Sukses

Batuk kering

20 Oct 2014, 09:27 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 40 thn, Tinggi Badan = 165 cm, Berat Badan = 60 kg, Anak saya berusia 9 thn bb:40kg, menurut dokter punya asma bronkial. beberapa hari ini bila batuk bisa sampai 15-20 menit, sehari bisa 4-6 kali batuk. serangan terutama pada pagi hari dan malam hari. menurut anak saya dorongan batuk itu ada di bagian ulu hati bukan di tenggorokan dan batuknya kering. menurut dokter asmanya sekunder tapi yg utamanya adalah gangguan di bronkus (saya lupa apa istilahnya). obat yg diberikan dokter adalah seperti codipront, anti alergi, cefat dan lainnya. sampai saat ini anak saya masih diserang batuk tersebut. Saya sudah 2 kali ke dokter anak yg berlainan. Ada dokter umum yg beri saran untuk mencoba komposisi : Tuzalos 3x3/4, carbidu 0.5mg 3x1, grafalin 2mg 3x1, ventrine syr 3x1.5sdt dan cefspan 100mg 3x1, tapi karena obat dokter sebelumnya masih ada untuk 4 hari, saya tidak berani mengikuti saran dokter tsbt. Mohon advisnya bagaimana solusi u/ batuk anak saya. thk's (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Keluhan putra Bapak yang batuk, menurut pendapat Saya, batuk yang diderita anak Bapak mungkin dapat disebabkan karena Allergy, karena sudah diberi obat tapi belum menolong, jadi ada baiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter spesialis anak untuk dicek. Bila memang karena asma bronkial, asma dapat disebabkan oleh karena faktor allergi (udara dingin, debu  dan infeksi).

Bapak mengatakan, batuknya biasanya pada malam hari, memang malam hari biasanya udara agak dingin dan itu dapat memicu terjadinya penyempitan bronchus (saluran nafas) sehingga udara mudah masuk tapi sulit keluar dan saluran bronkus juga mengeluarkan banyak lendir yang makin mempersulit bernafas dan itu yang menyebabkan batuk.

Saran Saya, agar Bapak membawa putra Bapak ke Dokter spesialis anak untuk dievaluasi. Semoga putra Bapak lekas sembuh.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar