Sukses

Penurunan daya konsentrasi

20 Oct 2014, 09:27 WIB
Wanita, 0 tahun.
saya mahasiswa diperguruan tinggi dijakarta... pengen konsultasi dokter...! knapa otak saya dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah ga bertahan lama atau daya serapnya cepat drop... kira kira apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan daya pikir saya. sebelumnya terimah kasih(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang  Terhormat,

Penyebab dari penurunan daya konsentrasi salah satunya bisa disebabkan oleh hipoglikemia yaitu hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah.

Hal ini biasanya diasebabkan apabila tubuh kita kurang mendapat pasokan glukosa yang cukup. Karena, manusia pada umumnya melakukan makan malam terakhir pada pukul 20.00 dan baru mulai makan kembali pada pukul 6.00 pagi. Sehingga, manusia melakukan 'puasa' selama 10-12 jam sampai mereka melakukan sarapan. Sarapan memutus masa 'puasa' tersebut. Bila 'puasa' tersebut tidak disudahi dengan makan pagi, cadangan gula darah (glukosa) dalam tubuh seseorang hanya cukup untuk aktivitas dua?tiga jam di pagi hari.

Kadar glukosa normal antara 70 hingga 110 mg/dl. Tanpa sarapan, seseorang akan mengalami hipoglikemia atau kadar glokosa di bawah normal. Hipoglikemia mengakibatkan tubuh gemetaran, pusing, dan sulit berkonsentrasi. Itu semua karena kekurangan glukosa yang merupakan sumber tenaga bagi otak. Otak merupakan organ yang sangat peka terhadap kadar gula darah yang rendah dan glukosa merupakan sumber energi otak yang utama. Otak memberikan respon terhadap kadar gula darah yang rendah dan melalui sistem saraf, merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan epinefrin (adrenalin).

Hal ini akan merangsang hari untuk melepaskan gula agar kadarnya dalam darah tetap terjaga. jika kadarnya menurun, maka akan terjadi gangguan fungsi otak. Oleh karena itu, sebaiknya saudara membiasakan untuk sarapan yang cukup setiap hari. Ada baiknya juga anda membiasakan diri untuk istirahat yang cukup dan berolahraga. Terima kasih.

(Tim Redaksi klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar