Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Agar Asma Tidak Kambuh

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok mau tanya.. saya kan dulu pernah di ada penyakit paru-paru, udah lama nggak kambuh, dulu masih balita sampai SD sekitar kelas 3/4 berobat jalan, jadi seminggu sekali ke dokter . Tapi setelah itu kan kata dokter nya udah sehat , setelah saya lulus SMK masuk kerja di garmen kambuh lagi dok, gara" sayanya jarang pakai masker, soalnya kalo lama" pakai masker rasa nya ngap banget. Setelah itu saya di rawat di rumah sakit sekitar 4 hari, tapi setelah keluar dari rumah sakit masih suka kambuh , kadang kalo malam hari suka masih sesek, tapi kalo udah pagi kadang udah nggak sesek lagi, tapi kalo pagi masih sesek saya minum obat dari dokter , Alhamdulillah nggak lama udah agak mendingan,obatnya tuh berbentuk pil. Saya tiap hari kena Kipas terus, karena kan saya tinggal di kota jadi hawanya panas terus jadi tiap hari Kena kipas,apa itu bisa jadi masalah ya? Kadang juga kalo sesek sampai kaya susah banget nafas kayak kering di dada. Sama saya kadang suka banget minum air dingin. Gimana ya dok caranya biar nggak suka sesek lagi, terus pantangan nya apa aja.. sama penanganan saat sesek,tapi kipas masih nyala/ pake kipas angin?

TBC

Info penanya: Pria, 23 Tahun

selamat pagi dokter... Tanggal 9 april 2019 saya sudah Rontgen dan hasilny: thorax: jantung dalam batas normal , sinus kanan tumpul, sinus kiri lancip . diafragma kanan dan kiri biasa. Paru- paru tampak kesuraman dilapangan atas paru kanan . concl: kesan KP Kanan + efusi pleura kanan minimal dalam keturunan tidak pernah punya penyakit seperti ini , saya setelah pulang opname di beri obat anti biotik selama 5 hari,. untuk keluhan batuk hanya sesekali , nafas tidak bunyi / mengi , namun keluhan saya mudah lelah dan irama jantung itu lambat . pinggang kanan terasa panas dan punggung sebelah kanan terasa panas. untuk saat ini pusing masih saya rasakan namun sesekali (+) , malam hari kedua kaki terasa panas (+) . dokter beri saya solusi dok.. apa yang harus saya perbuat dengan hasil rontgen tersebut ? apakah saya sudah tergolong TBC atau tidak ? minum obat antibiotik , atau langsung minum obat OAT selama 6 bulan?

TB kambuh?

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Dok saya baru saja slesei pengobatan TBC selama 6bln. Dan dri puskesmas pengobatan saya di hentikan. Dan smpai sekrg saya blm sempat cek up lgi ke dokter. Dan tdi sore tiba" saya demam... Apakah TB saya kambuh dok???

Penyebab batuk lama

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Salam sehat dok, saya ingin bertanya dok. 6 bulan terakhir ini saya batuk batuk ringan dan tak kunjung sembuh apalagi kalau terkena debu dan asap rokok, dan saya pernah tiba tiba lemas dan berkeringat. saat bernapas rasanya tidak lega seperti ada yang mengganjang di tenggorokan. Apakah itu gejala asma dok? atau alergi debu? tapi kenapa batuk saya tak kunjung2 sembuh ya dok. Mohon bantuannya terimakasih dokter.

Sering sesak napas

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Hallo dok, saya mau nanya dok, dulu waktu SD pernah kena paru paru basah dan menjalani pengobatan 9 rurin hingga dinyatakan sembuh total, sekitar 10 tahun saya sehat seperti org lainnya dok. Nah tp udah hampir 8 bulan ini saya mengalami gangguan pernapasan (mengi, sesak nafas) tp anehnya dok kambuhnya itu tidak tiap malam dok, berkelang(misal, malam ini kambuh bsk malam tidak, bsk malam nya lg kambu dst) tp kadang kadang 1-2 minggu itu tidak kambuh sama sekali, selain itu saya juga kena flu yg gak sembuh" dok sering bersing" hidup mampet. Saya juga sempat merokok selama kurang lebih 1,5 tahun dok, hinggal pada mei 2018 saya niat kan untuk berenti mrokok karna ya gejala yg saya sebutkan diatas td dok. Apa kah penyakit pneunomia saya kambuh dok? Dan apakah bisa disembuhkan lagi melalui pengobatan 6-9 bulan Trimakash dok

Efek samping obat TBC

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Met mlm dok....? Saya pnya penyakit tbc....udh pemeriksan jln sebulan lbh....saya klo periksa en ambil obat perdua minggu sekali.... Pemeriksaan fase kedua ada efek samping dr obat tbc.... 1.mual 2.dada dan lambung panas 3.sesak nafas dan jantung brdetak up normal.... Fase pemeriksaan ketiga.... Awal Saya minum obatnya....badan panas dan kepala pusing....saya mw minum obat yg ketiga x sehari nya tdk diminum di waktu mw tidur.... Krna saya cemas dan takut Timbulnya sesak nafas dan jantung up normal.... Itu pengaruh dr obat apa dok....? 1.isoniazid 2.rifampicin 3.etambutol Apa saya hrs te2p minum obat....

Putus Obat TB

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Hallo, selamat pagi.. Dok saya nanya kalo putus pengobatan tb trus dilanjut sama ramuan jamu boleh nggak? Terimakasih

Pengobatan TBC Paru

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Selamat malam dok, saya adalah penderita TB paru (cek dahak negatif, hasil rontgen positif). Saya sekarang sudah memasuki 5 bulan pengobatan. Kejadian hari ini sebelumnya saya sedang main tenis nah tiba" saya terbatuk dan mengeluarkan darah, nah yng saya ingin tanyakan apakah pengobatan saya gagal dok ? Padahal saya sudah makan obat rutin setiap hari di jam yang sama.

Cara Penularan TBC Paru

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Dok, saya mau bertanya. Jika kita sering laundry atau mengupah orang untuk menyetrika baju-baju kita tetapi orang yg menyetrika baju tsb mengidap flek paru, akankah kita tertular flek paru jg? Saya takut anak2 atau keluarga saya tertular flek paru karena saya sering meminta org utk menyetrika baju keluarga saya. Sedangkan saya tau org tsb mengidap flek paru.

Bronkopneumonia

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Pagi dok..saya habis x foto thorax Pa Disini dituliskan COR:CTR>50%,apeks melebar ke laterokadual. Pulmo; corakan vaskuler meningkat Tampak bercak pada parakardial kanan Diafragma dan sinus kostofrenikus kanan kiri normal tulang dan soft tissue baik.. Kesan: Kardiomegali LVH Gambaran bronkopneumonia Mohon penjelasannya dok.. terimakasih

Hasil Rontgen Suspek TB

Info penanya: Pria, 24 Tahun

sore dok, mohon pencerahannya kalo hasil sperti ini bisa di bilang tb atau tidak. gada gelaja batuk, demam, atau berkeringat di malam hari tp kata hrd di perusahaan yg bbrpa hari saya ikuti test ada indikasi tb pulmo : corakan brokhovascular paru kanan kiri baik tampak infiltrat pada lapangan atas paru kiri sinus kostofrensikus kanan kiri baik dan diafragma baik tulang dan jaringan dinding dada baik kesan, cor batas normal pulmo suspek proses spesifik pada paru kiri atas terimakasih,

Obat TB paru

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Dok saya mau nanya . . Aku kan lagi terapi tb paru . . Biasanya di kasih obatnya rifampicin sama tb vit 6 . . Tapi sekarang di kasih obatnya rifampicin, isoniazid, sama vit b6 . . Itu sama gak yah dok?? Soalnya aku td beda dr nya bkn dr yg bisa . .

Kecurigaan Infeksi Paru TBC

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Pagi dok sya mau nanya sdra sya batuk terus manerus apalagi kl vium bau masakan/apa pun n kl berbaring terdengar suara ngorok dri dada nya,sakit apa ya dok soal nya 10 thn yg lalu pernah di diagnosa sakit paru" n mengikuti pengobatan 6bln Mhon djwb terimakasih

Gejala Emfisema

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dokter.. saya kan habis mcu tahunan di hasil rontgen ditemukan ada emphysema teman2 saya juga sama seperti itu kenapa ya.. Padahal saya tidak merasakan sesak nafas dan sgala mcm nya.. trima kasih

Efusi Pleura

Info penanya: Pria, 33 Tahun

Malem dokter apakah ada alternativ lain untuk penderita penyakit paru2/tb yg dibagian paru ya ada gumpalan seperti bola selain dipasangkan selang dibagian paru ya. Mhon pencerahan ya cara terbaik memgobatix.trmk

TBC Tapi Batuk Kering

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok saya mau tanya nih saya sudah rontgen dan divonis penyakit TB paru aktif. Lalu sy diminta dokter untuk mengeluarkan dahak saya sementara saya hanya batuk kering tidak berdahak apakah itu aman ? Dan bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih

Efeksamping Obat TBC - #247658

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

Pertayaan saya efek dari minum obat paru-paru basa ke nyeri tulang persendia

Tuberculosis Pada Ibu Menyusui - #247417

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Assalamualaikum dok saya busui terkena tbc kelenjar dan asam lambung tinggi, apa yg harus saya lakukan?

Batuk Berdarah

Info penanya: Wanita, 38 Tahun

Saya kena tb sudah 1 bulan lebih minum obat tiba2 lendir ada darah saat batuk padahal awalnya tidak