Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Apakah Flek Hitam Bisa Hilang dengan Bahan Alami?

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Halo dok, saya mau tanya nih. Usia saya kan baru 17 tahun nah tpi saya udah muncul flek hitam banyak gitu, mungkin karena saya tidak pernah pakai sunscreen . Tpi baru-baru ini saya baru pakai. Nah apakah bisa fkek hitam saya bisa hilang dengan menggunakan bahan alami? Kalau bisa bahan apa itu dok dan dipakai kapan atau bagaimana ya? Terimakasih

Gatal Seluruh Badan Akibat Gigitan Semut, Bagaimana Solusinya?

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Dok, saya seperti mengalami alergi terhadap gigitan semut Karna reaksi gigitan nya membuat seluruh badan saya timbul bentol yg terasa sangat gatal Bahkan ketika saya menggaruk nya sampai mengakibatkan luka karna sampai berdarah Alhasil terrjadi infeksi dan terjadi budugan kalo dalam bahasa jawa Solusinya bagaimana ya ? Apakah saya harus mandi air panas atau mandi air blerang atau bagaimana Karna menurut saya gatal2nya sudah keterlaluan

Gatal Seluruh Badan Disertai Bentol Merah, Apa Penyebabnya?

Info penanya: Pria, 31 Tahun

dok badan saya gatal gatal seluruh badan bentol merah seperti jerawat itu penyakit apa ya dok alergi apa jamur terimakasih

Cara Menghilangkan Beruntusan Di Kening

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Dok, jenis kulit saya normal tapi sensitif dok. Dan dimuka saya ada banyak beruntusan dipipi dan dijidat, kadang didagu juga ada tapi lumayan cepat hilang, bagaimana cara ilangin beruntusan yg ad dijidat dan dipipi ya dok? Sudah pakai banyak skincare tetap saja bnyak, apa harus kedokter kecantikan atau tidak dok?

Luka Basah Sulit Sembuh, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

halo dok, saya mau tanya, adik saya yg berusia 8 thn, adik saya ini kalau ada bagian tubuhnya yg gatal selalu digaruk dan jadi luka nah luka nya itu selalu berbekas dok gailang mulus, nah 4 hari yg lalu pas dia main dia jatuh trs ada luka di kakinya dan udh 4 hari juga diobatin tp tetep ga kering lukanya malah tambah dalem dan basah gitu dok padahal dikeluarga kami gaada yg keturunan/punya penyakit gula, kira" itu kenapa ya dok? dan bagaimana cara mengobatinya?

Bintik kasar di wajah

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok,diwajah saya saat di raba terasa ada bintik" kecil,tapi kalau saya ngaca nggak kelihatan,kira" itu apa ya dok,bahaya apa tidak?

Bintik kasar di wajah

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok,mau tanya,diwajah saya ada bintik" kecil,memang tidak kelihatan tapi kalau diraba terasa kasar dan ada bintik-bintik nya,itu kenapa ya?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Komedo

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Cara menghilangkan bekas jerawat dan komedo yang cepat gimna ya dok?

Wajah gatal dan beruntusan

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Asslamualaikum dok, kali ini saya mau bertanya , kenapa kulit bagian wajah dan sekitarnya tersa gatal dan dibagian wajah juga timbul bruntusan halus?, dan juga jika terkena air terasa panas. Terimakasih dok, wassalmualaikum.

Kulit gatal dan beruntusan

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Asslamualaikum dok, kali ini saya mau bertanya , kenapa kulit bagian wajah dan sekitarnya tersa gatal dan dibagian wajah juga timbul bruntusan halus?, dan juga jika terkena air terasa panas. Terimakasih dok, wassalmualaikum.

Bercak Merah di Kaki Tak Gatal

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Timbul bercak merah pada kaki tapi tidak gatal itu knapa ya dok?

Bekas luka membandel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya punya keluhan begini. Saya punya luka bakar bekas knalpot dan luka bekas gigitan serangga seperti nyamuk dan kamitetep. Yang luka knalpot itu sampai sekarang belum saya obati, sudah sekitar 3 tahunan. Dan yang luka bekas gigitan serangga juga saya biarkan saja, saya kira nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata sudah bertahun tahun bekas luka tersebut tidak kunjung hilang. Dan saya berniat membeli obat untuk menghilangkan bekas luka yang saya punya. Saya mau tanya, apakah dalam pengobatan menghilangkan bekas luka tahunan ada istilah terlambat ya, Dok? Dan kenapa bekas luka saya lama sekali hilangnya, padahal hanya kecil. Terima kasih, Dok sebelumnya.

bekas luka membandel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya punya keluhan begini. Saya punya luka bakar bekas knalpot dan luka bekas gigitan serangga seperti nyamuk dan kamitetep. Yang luka knalpot itu sampai sekarang belum saya obati, sudah sekitar 3 tahunan. Dan yang luka bekas gigitan serangga juga saya biarkan saja, saya kira nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata sudah bertahun tahun bekas luka tersebut tidak kunjung hilang. Dan saya berniat membeli obat untuk menghilangkan bekas luka yang saya punya. Saya mau tanya, apakah dalam pengobatan menghilangkan bekas luka tahunan ada istilah terlambat ya, Dok? Dan kenapa bekas luka saya lama sekali hilangnya, padahal hanya kecil. Terima kasih, Dok sebelumnya.

Bekas luka membandel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya punya keluhan begini. Saya punya luka bakar bekas knalpot dan luka bekas gigitan serangga seperti nyamuk dan kamitetep. Yang luka knalpot itu sampai sekarang belum saya obati, sudah sekitar 3 tahunan. Dan yang luka bekas gigitan serangga juga saya biarkan saja, saya kira nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata sudah bertahun tahun bekas luka tersebut tidak kunjung hilang. Dan saya berniat membeli obat untuk menghilangkan bekas luka yang saya punya. Saya mau tanya, apakah dalam pengobatan menghilangkan bekas luka tahunan ada istilah terlambat ya, Dok? Dan kenapa bekas luka saya lama sekali hilangnya, padahal hanya kecil. Terima kasih, Dok sebelumnya.

Bekas luka membandel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya punya keluhan begini. Saya punya luka bakar bekas knalpot dan luka bekas gigitan serangga seperti nyamuk dan kamitetep. Yang luka knalpot itu sampai sekarang belum saya obati, sudah sekitar 3 tahunan. Dan yang luka bekas gigitan serangga juga saya biarkan saja, saya kira nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata sudah bertahun tahun bekas luka tersebut tidak kunjung hilang. Dan saya berniat membeli obat untuk menghilangkan bekas luka yang saya punya. Saya mau tanya, apakah dalam pengobatan menghilangkan bekas luka tahunan ada istilah terlambat ya, Dok? Dan kenapa bekas luka saya lama sekali hilangnya, padahal hanya kecil. Terima kasih, Dok sebelumnya.

Bekas luka membandel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok, saya punya keluhan begini. Saya punya luka bakar bekas knalpot dan luka bekas gigitan serangga seperti nyamuk dan kamitetep. Yang luka knalpot itu sampai sekarang belum saya obati, sudah sekitar 3 tahunan. Dan yang luka bekas gigitan serangga juga saya biarkan saja, saya kira nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata sudah bertahun tahun bekas luka tersebut tidak kunjung hilang. Dan saya berniat membeli obat untuk menghilangkan bekas luka yang saya punya. Saya mau tanya, apakah dalam pengobatan menghilangkan bekas luka tahunan ada istilah terlambat ya, Dok? Dan kenapa bekas luka saya lama sekali hilangnya, padahal hanya kecil. Terima kasih, Dok sebelumnya.

Kulit Bekas Radioterapi

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Selamat malam dok,saya adalah pasien yg di diagnosa kanker adenoid cystic carcinoma,dan sudah dilakukan tindakan radioterapi kemudian bekas radioterapi tersebut belum hilang,apakah ada obat untuk bekas radioterapi tersebut?

Kulit Bekas Radioterapi

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Selamat malam dok,saya adalah pasien yg di diagnosa kanker adenoid cystic carcinoma,dan sudah dilakukan tindakan radioterapi kemudian bekas radioterapi tersebut belum hilang,apakah ada obat untuk bekas radioterapi tersebut?

Penyebab Wajah Berminyak

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

dok, kan kulit wajah saya normal, tapi akhir akhir ini saya menggunakan produk skincare baru untuk wajah seperti sunscreen dan gel aloe vera, lalu kulit saya mengeluarkan minyak sedikit lebih banyak dari biasanya itu kenapa ya dok?

Cara Memutihkan Wajah

Info penanya: Pria, 15 Tahun

Jadi Gini Dok, Saya Ada Beberapa Masalah Sama Kulit Wajah Saya, Salah Satunya Yang Bikin Saya Tidak Pede Adalah Warna Kulit Wajah Saya Yang Berbeda Sendiri Dari Semua Anggota Keluarga. Ibu,Ayah,Dan Adik Saya Wajahnya Berkulit Putih Hanya Saya Saja Berwana Coklat Kusam, Yang Bikin Aneh Ini Saya Selama 3 Tahun Ini Jarang Sekali Panas2an Dibawah Matahari, Apalagi Saat Pandemi Ini Saya Benar2 Tidak Kemana2. Padahal Dulu Waktu Kecil Wajah Saya Itu Putih, Dan Sekrang Malah Seperti Ini Padahal Kulit Kaki,Tangan,Dan Paha Saya Semuanya Putih, Cuma Wajah Saja Yang Coklat. Belum Lagi Sering Jerawatan Dan Banyak Flek Hitam, Saya Sudah Rajin Merawat Wajah Sebisa Saya Tapi Hasilnya Tidak Terlalu Terlihat. Kira2 Itu Kenapa Ya Dok? Dan Cara Mengembalikan Warna Kulit Wajah Saya Ini Bagaimana?

Cara Menghilangkan Bruntusan

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok saya mau bertanya bagaimana cara ngatasi wajah bruntusan tipe kulit saya kombinasi dan sudah banyak facial wash yang saya coba tapi tidak ada yang cocok . Mohon rekom faicel washnya dok .Terimakasih dok🙏

Tanya Produk

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok boleh gak dada dipakein body lotion dan scrub badan dari produk scarlett whitening?

Kulit Di Bawah Hidung Perih

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Halo doc, saya umur 15 thn, bru bru ini kulit saya merah kaya iritasi di bawah mulut dan di pinggir hidung. Kira kira kenapa ya dok? Ini bukan pertama kli nya kulit saya begini,tp ini yg terparah karna di sertai gatal gatal. Saya udah coba pke minyak zaitun, glisolid tp ttp aja gatel, pas di ksh pelembab wardah justru perih banget dok. Tolong ya solusi nya, abisnya saya ga betah kalo muka saya kek gini, ganggu banget hiks..

Gatal Seluruh Tubuh Tidak Kunjung Membaik

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Kenapa ya gatal gatal d seluruh tubuh gak nahan gatelnya padahal mandi sering sudah pakai cairan desinfektan pakai sabun ganti2 tetep aja gatal kenapa ya

Penggunaan Aloevera Gel Untuk Rambut

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok apa boleh menggunakan alolevera gel nature republic untuk rambut? Saya takutnya rambut akan rusak karna ada kandungan alkohol nya

Bercak Cokelat Di Sekitar Perut dan Paha

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dokter saya mau bertanya tiba tiba dibadan saya dekat perut dan paha ada bercak bercak coklat banyak dokter itu kenapa ya ? Dan bagaimana cara menghilangkan nya

Mengatasi Jerawat saat Memakai Masker

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok.. ijin konsultasi disaat pandemi ini kan kita diwajibkan menggunakan masker , akibatnya banyak timbul jerawat dan beruntusan di sekitar pipi... Nah apa ada obat untuk mengurangi atau menghilangkan jerawat ini Dok ? Terimakasih

Penyebab Gatal pada Kemaluan

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Gatal pada kelamin dan ada bentol2 yg lumayan besar

Penyebab Ruam Kulit

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Dok, di badan saya pd timbul bercak2 gtu, ukuran nya si kecil bundar , klo kata org kurap, tp klo kurah kan merah ya, ini saya bundar agak kyk oval gtu kecil tp ga merah, kyk ort ganti kulit gtu ngelotok, tp gk gatel ga jga perih. Muncul di sekitar selakangan pling bnyk, trus punggung blkang tangan , itu kenapa ya dok ,mohon penjelasan nya ya ,trims dok .klo saya bsa kirim gambar nya saya kirim deh

Penyebab Rambut Rontok

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

dok saya mau nanya, 3bln yg lalu saya sakit bocor ginjal (sindrom nefrotik). apakah kerontokan parah hingga 200 helai lebih sehari karena efek samping obat yg dikonsumsi saat sakit?dan saat ini saya masih mengonsumsi methylprednisolone 4g 1tablet sehari

Bintik Putih di Kulit

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Saya mau bertanya, saya memiliki sebuah penyakit atau seperti alergi, saya juga bingung ini apa. Penyakit ini seperti bisul kecil-kecil tapi ada yg seperti jerawat di sekitar tangan, kaki, dan leher. Penyakit ini jika saya pecahkan ada yg keluar putih putih ada juga yg berdarah dan berbekas. Ini penyakit apa ya? Apa penyebab dan obatnya?

Seputar Benjolan di Wajah

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Benjolan diwajah.

Jerawat yang Meradang

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

dok kulit wajah saya sejak kemarin sore tiba tiba muncul kemerahan di dekat hidung, dengan bintik kecil putih kuning seperti jerawat matang yg bernanah. kulit saya kenapa ya?

Seputar Infeksi Jamur

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dok. Kuku jempol kaki saya di setiap sisi sisinya merapuh, sampai akan merembet ke bagian dalam. Warnanya pun kuning. Kemudian dagig sisinya berwarna gelap. Kalau ditekan ada sedikit sensasi rasa gatal dan sakit. Itu kenapa ya dok

Bintik Hitam Pada Kulit

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok kulit lengan aaya ook bintik2 hitam kenapa ya

Alergi Hena

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Dok.saya ingin bertanya. Anak saya kemaren memakai hena di bagian kulit kaki.selepas itu,dihapus dgn beking soda.hingga saat ini.kaki anak saya menimbulkan alergi..hampir menyerupai kurap. Bisa dokter beri tau obat alaminya dok..mohon bantuannya

Mengatasi Luka Bernanah

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok cara atasi luka cenang atau luka bernanah bagaimana??

Jari Kaki Mengelupas dan Gatal, Bagaimana Solusinya?

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Selamat sore dok saya mau tanya ttg kulit ya, kenapa ya semua jari kaki dekat sela sela jari nya ngelupas, awal nya gatal" Terus sampe ke telapak kaki awalnya gatal juga tapi lama" dia sakit, solusinya gimana ya? Apakah tidak boleh terkena air kotor, soal nya saya slalu mencuci piring masih dibawah

Penyebab Bisul

Info penanya: Wanita, 44 Tahun

Hallo selamat sore dok, saya mau nanya. Penyebab timbulnya bisul itu apa ya dok? Akhir" ini saya bisulan, jika udh sembuh tiba" muncul lagi.. itu kira" knpa ya dok?

Luka Bekas Jahitan yang Masih Nyeri

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Siang dok.. mau tanya ko bekas jaitan oprasi tiroid yg di leher kerasa sakit.. itu knpa y dok?.

Penyebab Bintik Putih di Wajah

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Hidung saya kemarin malam tiba-tiba terasa panas seperti terbakar, dan pagi ini langsung muncul bintil-bintil cairan putih. Awalnya saya kira komedo, dan ternyata bukan. Tidak gatal, tapi terasa panas dan semakin membesar cairannya

Gatal-gatal di Wajah

Info penanya: Wanita, 14 Tahun

Awal nya saya mengalami gatal gatal di bagian wajah seperti koreng seperti itu tapi di wajah sembuh setelah saya minum obat dri dokter kemudian muncul merah merah di kulit saya setelah obat itu habis

Kaki Gatal Sudah Satu Bulan Meninggalkan Bekas Kehitaman

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Selamat siang dok.. Sudah sekitar satu bulan yang lalu kaki kiri bawah saya sangat gatal. Biasanya ketika habis digaruk itu hanya bentol biasa, tapi kali ini ketika saya garuk malah menjadi kasar dan meninggalkan seperti bekas luka berwarna hitam. Kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara menyembuhkan bekas hitam dan gatalnya ya dok? Terima kasih..

Kulit Bernanah

Info penanya: Pria, 15 Tahun

dok ibu saya mukanya pda merah2 gtu dibagian hidungnya trus ada kya nanahnya gtu itu penyakit kulit apa ya dok?dan obatnya apa ya

Tanda Lahir Berwarna Coklat

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Siang dok,saya mau bertanya dok,saya punya dedek bayi umur sebulan lebih,terdapat tanda lahir warna coklat muda di bagian bawah dagu apa nnti bisa hilang sendri dok,atau apa obatnya buwat ngilangin tanda lahir

Jerawat Batu Banyak Tidak HIlang-hilang

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok, di rahang saya ada benjolan lumayan banyak seperti jerawat batu tapi jika dipencet tidak sakit dan kadang terasa gatal. Sudah hampir 1 tahun tidak hilang-hilang. Apakah mungkin itu daging jadi?

Menghilangkan Jerawat dan Bruntusan

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Dok mau bertanya Cara mengatasi Kulit Berjerawat dan menghilangkan Bruntusan bagaimana cara nya Dok? Karena saya sudah menggunakan Pencuci muka yang bisa menghilangkan Jerawat tetapi tidak hilang jerawat nya.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Halo dokter Saya memiliki pertanyaan seputar kulit. Kemarin muka saya muncul jerawat 3 buah. Karena tangan saya iseng, jadi saya pencetin tuh jerawat sampai keluar matanya. Lalu karena masih merah dan jadi seperti bentol, saya oleskan benzolac 2.5%, memang area yg berjerawat menjadi kering, namun tetap tidak dapat menghilangkan jerawat saya. Adapun salah satu spot jerawat malah meninggalkan noda hitam. Bagaimana ya dok? Terima kasih

Infeksi Jamur pada Kuku Kaki

Info penanya: Pria, 32 Tahun

Salam sehat Ibu saya kuku jempol kakinya coklat dan pinggirnya seperti berlubang apakah itu karena jamur kuku? Obatnya apa ya dok.? Terimkasih

Bekas Jerawat Akibat Penggunaan Bawang Putih Sebagai Obat

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Selamat malam dok. Saya mau bertanya, singkat cerita 8 bulan yang lalu saya punya jerawat di jidat, jerawatnya itu keras dan sakit. Trus saya waktu itu nyari solusi biar cepet sembuh, nah waktu itu saya liat" diyoutube dan saya menemukan cara yaitu pakai bawang putih. Trus saya langsung mempraktekkan , bawang putih diparut lalu di taruh di jerawatnya, kemudian ga sengaja sayang ketiduran. Bangun" udah melepuh kaya kena minyak panas. Trus pas udah kering itu membekas, warna nya putih. Dan sampai sekarang belum hilang kira" sudah 8 bulan, itu kira" saya harus melakukan apa dok? Dan obat apa yang harus saya gunakan?

Obat Jerawat yang Cocok

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Umur saya 15 tahun, saya sudah mengalami jerawat sekitar 1 tahun, sudah menggunakan skincare dengan benar, minum air putih juga namun tidak berkurang ataupun sembuh total, masih banyak jerawat dan bruntusan di muka saya... sabun cuci muka saya clean and clear, saya menggunakan viva face tonic varian green tea , lalu menggunakan obat jerawat acnederm kadang kala saya menggunakan sheet mask atau organic mask tapi juga tidak berkurang.... saya tidak memiliki alergi obat, apa obat yang cocok untuk jerawat saya?saya sangat pusing memikirkan ini, saya insecure, malu bertemu orang😭😭😭😭😭😭

Mie Instan Menyebabkan Jerawat?

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok gimana cara menghilangkan jerawat biar gak tumbuh lagi selamanya dan maaf dok apakah Mie instan salah satu penyebab jerawat??

Gatal dan Bentol Seluruh Badan

Info penanya: Wanita, 40 Tahun

Dok mau tanya klo badan pada gatel,,bentol kecil² di suruh badan knpa ya dok,,obatnya apa dok

Kulit Sering Gatal Tak Karuan Hingga Membekas

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Halo dok, sejak kecil saya sering mengalami masalah dengan kulit saya. Salah satunya saya sering gatal tak karuan dan akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan juga banyak sekali. adakah upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir rasa gatal dan menghilangkan bekas-bekasnya, baik dari makanan, ataupun jenis dan kandungan skincare yang harus saya gunakan, dok?

Puting Luka Muncul Bintik Berisi Cairan

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok, puting saya luka luka garagara digigit suami. Sudah seminggu saya rawat sudah kering tetapi nnt luka lagi. Dan setelah itu muncul bintik yg didalamnya berupa cairan. Obat apa yang cocok untuk puting saya ya dok? Terimakasih

Menghilangkan Tompel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok saya mau nanya, saya punya tompel di tangan cara menghilangkan dengan menggunakan obat swiss paris lotion apakah bisa?

Bintik Merah Pada Payudara

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Ada bintik2 merah di sekitar payudara tapi tidak gatal. Saya busui baru 3 bln

Gatal area selangkangan

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Saa mau bertanya dok, bagaimana caranya atau obat apa untuk mengobati bagian selangkangan yang gatal, kulit mengelupas dan menghitam ya dok? Terima kasih dok..

kulit kering dan mengelupas

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok kalo kulit terasa kencang dan terkelupas, gimana cara ngatasinnya ya dok??.trus hitam gitu..?

Jenis kulit

Info penanya: Wanita, 13 Tahun

Malam dok, sebelumnya sy tdk tau golongan darah sy apa. Dok, sy ingin bertanya tentang kulit wajah sy. Sy mau tau jenis kulit wajah sy apa. Kulit sy kalau sehabis cuci muka pasti kering, tapi sekitar 1jam setelahnya, berminyak, dan berminyaknya itu lebih banyak dihidung, tp sy juga kelihatan garis² halusnya, Sy jg kalau memakai produk yg slh, wajah sy akan langsung panas dan berjerawat meski hanya 1-3x pakai, dan itu cenderung sensitif mnurut sy. Jadi jenis kulit saya ini apa ya? Kombinasi? Kering? Berminyak?or Sensitif? Makasi dok..