Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Dampak onani terhadap kesuburan

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Saya onani sejak SD sampai sekarang. Meski frekuensinya sudah tidak terlalu sering. Apakah kelak setelah menikah saya tetap bisa membuahi pasangan?

BDD

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Diagnosa BDD beserta analisa data

Mudah Menangis dan Tertawa

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Hallo dok, saya della usia saya 19 tahun. Saya ini orangnya gampang sekali nangis dok. Pokoknya apa apa nangis, dikit dikit nangis. Tapi yang paling bikin saya heran tuh saya selalu aja nangis tiap habis ketawa. Pokoknya setiap saya tertawa kencang dan lepas lama kelamaan tawa itu akan berubahan jadi isakan dok. Sampai sekarang saya sendiri nggak tau kenapa hal itu bisa terjadi. Jika pun tidak menangis, setelah tertawa itu senyum saya akan luntur seketika dan tiba tiba hati saya rasanya sedih dan hampa dok. Apakah yg seperti itu wajar atau kah ada yang salah dengan diri saya dok?

Sering Mengantuk

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dok saya mau bertanya, sy bisa dibilang tukang tidur. Padahal banyak tugas kuliah yg hrs sy kerjakan di malam hari. Sy jarang olahraga, kerja dan kuliah dan kebetulan rumah sy jauh dr tempat sy kerja. Pulang pasti sekitar jam 11an. Itu bagaimana cara mengatasinya dok? Atau hal itu wajar krn sehari" Sy kurang tidur dan kelelahan bekerja smbil kuliah? Atau efek sy jarang olahraga dan jarang makan sayur? Tlg bantuannya dok. Terimakasih

Penanganan Pengguna Narkoba

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

dokter, saya punya seorang teman dengan jenis kelamin laki laki berusia 22 tahun. teman saya itu seorang pengguna narkoba (cuma saya tidak tau jenis nya apa) dia menggunakan narkoba sejak dia kelas 2 SMP. nah yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara teman saya itu menghilangkan rasa candu dari narkoba tersebut?? soalnya dia sudah coba berhenti tapi dia seperti tidak bisa, efek dari dia sempat stop itu ialah rasa mual2 yang parah mungkin bisa hampir tiap jam dia muntah dokter gara2 tidak tahan dengan rasa mual itu di balik make lagi. mohon di balas dokter. penting banget :(

Mengatasi Gangguan Cemas

Info penanya: Pria, 25 Tahun

saya punya penyakit cemas sama panic

Suka Sesama Jenis

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Saya ingin merubah sifat saya yang memiliki sifat kemayu, kemudian saya suka sesama jenis. Tolong arahkan saya untuk menjadi laki laki yg sempurna.

Bagaimana Mengurangi Perasaan Cemas yang Tak Kunjung Berhenti

Info penanya: Wanita, 47 Tahun

Docter,Sejak 3 hari belakang ini hati dan pikiranku selalu cemas dan mata kerkedut lama sekali, setelah 6 bulan terakhir mengalami kebangkrutan usaha travel dan mengakibatkan kantor tutup tidak beoperasi lagi. Rasa selalu cemas takut dan kadang gemetar selalu terjadi,kadang aku cari hiburan nonton film, bertemu teman dan kadang shopping sudah aku lakukan tapi setelah itu perasaan gelisah tetap hadir lagi. Doc Apa yang harus aku lakukan, agar bisa mengurangi perasaan itu. Terima kasih Kami tunggu balasannya

Sering Merasa Kaget

Info penanya: Pria, 24 Tahun

saya punya istri istri saya seringkali kagetan dan punya kebiasaan kagetan yang tidak wajar, misalnya saya pulang kantor dan ketika saya buka pintu dia kaget, padahal dia sedang hanya memainkan hp saja, dna itu sudah hampir satu tahun. dan ketika saya mendengkur istri saya tidak bisa menahan suara dari dengkuran dan membuatnya stres, gmn dok

Apakah High Functioning Depression Memerlukan Obat

Info penanya: Wanita, 36 Tahun

apakah orang denga high functional depression memerlukan terapi obat?

Cara Menangani Stress

Info penanya: Pria, 27 Tahun

1. Dok Bagaimana cara menghilangkan Stres? 2. Dok Apa Saja dampak negatif stres? 3. Dok Apakah ada makanan yang dapat menghilangkan stres? 4. Dok Bagaimana cara mencegah terjadinya Stres?

Fobia

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Saya ingin mencabut gigi, namun saya memiliki dental phobia atau takut ketika berkunjung dan mencabut gigi, karena pengalaman sakit saat mencabut gigi di masa kecil. Akhirnya karena perasaan takut ini, tensi saya naik menjadi 140/90 saat diperiksa, dan menjadi normal jika perasaan itu takut hilang. Pertanyaan saya, bagaimana saya bisa mengontrol atau menghilangkan perasaan takut dan dental phobia tersebut, terima kasih ?

Mendengar suara-suara sebelum tidur

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Permisi dok, saya mau bertanya... Kenapa kalau saya mau tidur 'Terkadang' mendengar suara 'didalam kepala' saya? Rata-rata lebih ke suara sapaan/panggilan dan kalimat pendek (secara berulang) dari orang/teman saya yang berbeda. Dampaknya kalau saya sudah sangat mengantuk akan terbangun mendengar suara-suara itu. Apakah ada solusi atau penyebab kira-kira bisa seperti itu.

Rasa Cemas Berlebih

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dokter saya mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari hari rasa minder dari teman teman saya, Saya merasa setiap orang berbicara mereka selalu membicarakan saya sebenarnya masalah penyakit apa yang sedang saya alami sekarang ini dok?

Gejala Overdosis

Info penanya: Pria, 17 Tahun

siang dok, saya guru di salah satu SMPswasta. ada murid saya tiba tiba terjatuh dan membentur tembok sampe berdarah dok. anak tsb tidak sadarkan diri, sambil mulut berbusa. dia dibawa ke UKS. Hidungnya berdarah, kemudian tangannya gemetaran, matanya memerah. dia membuka mata ditanya temannya malah mengulang pertanyaan yang sama. dia tidak bisa mengendalikan badannya sendiri bahkan smpai membuka baju dan hampir terjatuh dari kasur UKS. Itu overdosis apa epilepsi ya dok kira kira? dg melihat gejala tersebut. saya ingin melindungi murid saya dok

Cemas dan Stres Berkepanjangan Pasca Melahirkan

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

pagi dokter, bagaimana caranya menghilangkan rasa cemas dan stres? saya masih menyusui anak saya yg berumur 1 tahun. dan saya kehilangan nafsu makan. terimakasih

Sering Linglung

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

selamat pagi dokter saya ingin bertanya adik saya seperti orang linglung, lambat respon pembicaraan, sering melamun, selalu ingin tidur, gerakan nya melambat, jarang berbicara bahkan ketika orang tua saya mencoba untuk mengajak bicara adik saya hanya diam saja, sering merasa capek padahal tidak melakukan aktivitas apa pun dan sering melakukan gerakan yang aneh. Mohon pencerahan nya adik saya kenapa agar segera bisa di tangani dan bisa beraktifitas normal kembali seperti teman temannya. terima kasih

sulit tidur

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Selamat siang, saya mau tanya, saya mengalami gangguan tidur yang lumayan parah karena saya baru bisa merasakan ngantuk jam 4 pagi kadang juga jam 6/7 pagi baru bisa tidur, apa yang harus saya lakukan? Padahal saya tidak suka ngopi atau miras dan saya sudah memaksakan untuk tidur pun tetap tidak bisa, mohon bantuannya dok. Terima kasih

Gangguan Konsentrasi Karena Pornografi

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Assalamualaikum dok saya ingin bertanya , apakah kerusakan otak akibat pornografi bisa pulih seperti semula , karena konsekuensinya, saya mengalami gangguan konsentrasi dan mental , saya mudah tersinggung dan agak jarang bersosial bersama teman teman, saya menyadari ini semua dan berjanji tidak mengulangi nya lagi, selama setahun penuh saya sibukkan diri dengan berolahraga , saya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, akan tetapi salah satu masalah utama nya saya masih terasa dok, lebih spesifik nya masalah konsentrasi dan mental masih saya rasakan, saya melakukan segala cara agar semua kembali seperti semula lagi, karena teman teman saya dulu mengetahui saya orangnya begitu aktif sebelum saya terpapar pornografi, apa yg harus aku lakukan agar semua ini kembali seperti semula dok

Menghadapi Mood Yang Berubah-Ubah

Info penanya: Pria, 25 Tahun

saya roy usia 25 tahun, mau nanya dok kenapa jarak antara mood positif dan mood negatif saya begitu dekat, padahal sebenarnya kehidupan saya penuh dengan kebahagiaan, tapi saya sering bertanya tanya kepada diri sendiri apakah saya stres atau depresi, sulit bagi saya untuk menjelaskan perasaan yang saya jalani sehari hari, terkadang saat tidak ada masalah apapun saya tetap merasa ada yang aneh di dalam diri, disatu sisi saya adalah orang yg energik tetapi disisi lain saya sering merasa tak berdaya, mohon solusinya dok, terima kasih

Penyebab Halusinasi

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok saya sedang berhenti merokok sudah 4minggu lebih, saya dari sebelum berhenti punya penyakit lambung ampe sekarang dan sekarang saya suka sakit kepala dan mata agak sakit terutama di pelipis, saya juga suka mual, halusinasi seperti mendengar lagu atau halusinasi visual, ada benjolan di bawah dagu saya sudah 1 tahun yg lalu kadang kerasa sakit, saya juga punya polip dari umur saya 8 tahunan sampe sekarang sepertinya ada alergi di area fernafasan saya. sebenernya yg saya alamin apa ya dok? Saya yakin ada gangguan psikologis di saya karena saya dari sd suka stress karena broken home ampe rambut saya ada ubannya sejak saat sd, jadi penyakit yg saya alamin apa ya dok? Baik itu penyakir psikis maupun fisik

Penyebab Halusinasi

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok saya sedang berhenti merokok sudah 4minggu lebih, saya dari sebelum berhenti punya penyakit lambung ampe sekarang dan sekarang saya suka sakit kepala dan mata agak sakit terutama di pelipis, saya juga suka mual, halusinasi seperti mendengar lagu atau halusinasi visual, ada benjolan di bawah dagu saya sudah 1 tahun yg lalu kadang kerasa sakit, saya juga punya polip dari umur saya 8 tahunan sampe sekarang sepertinya ada alergi di area fernafasan saya. sebenernya yg saya alamin apa ya dok? Saya yakin ada gangguan psikologis di saya karena saya dari sd suka stress karena broken home ampe rambut saya ada ubannya sejak saat sd, jadi penyakit yg saya alamin apa ya dok? Baik itu penyakir psikis maupun fisik

Dampak Bermain Video Games

Info penanya: Pria, 22 Tahun

Halo dok. saya ingin bertanya, apa dampak positif dan negatif jika bermain game playstation? Dan bagaimana jika bermain game playstation dalam waktu yang lama?

tangan dan kaki berkeringat

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

hallo dok, saya mau bertanya... kadang tubuh saya khususnya telapak tangan dan kaki sering sekali berkeringat dan kadang dingin,, dan jika saya sakit kepala seperti mau panas kuku tangan dan kaki saya suka membiru tapi hanya sebentar dan kadang hilang timbul selama sakit, teman2 saya mengatakan bahwa saya mempunyai jantung lemah, tetapi klw saya perhatikan jantung saya baik-baik saja, saya tidak perna pingsan bahkan sesak nafas,, hanya sesak2 biasa saja hanyasaja saya mudah kagetan..... itu artinya apa ya dok? mohon infonya... trimakasih sebelumnya

Efek Samping Menggunakan Narkoba

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dokter Saya Mau Nanya Kalau Kita Memake Narkoba Ada Efek Samping Yg Lain Kah

Trauma terhadap suatu benda

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok saya mau nanya. Sekitar 2 bulan yang lalu itu saya beli beras dan beras itu kalau dimasak berbau, saya makan nasi dari beras itu kurang lebih satu bulan dan setiap saya makan itu saya mual-mual tapi setelah saya ganti beras saya tetap mau muntah setiap kali makan nasi dan hal itu terjadi sampai sekarang bahkan bila saya membayangkan nasi saja saya sudah mau muntah

Menangis Tiba-tiba disertai Sakit Kepala dan Cemas

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Selamat siang dok., saya mau tanya mengenai yang saya alami saat ini. Akhir2 ini saya seringkali menangis tiba-tiba dan sedikit sulit untuk berhenti, saya bisa menangis sampai lebih dari 30 menit tanpa tahu alasannya. Setelah menangis biasanya kepala saya sakit. Kadang-kadang sebelum menangis, saya merasa nafas saya berat dan merasa sulit menelan ludah, dan badan saya terasa lemas. Saya sempat cari di internet dan menemukan bahwa gejala2 yg saya alami adalah serangan panik. sekitar satu minggu ini saya mengalami gejala2 itu di kelas atau sedang kumpul shingga saya sulit berkonsentrasi dan terkadang harus pergi ke kamar mandi untuk menangis. Ketika di kelas saya juga sering merasakan tidak enak pada tengkuk dan punggung sehingga sering meregangkannya. Sebenarnya saya sudah mengalami gejala2 ini dari 6 tahun lalu setelah mama saya meninggal, beberapa kali terjadi selama kurun waktu tsb tetapi saya dulu tidak pernah mencari tahu apa yg saya alami dan tidak pernah sesering ini. Saya ingin bertanya apakah benar ini serangan panik dan bagaimana cara mengatasinya?

Gugup Ditempat Ramai

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok, saya mau konsultasi. Begini, kenapa ya kalau saya ditempat ramai suka grogi,ga percaya diri. misalnya joging di alun alun kota tu kan ramai orang kan dok,nah saya grogi pas lari,bahkan saya tiba tiba jatuh saking groginya. dok. sekarang kalau saya lari udah trauma dok. gimana ya cara menghilangkan grogi dan trauma saya ini?. terimakasih sebelum nya dokter🙏

Memiliki Sifat Kemayu

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Bagaimana cara penyembuhan pada pria yang kewanitaan dengan psikoterapi pribadi?

Mengatasi insomnia tanpa obat-obatan

Info penanya: Pria, 49 Tahun

Selamat siang Dokter, Saya penderita insomnia sejak remaja, sy sering mengkonsumsi obat seperti alprazolam, frisium, dan Esilgan (selalu gonta ganti). Meskipun sy selalu minum dlm dosis kecil, namun sy mulai tergantung obat2an tsb. Saat ini sy sedang minum Esilgan dgn dosis 1 mg. Sy ingin mulai melepaskan ketergantungan ini, karena sy takut efek samping di kemudian hari. Sy mulai mencoba menkonsumsi supplemen melatonin dengan dosis 5 mg, namun hal tsb tidak memberikan efek apapun, yg ada justru keesokan harinya sy semakin pusing di kantor. Apakah sy salah cara meminumnya? Dan saat ini sy kembali ke obat Esilgan. Hal yg ingin sy tanyakan adalah, apakah ada obat alternative lain selain obat2an di atas? Atau mungkin adalah obat non-benzodiazepine yg kabarnya lbh aman? Terimakasih sebelumnya Rgrds; Anton

Mengalami Halusinasi Auditorik

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, saya mau tanya Saya sering di marahi oleh orang tua, saya selalu mendengar teriakan ibu saya memanggil saya padahal di rumah dalam keadaan kosong, hanya saya seorang

Sering Merasa Sedih

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Selamat pagi dokter saya mau bercerita sedikit tentang diri saya,sebelum itu tolong beritahu saya apa sebenarnya yang terjadi pada saya ya dok:) "Kenapa saya selalu bersedih? kenapa saya selalu menangis setelah saya merasa senang? kenapa disaat saya sedang sendiri saya selalu mengingat masa lalu yang membuat saya sakit dan menangis:( dan tanpa saya sadari, hati, pikiran, dan mulut saya sering berkata *WHY ME* bahkan pikiran saya selalu tertuju untuk bunuh diri... Sekarang saya sudah kelas 12 SMK, dan selama saya naik kelas ke kelas 12, saya sering badmood lalu menangis tanpa saya sadari, rasanya itu sangat sakit:( waktu teman saya melihat saya sedang menangis, teman saya bilang: "kamu kenapa nangis lagi sih? aku sering liat kamu nangis, tapi asal aku tanya kamu selalu jawab gak papa" saya hanya diam, tapi hati saya bekata: "aku aja gatau kenapa aku bisa sperti ini?" teman saya ngomong lagi: "kalau kamu ada masalah coba ceritain masalahmu ke orang yang kamu percaya, agar kamu merasa tenang" hati saya berkata: "aku ga bisa, karna pada dasarnya kalian hanya melihatku dari luarnya saja" saya: beri aku waktu dulu untuk sendiri teman saya: aku merasa kamu udah gila, kamu menangis setelah kita tertawa bersama" hati saya: "ya aku gila.. dan itu takdir aku sesali sampai sekarang" saya mohon bantuan dokter, apa sebernya yang terjadi pada saya. saya mempuanya keluarga yang utuh, temanyang baik, tapi jiwa saya kelabu..

Sering Bicara Sendiri

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Saya sering melamun dan berbicara sendiri seolah-olah sedang berbicara dengan seseorang. Hal ini sudah saya lakukan sejak kecil (saya lupa tepatnya diumur berapa). Awalnya saya mengira karna saya menyukai dunia teater, tapi setelah mencoba untuk masuk di dunia teater ternyata saya tidak memiliki bakat. Sejak saat itu, saya mulai merasa aneh terhadap diri saya. Sosok yang sering saya ciptakan beragam, ada beberapa tokoh yang berulang kali saya gunakan. Saya bisa berkhayal seperti ini dalam waktu beberapa ja, bahkan saat sedang berkendara atau berjalan kaki. Biasanya berawaln ketika mendengarkan lagu yang sedih, saya jadi membayangkan hal yang sedih, atau mengulang kejadian sebelumnya, hingga saya benar-benar menangis. Atau ketika menonton film yang senang, saya juga akan membayangkan hal yang menyenangkan hingga tersenyum atau tertawa. Saya sadar betul bahwa semuanya hanya khayalan, tapi tetap mengulangi kegiatan itu, dan setiap terlihat oleh orang lain saya akan merasa malu, normal seperti biasa. Jika begini apakah ada gangguan kejiwaan pada diri saya dok? Terima kasih sebelumnya dok.

Cemas dan Otot Berkedut Sendiri

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok, saya mau tanya. saya adalah seorang pelajar dan saya mempunyai masalah yaitu entah kenapa pas saya gugup tiba2 wajah saya disekitaran mata dan mulut bisa bergerak2 sendiri yg tentunya membuat saya tidak percaya diri. apakah ada cara mengatasi nya ?

Sering terbangun saat tidur malam

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Saya gampang sekali tidur, tapi disisi lain saya mudah terganggu kalo tidur, denger suara sedikit bangun. apakah itu ada masalah kesehatan dok?

Gangguan Psikologi

Info penanya: Pria, 26 Tahun

maaf dokter saya mau bertanya saya mengelami gangguan psikologi dokter....

Gangguan Bipolar dan Gejalanya

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Dok,akhir2 ini sy sering merasa mood saya berubah2 kdng seneng bnget kdang sedih bnget tnp sebab bhkn smp menangis sering berkhayal sering ngobrol sendiri merasa terpuruk sendirian bhkn kdg terfikir ingin mati apa yg hrus sy lakukan dok,smntra sy blm bs berkunjung ke ahli profesional dlm hal ini Terima ksih

Trypophobia

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

saya mau tanya dok apakah trypophobia saya cukup parah jika setelah melihat objek berpola/belubang (objek trypophobia) saya terus menerus merinding dan merasa nyeri di tulang dan sedikit pusing dan setelah melihat objek tsb. selanjutnya terus terbayang di kepala saya dan tidak mau hilang, reaksi merinding ,merasa nyeri di tulang dan sedikit pusing itu terus terjadi tiap kali bayangan itu terlintas di kepala saya terimakasih

Kurang Tidur

Info penanya: Pria, 18 Tahun

dok kalo sy tidur dalam 24 jam kurang lebih cuman 2 jamm dikarenakan bayak kerjaan, apakah boleh sy mengkonsumsi obat penahan kantuk setiap hari..??

Seputar Skizofrenia

Info penanya: Wanita, 44 Tahun

saya punya ipar suka halusinasi saat dibawa kedokter , dokter bilang penyakit Schizorfenia , sudah setahun kakak ipar saya tinggal sama adik ipar, belum lama dikabarkan kakak ipar yang sakit melakukan pencurian. Pertanyaan saya? apa yang menyebabkan kakak ipar saya melakukan pencurian, setahu saya selama tinggal bersama saya dan mama kakak ipar saya pemalu dan tidak akan berani keluar rumah Apakah perilaku mencuri itu bisa berhenti? apakah ada solusi untuk menghentikan tindakan tidak terpuji tersebut. Demikian pertanyaan saya semoga saya mendapat jawaban yang bisa membantu untuk terapi kakak ipar

Efek Obat Psikotropika

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok sya mau bertanya soal obat yg diberikan oleh dokter psikiater yg sya kunjungi ada dua macam obat yg diberikan pada saya yg pertama obat berbentuk kapsul hijau putih dan obat biasa berwarna orange yg bertuliskan mf di obat itu . Tapi efek dri meminum obat itu sya sllu terbawa mimpi setiap kali saya tdr dan bahkan sya sllu merasa mengantuk . Sebelumnya sya jga sdh bertanya pada dokter Beliau berkata sya terkena gangguan kecemasan dan bsa cenderung depresi . Selain itu setiap kali sya merasa tertekan dan banyak masalah sya akan berteriak menangis dan tertawa secara bersamaan . Dri cerita sya itu dok kira" bagaimana solusi untuk sya krna sbelumnya sya sdh pergi ke psikiater dan dokter hnya memberikan saya obat.

Cemas berlebihan

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, saya mau tanya. Belakangan ini saya sering mengalami kecemasan yang cukup berlebihan. Sampai terkadang saya takut untuk bertemu orang lain. Saya sering menangis tanpa alasan. Jam tidur saya pun berubah. Saya baru bisa tidur di atas jam 3 pagi. Terkadang saya di bantu dengan musik agar bisa tidur. Di pagi harinya pun saya tidak pernah merasa segar setelah bangun tidur. Saya sering minum teh atau susu untuk menenangkan pikiran saya. Tapi itu hanya bersifat sementara. Itu terkadang mengganggu rutinitas saya. Penanganan yang tepat apa ya dok? Terima kasih

Cemas berlebihan

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, saya mau tanya. Dulu keluarga saya meleeati fase di mana keluarga kami termasuk keluarga yang tidak harmonis. Tapi sekarang semua sudah baik-baik saja. Tapi sejak saat itu, entah kenapa setiap saya melihat orang yang saya benci, saya seperti merasa flashback ke masa lalu. Bahkan hanya mendengar suaranya pun saya bisa merasa flashback. Dan terkadang karna itu saya sering menangis. Kejadian ini sudah cukup lama dok. Mungkin sekitar 9 tahun yang lalu. Terkadang saya mengira saya tidak normal. Dan karna itu juga saya sering merasa cemas yang luar biasa. Penanganan yang tepat apa dok? Terima kasih

OCD dan tipe checker

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Selamat malam Dok, saya mau nanya tentang OCD. Saya sering membaca artikel tentang OCD, dan saya pikir saya mengalami hampir semua gejalanya, cuci tangan sampai berulang-ulang (saya biasanya takut untuk menyentuh sesuatu karena takut barang/benda itu ada kumannya padahal orang lain menganggap itu biasa saja), mengecek kompor-pintu-colokan listrik bahkan bisa lebih dari 5 kali setiap saya ingin meninggalkan rumah ataupun saat saya ingin tidur di malam hari. Jika saya tidak melakukan hal-hal itu, saya akan terus merasa cemas dan akan terus memikirkannya. Pikiran saya juga selalu mengharuskan saya menyusun barang-barang secara simetris ataupun sesuai warna, dan mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak berguna tapi terkadang saya takut bagaimana jika nantinya barang itu akan berguna. Tapi yang paling aku rasakan tiap hari adalah tipe Checkers. Apakah ini sudah sangat serius? Apakah saya harus ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan ?

OCD

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Halo Dok, saya mau nanya tentang OCD. Saya sering membaca artikel tentang OCD, dan saya mengalami hampir semua gejalanya, cuci tangan sampai berulang-ulang (saya biasanya takut untuk menyentuh sesuatu karena takut barang/benda itu ada kumannya, padahal menurut orang lain itu biasa saja), mengecek kompor-pintu-colokan listrik bahkan bisa lebih dari 5 kali setiap saya ingin meninggalkan rumah ataupun saat saya ingin tidur di malam hari. Jika saya tidak melakukan hal-hal itu biasanya saya akan terus merasa cemas dan terus memikirkannya. Saya juga merasa harus menyusun barang-barang secara simetris ataupun sesuai warna, mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak berguna tapi terkadang saya takut bagaimana jika nantinya barang itu akan berguna. Tapi yang paling aku rasakan tiap hari adalah tipe Checkers. Apakah ini sudah sangat serius? Apakah saya harus ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan ?

Mengatasi Cemas dan Stres

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok terimakasih sebelumnya . Ada yg ingin sya tanyakan lagi dok soal masalah sya juga itu, setiap kali sya merasa tertekan atau cemas terhadap sesuatu hal yang mengingatkan sya pada rasa kesakitan yang sya alami seperti kejadian atau pun perilaku seseorang yang membuat saya menyimpan dendam terhadap sesuatu hal itu selalu membuat sya berteriak, tertawa dan menangis . Itu kenapa yaa dok?

susah fokus, sesak nafas, jantung berdebar

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok bagaimana cara mengatasi gangguan mental akibat kehilangan orang tua sya sering merasakan kebingungan, susah fokus sehingga segala yang dikerjakan berantakan , sering kali lupa dan itu sdh berkepanjangan ditambah lagi selalu sesak nafas jantung yang berdebar kencang jika merasa tertekan dengan kondisi dan masalah yang ada?

Sering Halusinasi

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Halo dokter. Saya ingin bertanya tentang psikolog. Saya mengalami delusi, halusinasi illusi imajinasi , fantasi tingkat tinggi. Karena ke biasaan ini sejak kecil hingga dewasa kurang memprihatinkan diri saya. Sampai saya begini

Stres di tempat kerja

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

saya erlita, umur saya 21 tahun. saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir D3 disalah satu politeknik di jakarta. saat saya menginjak tingkat akhir, saya di wajibkan untuk melakukan kerja praktik sekitar 7 bulan lalu saya mendapatkan perusahaan sebagai tempat melakukan kerja praktik. saya melakukan kerja praktik selama 5 bulan dan sudah selama 2 bulan saya berstatus sebagai karyawan di perusahaan yang sama dengan tmpt kerja praktik. saya juga sedang menyelesaikan skripsi / TA untuk melakukan sidang tetapi saya merasa sangat tertekan karena memiliki 2 tanggung jawab yang harus saya pengang dan selama waktu magang pun saya sering dapat tekanan dari senior maupun atasan saya jika melakukan kesalahan. terkadang saya suka menangis dan tidak kuat untuk melakukan magang tetapi saya jalani hari demi hari. lalu saat saya melakukan tanda tangan kontrak kerja saya mengatakan kepada hrd saya bahwa saya masih menyelesaikan kuliah dan pastinya saya masih perlu waktu untuk izin ke kampus selama beberapa waktu. saat saya sudah berstatus menjadi karyawan pekerjaan saya makin menjadi tekanan untuk saya karna pada saat yang sama saya benar2 harus mengurus kuliah saya. ada suatu waktu bos saya tidak mengizinkan saya ke kampus. pada saat itu saya merasa sangat bimbang dan takut. saya tidak tahan untuk menghandle kedua tanggung jawab tersebut dan di posisi lain dosen saya sangat ingin saya rajin untuk melakukan konsultasi ke kampus. ditambah orang tua saya menyuruh saya untuk segera menyelesaikan kuliah. kemarin saya membuat kesalahan di tempat kerja memang agak fatal tetapi masih bisa di perbaiki. tapi saya merasa senior saya terlalu berlebihan dan pada saat hari melakukan kesalahan kondisi pikiran saya sedang buyar dan sangat tertekan. saya gemetar dan takut saat di tegur oleh senior, saya merasa tidak sanggup dan takut untuk kerja lagi. saya ingin sekali resign karna takut mengganggu kesehatan mental saya yang benar2 sangat mudah goyah. saya merasa sangat murung karena tidak tau apa yang harus saya lakukan kan jika saya tetap lanjut maka saya akan tetap merasa tertekan, jika saya resign saya akan dikenakan penalty karna status kerja saya PKWT dan masih 10bln lg masa kontrak kerja saya berakhir. saya belum berani menceritakan ke kedua orang tua saya bahwa saat ini saya sangat tertekan, karena orang tua saya juga sedang memiliki masalah. itu akan menjadi beban untuk mereka jika saya cerita. saya minta tolong pada Bapak/Ibu Dokter Psikologi untuk memberikan saya solusi

Halusinasi Auditorik

Info penanya: Pria, 30 Tahun

Saya secara random suka mengalami sesuatu yang aneh dengan pikiran dan indra pendengaran saya dok. Jadi kondisi itu dimulai dalam keadaan apapun dan random sekali jadi saya tidak bisa menentukan apa pemicu nya tapi kurang lebih salah satu kondisnya begini. Misalnya Saya sedang memasak di dapur, tiba-tiba saya jadi memikirkan detail setiap apapun yang saya lakukan mulai dari bagaimana cara saya melangkah, menuangkan air, atau menyalakan kompor, saya jadi seperti orang ketiga dibadan saya yang bergerak, saya mengomentari gerak gerik saya sendiri atau sekitar saya, setiap suara yang saya dengar menjadi detail, suara kendaraan, suara binatang di atap rumah, semua terdengar sangat dekat sekali padahal masuk dalam kondisi ini saya tidak memperhatikan bunyi-bunyian itu. fase selanjutnya, semua suara yang saya dengar berubah menjadi cepat, semuanya serba cepat, saya seperti berada ditengah-tengah kegaduhan, bayangkan adegan film yang tokoh utamanya sedang diburu waktu/dikejar monster dengan backsound yang mendebarkan kira-kira seperti itu yang saya rasakan. Semua nya serba cepat, seolah-olah ada sekelompok orang yang berteriak di kepala saya dan mengharuskan saya untuk bergerak cepat. kalau dibayangkan ibarat seperti film yang sedang di fast forward, saya merasakan suara apapun mulai dari suara musik, kendaraan bahkan suara orang biacara itu seperti yang di fast forward cepat sekali. Kalau saya mengamati kondisi sekitarr dalam keadaan ini, biasanya nafas saya akan jadi cepat seperti orang yang sedang berlari tapi biasanya untuk meredakan semua suara itu biasanya saya akan menutup mata dan telinga supaya berada dalam keheningan dan pada akhirnya suara itu menghilang. Kalau fase ini terjadi ketika saya sendirian dirumah mungkin tidak ada masalah saya cukup biarkan fase ini berlalu tapi kadang suka mengganggu jika saya berada di balik kemudi, ngobrol dengan orang lain maka situasinya akan sangat mengganggu, jika nyetir saya akan merasa berada di tengah arena balapan, atau ketika mengobrol tiba-tiba lawan bicara saya tidak bisa saya pahami bicaranya karena dalam pendengaran saya dia biacara sangat cepat sekali padahal dalam kenyataan dia tidak melakukan itu. kira-kira apa yang terjadi dengan saya dok? apa kondisi ini gejala untuk penyakit lain? karena saya bingung juga kalau konsultasi ke dokter bagian mana dokter yang menangani hal kaya gini. terima kasih

Sering Sedih Tanda Depresi?

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Selamat malam dok, sy terlahir dari ibu yg mengidap gula darah ketika usianya 39 dulu melalui operasi caesar. Yg ingin saya tanyakan skrg, saya sering merasakan mood yang tidak tentu dan bisa sedih tanpa suatu alasan yang jelas, bahkan saya turun sekitar 6kg dari seminggu yg lalu. Menurut Anda, apa yang terjadi kpd saya dok? Trm kasih.

Waspada Tidur Berlebihan

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Saya mau tanya dok. Tadi pagi saya kesulitan sekali untuk bangun dari tidur. Bukan sleep paralyze tapi dok. Saya biasa bangun jam 5, tapi pagi tadi saya tidak bisa membuka mata dan ketika saya paksa untuk bangun, kepala saya terasa sangat pusing, saya merasa begitu mengantuk, hingga akhirnya tertidur kembali sampai jam 9 pagi, padahal malamnya saya tidur lebih cepat dari biasanya. Kira2 kenapa ya dok, apa daya kekurangan tidur apa bagaimana dok. Saya sering mengalami hal itu dok, kadang saya tiba2 tertidur ketika sedang duduk. Tapi saya juga kadang terkena insomnia, menurut dokter saya kenapa ya dok. Makasih dok.. Mohon pencerahannya..

Sering kebangun dan susah tidur kembali

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Hallo dok saya mau bertanya , saya sering kebangun jam 3 pagi dan susah di buat tidur kembali , itu kenapa ya ?

Cemas Saat Disituasi Tertentu

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Halo, dok. Saya mau tanya, saya sering merasa detak jantung saya melebihi seperti biasanya apabila saya berada di lingkungan yang banyak laki-lakinya. Selain itu, saya juga sering merasa cemas dan merasa ingin pergi jauh-jauh dari tempat tersebut. Dan apabila saya duduk dekat laki-laki pasti saya menjaga jarak karena hal tersebut. Itu termasuk gejala apa ya, dok? Dan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut? Terima kasih, dok

Cemas Berlebihan

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok kenapa ya saya kok sering jika saya sedang gugup atau dikeramaian saya merasa cemas seering takut mati takut pingsan, tenggorokan mengganjal , Nafas sengal , terus saya juga ada asam lambung. Terimakasih dok

Susah Tidur

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya mau tanya. ketika malam hari, saya cendrung sangat susah tidur. saya tidak mengkonsumsi kopi. mungkin teh, namun juga jumlahnya tidak berlebih. bisa dibilang saya tdk mengkonsumsi kafein dengan jumlah yg banyak. saya jugaa sudah mengikuti beberapa tips yang pernah saya baca, seperti tidak lagi memainkan hp saat hendak tidur dan lain sebagainya. tapi hasilnya nihil dok. bagaimana ya dok? saya suda seperti ini sejak kecil dok.

Mudah Merasa Marah

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Halo dok, saya sandra usia 20tahun. Saya orgnya gampang banget marah, emosinya bisa berubah drstis secara tiba2 yg tadinya seneng bisa tiba2 marah2. Kalo marah2 bisa sampe banting2 barang, bahkan bisa melukai seseorang pdhl masalahnya sepele banget. Bahkan saya pernah mengacungkan pisau ke mama saya hanya karna masalah sepele. Dok saya takut kalo saya gabisa kendalikan emosi saya, dan malah menyebabkan hal yg tidak diinginkan. Saya juga suka tersinggung soal hal yg tidak wajar istilahnya baper dok. Saya cari di internet ini gejala gangguan bipolar. Saya butuh saran dok apakah saya harus cari psikiater dan psikiater mana yg cocok buat saya? Domisili jakarta utara dok

Homoseksual

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Selamat pagi dok. Teman pria dikantor saya (kita panggil A) bersikap aneh, dia sering menghubungi teman teman laki-laki lain dikantor. Lalu teman teman saya beranggapan kalo si A adalah seorang homo seksual. Apakah benar dok dengan tanda tersebut menandakan bahwa si A adlaah homoseksual ? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih banyak.

suka berbohong

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Jika sering berkhayal dan membohongi orang lain tapi sadar bahwa kita sedang berbohong apa nama dari 'penyakit' itu? bisakah dijelaskan secara psikologi? Terima kasih

solusi agar tidak ketergantungan dengan alprazolam

Info penanya: Pria, 40 Tahun

solusi lepas dari alprazolam