Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Merasa Gelisah dan Akan Meninggal

Info penanya: Pria, 21 Tahun

selamat malam dok Izinkan saya bertanya dokter. Sudah beberapa hari saya terus memikirkan bahwa saya akan meninggal sebentar lagi. Apakah itu wajar?. Saya merasa bahwa kematian telah menunggu saya. Saya juga mulai takut untuk tidur sendiri. Awalnya saya berpikir ini hanyalah salah satu proses pendewasaan karena saya baru memasuki umur 20 an dok, sehingga saya mulai rajin beribadah dan melakukan banyak hal dalam sehari sehingga saya tak memiliki apapun penyesalan meski besok adalah kematian saya. Namun saya tetap merasa gelisah dan berpikir bahwa kematian akan datang. Untuk segala perhatiannya, saya ucapkan terima kasih dok. Selamat Malam.

Takut Melihat Darah

Info penanya: Pria, 23 Tahun

dok, kemarin tangan saya terkena pinggiran kaca piring yg sudah pecah dan lumayan dalam. saat saya gelisah dan panik apakah ada hubungannya sama darah yg keluar dr tangan saya? apakah jadi deras atau mungkin semakin panik, semakin lama berhenti? apakah ada hubungannya dok? dan saat itu saya lagi haid spontan saat saya panik darah haid saya langsung keluar lumayan banyak sampai tembus saat itu juga. apa itu smua ada hubungannya karna saya panik dan gelisah saat tangan saya berdarah? terus terang saya panik karna saya takut setiap melihat darah, mohon pencerahannya ya dok, terimakasih dokter

Waham Curiga

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Assalamu'alaikum... Selamat pagi dan salam sejahtera.. Dokter, Saya mewakili nenek saya dok yg berusia 63th tinggi 147 cm BB 63kg. Riwayatnya pernah gagar otak krn kecelakaan 28th lalu. Sebelum kecelakaan nenek sangat pekerja keras. Namun semenjak di vonis gegar otak beliau mengklaim bahwa dirinya lemah. Jadi bermalas malasan. G sesigap dulu. Ngaku Amnesia lah. Apapun yg dibuat alasan adl gegar otak yg dulu. Seiring berjalan waktu. Hingga dimasa tua skgm beliau makin pelupa. Berbicara sering lebay dan mengada ngada (halu). Stlh bbrp kali sy pahami. Yg beliau bicarakan adl rangkaian dr potongan memory masalalu digabung dg memory masa masa sekarang dan digabung lagi dg apa yg dia pikirkan. Contoh 1 : Nenek bilang ke dewi (pemilik laundry) "kok celana hitamku yg dilandry kok g ada? Itu yg beliin febri baru dua kali aku pakai. kemarin aku laundry" Sehingga dewi dituduh mencuri. Facta : Saya sering membelikan sesuatu untuk nenek tp sy belum pernah membelikan celana apalagi celana hitam. Dulu memang barang barang nenek sering hilang dicuri tetangga. Mungkin nenek sadar esok harinya nenek bilang k dewi kalau celananya sudah ketemu dan minta maaf. Padahal nenek memang tidak punya celana sprti yg ia ceritakan. Hal-hal halu lainnya membuat banyak tetangga merasa tidak nyaman (tp mereka sudah paham). Tahun 2014 rasa cemburu nenek terhadap kakek muncul. Cemburu buta penuh emosi. Nenek merasa bahwa kakek punya sekarang punya pacar (dimasa lalu saat kakek merantau memang pernah berselingkuh. Tapi itu dulu. Dan setelah plg kampung hub kakek dan nenek baik2 saja. Bertahun tahun kemana mana berdua. Miris dok - Setiap kali dijalan ada orang/ sekelompok orang yg kakek sapa (sekedar permisi lewat). Nenek langsung beranggapan kalau kakek menyapa pacarnya. - Dimanapun berada setiap ada wanita yg melihat ke arah kakek. Dikira juga pacar kakek. Begitu sebaliknya jika kakek melihat ke arah wanita (tidak dikenal) . Wanita itu dikira pacarnya. Padahal kakek melihatnya ke orang lain atau benda yg di samping atau dibelakang wanita itu. Gak kenal tempat nenek yg cemburu langsung marah2 berkata kotor kepada kakek. Kakek hanya menahan malu terhadap org sekitar. Di tempat2 pengajian kakek dan nenek sudah terkenal. Si nenek pencemburu buta. - kadang nenek nyusul ke tempat kerja kakek (tukang bangunan) pada saat nenek datang terlihat ada wanita (tukang masak) langsung cemburu marah g jelas. Dikira selama bekerja kakek selingkuh dg tukang masak. - bahkan pemulung wanita tua atau tukang sayur keliling yg lewat depan rumah mondar mandir sambil nengok ke arah rumah. Dikira nenek itu pacar kakeng yg sedang mengintai ngajak kencan. - gonta ganti hp dan nomor. Krn hp banyak rusak dibanting. Gara gara ada SMS masuk terdapat kata2 . Entah itu iklan nada sambung. atau modus penipuan via sms semacam butuh teman kencan. Nenek berfikir ini sim card baru. Tp kok sudah ada wanita yg kirim sms. (dikiranya kakek sudah sms dg wanita lain scr sembunyi). Nenek merasa telah memergoki kakek selingkuh. Pertengkaran hebat terjadi. Sejak 2014 kakek merasa tertekan. Dituduh yg tidak tidak. Ketika nenek ada acara dg ibu ibu kampung. Kakek di kurung di dalam rumah. Dikunci oleh nenek. Kami tidak hentinya terus menasehati nenek. Tp itu hanya menenangkan nenek sesaat saja. Kini kami khawatir dg kesehatan kakek. Kemarin kakek keracunan skg sdg ranap. Gula tinggi 400. Terlihat pucat. Kurus. Linglung. Disaat kakek berbaring lemah seperti ini pun. Nenek masih saja menyalah nyalahkan kakek dg ke haluannya. Dikatai kotor dan kasar. Saat kakek bermimpi buruk. Hingga mengigau. Nenek tetap negatif tinking. Dikira kakek bermimpi dg wanita. (sampai saat ini masih di ruang rawat inap). Kakek hanya bs menangis. Terlayu sayang sama nenek. Hanya bisa diam saja. Demi kakek saya. Apa yg harus kami lakukan dok. Mohon petunjuk. Terimakasih sebelumnya. Semoga dokter dan tim selalu diberi kesehatan dan kemudahan. Wasalamu'alaikum .

Gelisah dan Keringat Dingin

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok mau tanya kenapa akhir akhir ini saya sering kebangun dr tidur lalu gelisah cemas deg degan dan berkeringat dingin. Itu knp ya dok. Tks..

Sering Gelisah

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Pagi dok Saya mengalami broken home di usia 12 thn saat itu saya berusaha untuk menekan emosi saya,saya menjadi tertutup, tidak banyak berekspresi.Namun ketika beranjak SMK saya mulai membuka diri tapi saya selalu merasa gelisah sedih,lalu saya mengalami bipolar ringan saat SMK.Yang ingin saya tanyakan, bagaimana agar saya sekarang tidak merasa gelisah sedih insomnia? Terima kasih atas jawabannya

Mudah Marah

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Saya mau nanya dok. kenapa saya mudah sekali marah dan pembengis? Selain itu saya juga sering kepikiran tentang meninggal. Kadang2 saya sangat bahagia, kemudian tanpa hal saya menangis. Saya orangnya ceria dok, saya juga orangnya banyak ngomong nggak bisa diam. Terkadang juga saya kepikiran lelah dgn hidup dok. Menurut dokter ini gejala psikopat atau hanya khayalan saya saja. Mohon penjelasan nya dok

Mengigau

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dok saya mau tanya, saya berumur 19 tahun sebenarnya ini udah lama terjadi sejak umur saya 16 tahun, jadi saya saat tidur suka tidak bisa bergerak dan berbicara tapi saya sadar saya bisa melihat disekitar saya, dan seluruh badan saya rasanya kesemutan dok ini terjadi hampir setiap hari dengan waktu kadang lama kadang sebentar. Itu kenapa ya dok? Saya harus bagaimana? Terima kasih sebelumnya

Gangguan Cemas dan Penanganannya

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok apakah wajar bagi seseorang yg kadang merasa ketakutan saat dalam waktu yg terpojok dan karena hal sepele lalu rasanya sesak dan ingin menangis kemudian membutuhkan seseorang yang bahkan tidak ada di hadapannya. Lalu setelah beberapa jam rasa takut itu hilang dengan sendirinya

Mood Berubah

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Ass dok. Saya mau tanya, jadi saya selalu teringat kekecewaan saya setiap malam hari. Itu membuat mood saya mendadak berubah. Dan itu terjadi setiap hari. Singkat cerita, saya pernah diselingkuhi tunangan saya. Jadi sebelum ketahuan. Tunangan saya sudah mengakhiri hubungannya dengan selingkuhannya beberapa bulan sebelum saya mengetahui kalau dia pernah menyelingkuhi saya. Semenjak ketahuan, walaupun tunangan saya sudah mengakhiri saya memaafkan dia tapi saya selalu mengungkitnya. Dan anehnya mood saya berubah pada malam hari menjelang tidur. Padahal siangnya saya tidak seperti itu. Itu kenapa ya dok?

Sulit Tidur

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Dok, saya udh sebulan lebih ini mengalami sulit tidur, tidur selalu jam 5 pagi sampai jam 11 siang aja setelah itu ngulang lagi tiap harinya ! Karena udh 1 bulan lulus kuliah ini dok, saya gk pernah mikir tugas lagi, atau mikir materi-materi kuliah yang membuat saya gk bisa tidur, terus saya harus gimana mengembalikan pola tidur yg baik ?

Mengatasi Depresi

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

halo dok, saya akhir akhir ini sekitar 6 bulan terakhir mengalami gejala depresi seperti sedih berkepanjangan, insomnia, sulit konsentrasi, sering menyalahkan diri sendiri, menarik diri dari lingkungan.. terkadang jika saya stress berat merasa mual, telinga sering berdenging, dan sakit kepala berhari hari. Saya sudah ke psikolog dan menjalani hypnotherapy beberapakali tapi tidak ada kemajuan, apakah saya butuh ke psikiater atau tetap lanjutkan di psikolog dok ? terimakasih

Solusi Bagi Penyuksa Sesama Jenis

Info penanya: Pria, 27 Tahun

mw tanya dok, saya pnya pcr, pcr saya baru2 ini jjur sama saya dia dlu pernah pacaran sesama jenis, dan itu di lakukan ketika sudh bersama saya, otomatis saya marah dengar kabar tsb... tp kata nya skrng udh ngga ada hubungan lagi sama pasangan sesama jenis nya... tp aneh nya sampai skrng pcr saya mash deket dok sama mantan pcr sesama jenis nya,,, dan sya suruh untuk menjauh pun dia gamau dngn alasan dia pngn mengajak mntan pcr sesama jenis nya itu buta berubah jadi lebih baik,,, tp sya sngt mengkhawatirkn dia terjerumus lagi dan apa wajar saya mash punya pikiran dia mash punya hubungan spesial sma mntan pcr sesama jenis nya? karna saya suruh jauhin dia gamau? tolong jawab dok saya sudah stres :( terimaksih

Gangguan Cemas

Info penanya: Pria, 52 Tahun

Dokter, ayah saya berusia lebih dari 70 tahun, dia sering teringat masa lalu yg membuat dia sakit hati.. shg dia sering sedih dan sakit hati.. apakah ini termasuk penyakit? Dan apakah bisa disembuhkan dgn terapi? Dia jg sering cemas yg berlebihan mengenai segala hal dan menanyakan atau melakukan sesuatu berulang2. Misal rekening listrik apakah sdh dibayar atau belum.. kl dia ingat dia akan bertanya meskipun itu jam 2 dini hari.. kpn hr sdh dpt resep kalxetine dan brainact tp krn beli di apotik kalxetine tdk ada diganti merk nopres, diberi dosis 10mg. Yg saya tanyakan boleh sampai berapa lama minum nopres dan apakah ada efek sampingnya kl nopres diminum dalam jangka panjang krn ayah saya tdk mau kl diajak ke psikiater..terima kasih

Sulit Tidur

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Selamat sore dok. Dok saya mau tanya cara mengatasi susah tidur gimana ya, saya kalo belum jam 12 keatas susah tidur? Sebelumnya trimakasih dok

Seputar Depresi

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Halo dok, saya sebenernya ingin bertanya soal teman saya. Teman sya, (laki") bs dblang agak depresi. Penyebabnya, krna ada mslh di keluarganya, sering jga dapet tekanan dari kluarga terutama dari orangtua, dari kecil dia udah sering dapet kekerasan, baik di sekolah atau d rmhnya. Akhirnya bukan hnya mental,tapi jga fisiknya mulai terganggu, dok. Usia tmn saya 15 thn, dia slalu mrasa rendah diri, dan hidupnya juga berantakan, dari sekolahnya sampai sikapnya ,juga pergaulannya. Sya bingung dok gmn caranya bs bantu dia agar berubah, jga supaya fisiknya jga lebih sehat. Skrg tmn sya hampir stiap hari latihan olahraga(basket), dn ga jarang dia ngeluh sakit atau pusing. yg dia sring kluhkan itu, sring merasa pusing, matanya sakit ato panas, lalu jga daerah di bwh dada kirinya trasa sakit. Minta tolong dok, sya bingung hrus gimana, krna sy udh coba bantu tpi kalo kondisi di rmahnya msh sprti itu sy rasa sulit dok. Sy ksulitan ngrubah cara pandang dia yg slalu negatif dan putus asa dok, mohon bantuannya,makasih banyak..

Tanda Depresi

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok saya ingin tau saya pernah baca artikel tentang anhedonia apakah diagnosa utu bisa kita sadari secara langsung atau tidak lalu bagaimana jika kita di nyatakan anhedonia

Gangguan Cemas atau Gangguan Fisik

Info penanya: Pria, 19 Tahun

mengapa saya selalu merasa gelisah

Depresi?

Info penanya: Wanita, 13 Tahun

Dok..saya itu anak yg ceria.. tapi saya selalu menyembunyikan luka dibalik senyuman.. mungkin itu bahasany.. karna saya selalu terlihat sangat baik baik saja di depan teman teman.. dan begitu kacau saat di rumah.. mungkin saya memang msh remaja.. dan aneh mnurut dokter.. tp saya pernah mngalami trauma saat SD dok.... anak SD emg terlihat anak anak..tp anak jaman sekarang itu berbeda dok.. saya pernha difitnah dan dibully.. selama satu bulanan dok.. saya diejek..diacuhkan..saya hnya sedirianbhkan murid satu skolh menatapku dg tatapan jijik.... pdhl duluny saya ank yg cuek dan tdk penakut.. namun semenjak kjadian itu..sy mnjadi takut akan kegelapan..terlebih sendirian.. saat malam.emosi saya labil.. dan sulit dikontrol.. saya yg dulu bgitu cuek..skrng mnjadi baperan.. sdikit sdikit msk hati.. saya merasa tak ada yg perduli pada saya.. jika saya bercerita pada ibu saya .. ibu saya hnya menyuruh saya untuk cuek.. seperti pd kjadian dulu yg akhirny sekarng berbekas mnjadi trauma.. bhkn saat saya sedih setelah beberapa hari wafatny nenek tercinta saya.. ibu saya bhkn tak memeluk saya.. justru seperti acuh.. dan ayah saya selalu sibuk kerja.. sedangkan kakak saya..sudah sibuk dengan rumah tnggany masing masing.... saya tidak ingin jadi gila dok.. karna nyatany.. saat malam emosi saya sulit diatur.. dan itu terjadi saat saya merasa sedih..marah..tertekan..ataupun kecewa.. saat saya marahpun pasti berujung tangisan kecewa.... saya selalu merasa dibatasi dan tertekan.. saya juga selalu merasa sendirian pdhl bnyk teman di dekat sayaa.. saya merasa hidup ini ky gk berguna.. saat malam hari saya menangis dan pagi hari saya mnyesal..selalu bgitu.. saat malam enth mngapa saya ingin meluapkn seluruh hal yg saya simpan sendiri dengan cara menangis.. saat malam rasany itu bukan diri saya.. bhkan saya berkali kali berpikiran untuk bunuh diri.. bhkan saya prnh mencoba bunuh diri 3x tp gagal.. saya tak siap jika harus mati.. tp rasa ingin bunuh diri ada saat saya bnr bnr merasa kecewa dan sedih.. yg akhirny saya hny melukai diri sendiri.. seperti memggores tangan dengan jarum.. pisau.. ataupun silet.. dan darah tak mngerikan dimataku... aku bnr bnr stress..... siapapun yg bersalah.. aku slalu merasa bersalah.. aku juga sperti hidup dlm bayang bayang.. bhkan di kamar mandi aku bisa mndi dengan waktu 30 mnt.. dan 20 mnt aku habiskan untuk melamun tnp sadar.. dan 10 mnt ny aku mndi saat sadar dr lamunanku.. di t4 yg sepi dan segar bagai air.. aku sering melamun.. dan aku benci akan semua hal yg aku alami.. aku bhkan benci diriku sendiri.. rasany tak adil.. bhkn aku sendiri bingung apa yg terjadi padaku.. karna sulit sekali dijelaskan . Dan perasaan ini.. rasanha kacau.. seperti tdk ada bahagia.. aku kacau.. dokter.. Saat bnr bnr sedih bhkan aku bisa tdk makan selama beberapa hari.. baru aku sadari aku sudah tak makan selama beberapa hari itu di hari ke 2 atau ke 3....aku bingung..jadi sebenarnh apa yg sedang terjadi padaku?? Aku merasa ini bukn diriku.. aku merasa bnr bnr sedihh..seperti enggan untuk hidup tapi takut untuk mati karna takut masuk neraka. Aku merasa aku seperti tdk waras cuma aku msh bisa berpikir secara logika walau tak sepenuhny.. aku terbiasa menahan sedih dokter.. aku juga selalu menangis sendirian.. aku selalu merasa sendirian dan kesepian.. aku seperti.. rasanya seperti kehilangn harapan..impian dan semangat.. kacauuu.. aku juga merasa..merasa takut...benr bnr takut.. saat aku menangis sendirian di kamar..aku bhkn terlihat seperti orang yg sangat kacau.. sangat sulit mnjelaskan perasaan yg ku alami dokter.. intiny moodku mudah berganti.. dan perasaanku kacau.. aku venderung merasa sedih dan takut yg super over.. jadi sebernya apa yg aku alami dokter?

Mimpi Kejadian Masa Lalu

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Hallo dokter... Sudah hampir 1 tahun belakangan ini saya sering mimpi tentang orang-orang di masa lalu. seperti bermimpi bertemu teman saat kecil atau teman saat SMP / SMA dulu yang sekarang sudah tidak pernah bertemu. Setting tempat mimpi saya juga berada di masa lalu seperti rumah pada saat saya masih kecil dulu. Padahal ketika saya hendak tidur atau di keseharian saya tidak pernah memikirkan atau mengingat teman-teman saya yg dulu. Kondisi ini cukup menggangu karena ketika saya terbangun perasaan saya sedih dan merasa rindu dengan teman teman masa lalu namun rasa itu hanya sebentar. Bagaimana tanggapan dokter tentang hal yg mengenai saya sekarang ini? Terimakasih.

Cara Mengatasi Diri Pemalu

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Saya mengidap phobia sosial sejak smp dan sampai sekarang dan sejak kecil saya sudah memiliki rasa malu yang berlebihan ,sepertinya itu genetik dari ayah saya yang juga tidak bergaul dan pemalu.jika itu genetik apa yang harus saya lakukan dok?saya selalu stres dan kadang depresi karena ini.Saya kadang2 tidak terima itu semua

Penanganan Depresi

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Halo dok, saya ingin bertanya tentang gejala depresi yang saya obatin, waktu berobat dengan dokter psiko saya dikasih obat akilep, padahal saya tidak pernah kejang, terus saya merasa tidur saya jadi aneh, seperti orang pingsan, tidak seperti tidur biasanya dok, terus suka merasa panas dibagian pundak belakang dan tangan

Gangguan Kejiwaan?

Info penanya: Wanita, 13 Tahun

Dokter saya ingin tanya.. jadi dulu itu saya bukan penakut.. tapi waktu SD saya pernah trauma karna pernah difitnah dan dibully.. saya tdk tau pasti apakah itu trauma.. tapi semenjak kejadian itu..saya menjadi anak penakut.. saya takut pd kegelapan.. dan yg paling saya takuti adalah sendirian di dalam kegelapan.. emosi saya menjadi labil.. saat malam.. jika saya sedih ataupun marah.. saya sulit mengontrol emosi.. .. saya di saat paginy saya selalu menyesali karna terlalu over.. bhkn dulu saya itu ank yg cuek.. tp sekarang saya baperan.. rasany hati saya tidak bisa menanggung beban lagi..seperti ingin meluapkan.. terkadang saya juga ingin menangis tanpa alsan.. saat malam hari..saya rentan untuk disakiti.. bhkan saat mlm hari apabila saya sedih saya selalu berpikiran untuk mnyakiti diri sendiri.. bhkn bunuh diri.. saya sering melukai diri sendiri dengan sengaja.. rasanya itu.. saya selalu merasa sendirian dan kesepian..pdhl teman teman saya bnyk.. saya tidak tau mengapa saat malam emosi saya selalu labil.. sebenerny apa yg terjadi pada saya dokter???

Sulit tidur di malam hari

Info penanya: Pria, 21 Tahun

kenapa sya tidak bisa tidur di malam hari

Sensasi Kesetrum, Tanda Gangguan Saraf?

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Assalamualaikum dok, kenapa saya ngerasa seperti tangan terbakar saat mau tidur dan setelah bangun rasanya semuanya terasa terbakar atau kesetrum gitu, sebelumnya saya berobat psikologis dan dikasih epilek obat saraf, apakah ada kaitannya dok?

Mudah Marah

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dr saya ada tapi dia sering x marah2 drmh tapi sama tmen nya dia baik cuma sama org tua ja dia sering marah dg hal yg spele jadi sebaik saya konsultasi sama dr spisialis pa dr??????

Autis menurun?

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Hallo Dok.. Mau tanya..calon suami saya mempunyai keponakan (anak dari kakak perempuan nya) yg mengidap autis.. Apakah anak saya nanti ada kemungkinan autis? Spa yang harus di jaga dari sekarang? Rahim atau makanan saya?

Cara Menyembuhkan Homosexualitas

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, bagaimana yaa cara untuk menyembuhkan pria yang menyukai sesama jenis? Teman dekat saya mengalami hal itu, dan sulit sekali untuk berubah:(

Anak kecanduan game

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Selamat siang Dok, Apa yg harus orgtua lakukan jika anak sudah kecanduan gadget? anak sy perempuan usianya 3.5 tahun. jika liat hp inginnya main hp saja, bukan youtube tapi game, bahkan bisa download game sendiri di playstore. kami tidak pernah mengajarkan itu, tapi lingkungan sekitar rumah yg dimana anak2 diatas usianya bermain hp dan anak sy memperhatikan akhirnya mengerti. saya dan suami tidak pernah kasih hp saya.. lalu anak sy akan mencari kerumah nenek atau kakeknya atau kemana saja agar dpt hp dan bisa bermain game. kl diminta berhenti, anak sy akan menangis bahkan bisa sampai guling2. sy sungguh malu melihatnya. sy jg kasihan dgn anak saya, sy pun jadi depresi. pada usia 3 tahun tepat sy masukkan ia ke PAUD tapi hny bertahan 1bulan,setelah itu anak sy gamau sekolah lg. sosialisasi dgn teman jg kurang. apa yg harus sy lakukan dok? sy harus ke dokter psikologi anak lalu terapi atau kmn? terapi apa yg harus dijalani? atau bs dgn jalan hypnotherapy? sy mohon jawabannya dan sarannya Dok. terima kasih banyak

Mengatasi Depresi

Info penanya: Pria, 20 Tahun

dok,saya mau tanya.. saya tipe anak ceria saat banyak orang tetapi depresi dan banyak beban pikiran saat sedang sendiri.. kadang orang sekitar saya yang membuat saya depresi.. tidak ada yang bisa memahami saya, bahkan saya selalu mengalah akan semua hal.. apakah ada yang bisa membuat saya bisa menghilangkan depresi saya dok? jika menyarankan saya refresing berlibur, itu gak mungkin dok.. karna saya tidak boleh kemana mana, saya harus dirumah dan jika saya mau keluar dengan teman teman saya, itu mungkin sebulan sekali karna kalau seminggu sekali itu sudah dibilang kalau kerjaan saya cuma main saja.. terkadang ada yang ingin membuat saya ingin dirumah, kadang ingin keluar.. memang dirumah sangat nyaman tapi ada saja pekerjaan rumah yang harus saya lakukan, atau saat keluar bareng temen itu sangat menyenangkan tapi saya selalu tertinggal topik atau bahkan saya tidak tau mereka membahas apa karna mereka seperti menganggap saya tidak ada disana.. kalau yang lain bahas pacar,mungkin saya tidak karna saya tidak berminat pacaran apa lagi sampai menikah.. mungkin terdengar aneh tetapi saya punya trauma saat saya membayangkan saya sudah menikah.. saya takut jika suatu saat nanti saya menikah, saya menikahi orang yang salah.. saya takut kalau saya akan disiksa,disalahkan,dibentak,tidak boleh berpendapat,dll.. saat teman saya malu dijemput orang tuanya, justru saya iri pada mereka karna orang tua mereka masih perhatian pada mereka.. semua hal membuat saya berfikir ini itu sampai saya depresi sendiri dan selalu mencoba bunuh diri tetapi gagal.. saya selalu senomor belakangkan di keluarga saya bahkan teman teman saya juga melakukan hal yang sama.. padahal saya salalu mengalah demi mereka, dan bahkan saya tidak berani membalas perkataan mereka karna saya takut hati mereka terluka karna perkataan saya.. tetapi mereka sebaliknya, mereka ngomong sesuka hati mereka dan selalu ingin menang.. apakah ada hal yang bisa membuat depresi saya hilang dok?

Pikiran kosong

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Salam. Dok, tubuh saya nyeri dan fikiran kosong atau kesadaran tidak normal. Awalnya, tangan saya nyeri (seperti mati rasa) lalu fikiran saya seperti ingin kosong dan beberapa menit kemudian tubuh saya ikut nyeri (seperti mati rasa). Mohon Jawabannya dok

Cara Mengatasi Depresi

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Jadi harihari sekarang aku depresi dok, entah dari suasana hati atau beban pikiran dari keluarga, jadi keluarga aku lagi krisis kesulitan uang hingga aku harus kerja dan ditempat pekerjaan itu aku gabetah jenuh. aku asli Bandung, tadinya pengen pulang biar bisa ada hiburan dari temanteman dan saudara dekat sama pengen sekalian cari kerja di bandung tapi keluarga menekan kan harus tetap kerja di daerah banten. sedangkan di daerah banten aku kurang betah dan kurang ada hiburan teman-teman. tetapi aku harus punya tanggung jawab untuk membantu kedua orgtua yg menginginkan aku bekerja. namun dalam pekerjaan itu terbuang sia-sia karna aku tidak betah dan terjadi depresi hingga sekarang. sekian terimakasih dok

Gangguan Cemas

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Halo, Dok. Saya merasa belakangan ini saya mengalami cemas berlebih ketika berada di keramaian terlebih jika saya sendiri tanpa seorang saya kenal. Saya merasa asing dan menjadi cemas lalu timbul rasa panik disertai mual, pusing, nafas menjadi berat, leher tegang, dan pengelihatan menjadi kurang fokus.. Tapi, ketika saya berada di keramaian bersama salah satu teman saya. Saya tidak merasakan hal tersebut.. Pertanyaan saya. Apakah yg saya alami dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih Regards

Senang Menyakiti Diri Sendiri

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Akhir akhir ini saya sering menyakiti diri sendiri dengan cutting. Saya tidak punya alasan tertentu untuk melakukannya. Saya hanya senang ketika melukai diri saya. Tapi, keinginan itu akan semakin besar ketika saya kecewa, dimarahi, dan disakiti orang yang saya sayang. Apakah sebenarnya saya mengidap BPD ?

Seputar Insomnia

Info penanya: Wanita, 2002 Tahun

Hallo dokter sekalian! Saya punya keluhan sulit tidur, setiap saya tutup mata saya ketakutan dan ngerasa disekitar saya bergetar padahal semuanya normal. Bahkan setiap harinya saya hanya tidur sekitar 3-4 jam dimalam hari dan semakin hari semakin memburuk, bahkan saya sensitive terhadap suara kecil seperti suara jam dinding, bahkan suara jantung saya sendiri. Gimana cara mengatasinya ya dok, saya cukup stress dan aktivitas saya terhambat karna hal ini. Terima kasih:)

Tegang otot, nafas pendek, cemas

Info penanya: Pria, 22 Tahun

halo, dok. saya bekerja sebagai Graphic Design saya sering merasakan tegang pada leher dan tegang pada bagian dada lebih tepatnya seluruh bagian dada sepertinya ototnya sih tapi ga tau pasti itu apa tapi yang saya rasa seperti itu.. jika leher belakang dan otot dada tegang nafas saya terasa pendek dan ketika saya ingin menarik nafas terasa sakit pada bagian otot dada lalu saya merasa mual serta pusing pada bagian dahi. Apakah yang saya derita ada hubungannya dengan pekerjaan saya yang terlalu banyak duduk dan terlalu lama menatap layar komputer ? lalu jika memang demikian apa korelasi dengan otot dada yang menegang dan nafas saya terasa pendek? terlepas dari pekerjaan sebagai Graphic Design saya juga merasakan hal yang sama ketika berada di tempat keramaian lalu saya mulai merasa cemas akan kesehatan saya dan mulai memikirkan hal yang membuat pikiran saya panik dan lebih parahnya saya mengalami sesak nafas dan berkeringat dingin sekujur tubuh. dari semua yang saya jelaskan apa yang sebenarnya saya alami, Dok? terima kasih. :)

Seputar Gangguan Depresi

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Assalamualaikum Dok saya mau tanya, saya mempunyai nenek , jika nenek saya sedang banyak pikiran pasti dia seperti orang depresi tapi kalau sedang tidak banyak pikiran yaa normal normal saja . Pertanyaan nya apakah penyakit tersebut akan menular pada anak saya nanti ?

Gangguan Bipolar

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Permisi dok, saya akhir akhir ini mengalami perasaan tidak enak dok, sulit bagi saya untuk menjelaskan. Yang saya alami ini mungkin tidak akan dimengerti oleh orang lain. Yang saya alami ini seperti gangguan ke mental sepertinya. Saya juga selalu mengalami perubahan mood yang sangat drastis. Saya tahu penyebabnya dari perubahan mood drastis itu, akan tetapi sulit bagi saya untuk menjelaskan penyebabnya dikarenakan saya tidak bisa menjelaskannya dengan bahasa tetapi saya hanya bisa merasakannya dan memikirkannya saja. Kadang jika mood saya sudah berubah drastis, saya selalu bingung mau ngomong apa ke orang. Yang tadinya saya bahagia dan aktif sekali tiba tiba saja saya menjadi sangat pendiam dan enggan untuk bergaul dikarenakan saya kebingungan mau ngomong apa. Dan saya pun kadang kadang suka berpikiran aneh ataupun negatif, sulit bagi saya untuk melupakannya jika sudah terpikirkan. Saya mohon solusinya dok untuk gangguan ini dan tolong jelaskan ini tuh gangguan apa dok Awalnya saya sudah mulai mengalaminya dari kelas 10 sma dok Terimakasih dok.

Depresi Post Partum

Info penanya: Wanita, 38 Tahun

Dok, umur sy 38thn. Sebulan yg lalu, saya baru saja melahirkan anak ke 3 melalui SC dan sekaligus steril. Persalinan sebelumnya normal. Setelah kurleb 2 minggu pasca melahirkan, saya tiba2 menjadi susah tidur, sesak nafas yg amat parah, terutama pd malam hari. saya tdk bisa berbaring, sy tidur dgn posisi nungging dok. Sy sebelumnya punya riwayat panic attack dan anxiety disorder. Saya pikir keluhan sy akan hilang sendiri dok. Tapi hingga kini masih sama dok. Bisa dikatakan tiap mlm sy melek dan takut untuk tidur krn sesak nafas. Sy mengunjungi psikiater, tp oleh beliau malah saya di marahi, katanya itu semua cm pikiran saya. Rasanya sgt menderita sekali dok. Wajah saya muram, kantong mata besar, kulit pun kini kekuningan. Saya minum obat alprazolam 0,5mg. Tapi ada perasaan bersalah kalo minum obat itu, krn saya menyusui. Jd tiap malam saya menderita krn sama sekali tidak tidur. Dok.. apakah saya menderita PPD? Bila memang depresi pasca melahirkan, dimana saya bisa mencari bantuan medis?

Takut melihat sesuatu

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Selamat malam dok, dok saya ingin bertanya kenapa saya merasa gatal merinding dan takut setiap kali saya melihat hal2 yang membuat saya jijik seprti lubang2, gelembung2 pada kulit dll..hal ini sangat mengganggu saya dok ..bahkan saya pernah tidak bisa tidur dan tidak nafsu makan karna melihat saranglebah yang banyak sekali lebah nya, apakan ini penyakit dok, apakah bisa diobati..mohon jawaban nya dok..terimakasih

Takut melihat sesuatu

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Selamat malam dok, dok saya ingin bertanya kenapa saya merasa gatal merinding dan takut setiap kali saya melihat hal2 yang membuat saya jijik seprti lubang2, gelembung2 pada kulit dll..hal ini sangat mengganggu saya dok ..bahkan saya pernah tidak bisa tidur dan tidak nafsu makan karna melihat saranglebah yang banyak sekali lebah nya, apakan ini penyakit dok, apakah bisa diobati..mohon jawaban nya dok..terimakasih

Mudah Terbangun Saat Tidur

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Halo dok, saya mau nanya nih. Akhir-akhir ini saya setiap tidur selalu gampang terbangun kenapa ya? Dengan suara yang tidak mengganggu pun saya suka bangun sekarang, padahal sebelumnya tidur saya normal saja, kejadian seperti ini sudah berlangsung sekitar 4 hari-an lah, kira-kira penyebabnya apa ya? Dan bagaimana cara agar bisa tidur normal kembali?

Sering Bicara Sendiri

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok saya mau tanya ,saya punya temen nah kalo lagi sendiri terus bengong gitu suka ngomong sendiri Jdi kaya ada pikiran tiba tiba masuk yg ngajak ngomong gitu dok terus temen saya ini jawab tapi jawabnya sedikit sadar dan 1 kata 2 kata bentuknya si katanya seperti yang ada di sekitar dia seperti temennya atau keluarganya .kalo seperti itu jenis apa ya dok ?masuk kedalam gg psikologi kah atau yang lain?

Mudah Cemas dan Takut

Info penanya: Pria, 25 Tahun

saya merasa ada beberapa gangguan jiwa dan sekrang saya cenderung mudah untuk tertrigger, dan ketika sudah kambuh saya merasa cemas, ketakutan, emosi makin tidak stabil, gemetaran dan cenderung sesak. ini cukup sering terjadi apabila saya dalam kondisi down. saya bingung harus ke psikolog atau psikiater untuk kasus saya.

Mengatasi Sulit Tidur

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Assalamualaikum dok... Saya mau tanya, teman saya mengalami susah tidur malam dan juga pernah pingsan karna kekutangan darah, saya mau tanya solusi nya apa ya dok?? soalnya dia susah kalau disuruh kerumah sakit..

Ingin Melakukan Tindakan Ekstrim

Info penanya: Pria, 15 Tahun

Apa yang harus saya lakukan jika otak saya menyuruh saya untuk melakukan hal ekstrem?

Sering Berpikiran Negatif

Info penanya: Pria, 20 Tahun

PertAnyaan sy masalah psikologi orang dok Ok. Ini saya mulai alami sejak saya masih kelas 2 smp suatu waktu sy bermasalah sama teman dan hampir berkelahi pada waktu itu, namun setelah kejadian itu sudah lewat saya selalu memikirkan hal tersebut, yg dipikiran yaitu kenapa tadi saya tidak memukulnya dan itu saya pikirkan tiap waktu.tanpa saya sadari ternyata itu mempengaruhi mindset sayaa dan membuat sy menjadi pribadi yg kurang pede dan selalu pesimis dan tidak produktif lagi. Ini saya alami sudah lima tahun dok, dan ini efeknya yg saya rasa sampe sekarang mudah tersinggung, selalu prasangka buruk kepada orang lain, selalu memikirkan hal2 negatif berlebihan yg kadang membuat kepala saya pusing dan berdampak pada kuaLitas tidur menjadi berkurang karena setiap kali mau tidur siang atau malam saya kesulitan untuk tidur nyenyak krena setiap mau tidur pasti ada saja pikiran yg aneh2 di kepala saya yang membuAt saya tidak langsung tertidur karena memikirkan hal aneh itu sampe berjam2 baru bisa tertidur. mata saya juga tidak segar dan agak kekuning kuningan dan membuat saya menjadi susah menambah massa tubuh dok. . Saya juga sering melakukan onani dari sejak kecil sampe sekarang. Apakah kebiasaan itu juga dapat mempengaruhi mental dan mindset kita dok. Tolong solusi untuk saya dok

Mudah Emosi

Info penanya: Pria, 21 Tahun

halo dok ! Saya ingin bertanya mengenai psikologi saya , saya mudah sekali depresi dan emosi yang sangat meluap , dan saya juga mudah baper atau sedih , padahal saya tidak memiliki masalah apa2 ,kira2 apakah jiwa saya terganggu ?

Mudah Lupa

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dok, saya punya keluhan sama ingatan saya. Jadi gini dok, sekarang sekarang ini saya sering lupa sama yang baru aja saya lakukan, misal nya aja saya sering lupa nyimpen kunci motor padahal baru saja saya simpan. Kira kira itu berbahaya engga dok?

Ingin Bunuh Diri

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Saya mau menanyakan tth keadaan saya .. Jdi gini saya menikah dg suami 1 september 2018.. tanggal 25 september 2018 nya suami saya meninggal karena meningitis tb.. Setelah suami saya meninggal saya stres,gak menyangka kalo suami sdh meninggal begitu cepat..saya tdk berani kluar rumah..nangis dikamar..dah pasca suami meninggal kepala saya sakit..kdang migrain,kadang kepala belakang sakit kadang kepala depan sakit..kdang semuanya sakit dok.. Dan mata saya jdi kurang fokus kalo dipaksakan fokus kepala jdi sakit,dan kalo mendengar orang berisik kepala juga jdi sakit dok .apakah itu efek stres?? Terkadang saya berfikiran untuk bnuh diri..tp tiba" saya sadar klo saya tdk boleh bunuh diri..dan pola tidur saya juga terganggu terkadang tidur berlebihan tp terkadang tdk bisa tidur sama sekali.. Sakit kepala itu sampai skrg tidak hilang setiap hari itu yg saya rasain pasca meninggalnya suami saya..apa yg sebenernya terjdi pda saya..apakah wajar atau tidak??dan bagaimana solusinya???

Mudah Takut

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya dari dulu tidak berani naik wahana ekstrem. Dulu sempat naik ontang anting di dufan dan harus memejamkan mata biar tenang. Bahkan saya sempat merasa takut waktu membonceng motor di jalanan meliuk-liuk dan naik turun gunung. Juga ketika berada di ketinggian yang sempit, misalnya naik ke 'rumah pohon' yang lagi hits, naik tangga spiral, atau eskalator 2 lantai. Kalau ada orang di belakang saya, saya merasa sedikit aman, tapi kalau belakang saya kosong, saya jadi cemas. Perasaan takut ini cuma ketika berada di tempat terbuka dan sempit. Tapi kalau masih di dalam gedung, saya masih cukup berani walaupun agak cemas juga waktu lift baru bergerak/mau berhenti. Menurut dokter, apakah saya mempunyai akrophobia, panic attack, atau yang lainnya? Terima kasih sebelumnya

Sering Menyendiri dan Takut Mati

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Selamat malam dokter... Saya sering merasa tertekan, stress hingga kadang menangis sendiri kemudian berteriak-teriak, marah. Tapi saya cenderung tertutup untuk menceritakan masalah saya pada teman bahkan orangtua. Saya pun pernah mengalami rasa takut mati yang berlebihan apakah itu normal? Seperti takut dalam kegelapan, takut dirumah sendiri, sering menangis, hingga saya pun menjadi sangat pendiam dan menutup diri dari sosial life. Mohon pencerahanya. Terimakasih

Perasaan Ingin Melukai Diri Sendiri

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Malam Dokter, saya mau bertanya. Akhir akhir ini saya sering nangis, emosi saya kurang stabil menurut saya. Setiap saya melihat benda tajam seperti gunting atau pisau saya seperti ingin melukai diri saya sendiri. Menurut Dokter keadaan mental saya seperti apa Dok ? Mohon petunjuk Dokter

Setiap makan dimuntahkan

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Selamat sore dokter, saya mau konsultasi mengenai emosi dan nafsu makan saya. Saya selalu mudah emosi dan saat saya emosi, nafsu makan saya meningkat tinggi. Saya selalu merasa bersalah setiap saya makan begitu banyak dan ingin memuntahkannya. Saat saya berhasil memuntahkannya saya merasa puas dan minum kopi pahit atau teh hijau pahit, berharap agar perut saya bersih dari makanan. Jika saya tidak dapat memuntahkan makanan tersebut saya akan merasa sangat tertekan dan menyakiti diri saya sendiri dan saya merasa puas jika saya merasa sakit. Saya memukul diri saya, menjambak, dan menampar pipi saya.Saya ingin diet untuk menurunkan berat badan saya dan selalu gagal. Apa yang harus saya lakukan dokter? Dan diet seperti apa yang harus saya jalani? Terima kasih dokter.

Penyebab Stres

Info penanya: Pria, 23 Tahun

selamat malam dokter saya tanya penyakit apa yang menyebabkan stress ? mohon penjelasannya sebab ayah saya sering stress ! pls pencerhannya,...di nanti thanks before

Gangguan Cemas

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok, setelah saya sembuh(tahap penyembuhan) dari anxiety disorder dengan penyembuhan sendiri tanpa ke psikolog maupun psikiater, saya kok merasa berbeda dengan diri saya yang dulu, saya merasa takut akan perubahan diri saya sendiri. Lalu, bagaimana yang harus saya lakukan? Apakah menerima perubahan diri ini adalah hal terbaik? Atau saya harus ke psikolog atau psikiater langsung untuk meminta bantuan tenaga ahli.

Punya Keinginan Menyakiti Diri Sendiri

Info penanya: Pria, 20 Tahun

dokter, dengan kondisi yang saya alami. saya pernah mencari tahu ini dari dalam internet. Saya mengalami Self Injury. saya sangat cepat emosi. tapi terkadang saya tidak mudah terpancing emosi. ada kala nya saya sangat emosi entah apa sebabnya. saya termasuk anak yang sangat santai. tapi sekalinya saya emosi, rasanya mau menyakiti diri sendiri. bahkan ketika itu karena kesalahan orang lain, marah saya, lampiaskan kepada diri sendiri. tidak ingin melukai orang lain. ketika benar benar memuncak,saya harus membiarkan emosi saya menyakiti diri saya hingga saya tenang melihat darah saya sendiri. ketika saya melihat darah saya sendiri,saya tenang. apa yang harussaya lakukan dok?saran apa yang pantas untuk saya? dokter pasti lebih paham dengan kondisi saya seperti ini, ada suatu hal yg mendorong saya seperti ini. tapi tidak dapat saya ceritakan secara terbuka. terimakasih banyak dok sebelumnya

Gangguan kejiwaan?

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

dok saya mau tanya, udh 1 taun ini saya ngerasa terus2an stress. saya sudah sering sekali overthinking, merasa frustasi, merasa benar2 down. dan saya jg sering ngerasa gakuat mental dalam menghadapi suatu cobaan. saya ingin bertanya apa ini ada hubungannya gangguan kejiwaan dan mengharuskan saya untuk ke psikiater?

Mudah Marah

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dokter, kenapa ya pacar saya egoisnya kebangetan? Mana gak peka lagi kalau dia salah gak mau minta maaf. Dia gak tau saya mau di upah donat dok. Apa otaknya bermasalah dok? Barang kali geser gitu? Seriusan dokter saya nanya ini. Dijawab dong .jgn emosi

Gangguan Tidur dan Depresi

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dokter, saya mau nanya nih. Saya sudah berbulan bulan tidak bisa tidur jam 9/10 saya selalu tidur jam 12 atau jam 1 malam, itu tuh saya tidak tidur siang. Jika saya tidur siang saya bisa tidur jam 2/3 pagi. Lalu saya juga suka tiba tiba sedih dan menangis tanpa sebab. Saya juga selalu ingin makan laper terus gitu, saya ini kenapa ya dok? Tp saya tidak merasa depresi, hanya akhir akhir ini banyak sekali pikiran yg masuk di otak saya membuat saya pusing. Terimakasih dok

Sakit Kepala Akibat Stres

Info penanya: Pria, 43 Tahun

Dok saya punya masalah kesehatan, 2 bulan lalu saya stres karena masalah keluarga. Trus saya mengalami pusing dan nyeri pada bagian belakang kepala, seperti panas terbakar di bagian atas tengkuk. Kaku pda leher belakang dan punggung. pada tangan kesemutan yang tangan juga terasa panas. sya sudah berobat ke spesialis saraf tp dari syaraf di rujuk ke spesialis jiwa. sampai sekarang keluhan itu belum mereda. Mohon sarannya dok tq.