20 Oct 2014, 09:27 WIB
Wanita, 25 tahun.
Begini dok, sejak pertama datang haid sampai sekarang wjah saya sering timbul jerawat yng besar, bernanah, berdarah,dan mbiru kehitaman, wajah saya jenis berminyak dan pori2 besar. berbagai macam obat sudah pernah saya coba, emang sih untuk pemakaian pertama sampai habis itu emang efektif tapi begitu untuk pemakaian yg kedua sama sekali tidak mempan atau kebal jadi harus menggunakan obat lain tapi akan terjadi perulangan sama seperti yng pertama, efektif lalu kebal. lalu beberapa tahun yang lalu disekitar rahang saya timbul banyak jerawat besar2, tapi begitu dipencet dan dikasih obat oleh dokter sembuh sekitar 1 bulanan tapi timbul lagi, malahan timbulnya keras seperti daging dan tak bisa dipencet, sudah dikasih obat tapi ga sembuh2, kalau cuaca panas jerawat tersebut akan membengkak, sakit dan gatal. jd dok obat apakah yang harus saya konsumsi dan apabila tidak sembuh juga bolehkah dibedah. thanks dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Keluhan Anda dimana, Anda mengalami jerawat di wajah yang besar-besar terutama pada waktu haid, biasanya disebabkan karena hormonal (testosteron). Biasanya Dokter akan memberikan obat seperti obat kontrasepsi untuk menyeimbangkan hormon testosteron yang berlebihan atau Anda dapat pula diberikan obat untuk mengurangi produksi sebum seperti Tretinoid acid. Tapi untuk itu biasanya Dokter akan melakukan test laboratorium dahulu. Yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang adalah membersihkan wajah secara teratur sehari 2 kali, terutama malam sebelum tidur dengan menggunakan susu pembersih dan penyegar yang cocok dengan kulit Anda . Hindari makan makanan yang pedas, coklat, goreng-gorengan dan terpapar panas matahari.

Segeralah berobat ke Dokter kulit untuk dilakukan perawatan, biasanya pada jerawat-jerawat yang meradang akan dilakukan penyuntikan dengan cairan triamcinolone acetonide. Mungkin itu saran yang dapat Saya berikan untuk Anda saat ini. Semoga berhasil.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar