Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Menghilangkan Karang Gigi

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Siang dok , mau tanya soal gigi untuk menghilangkan karang pada gigi itu bagaimana dok terimakasih

Mengatasi Sariawan

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Assalamualaikum dok. Saya ingin bertanya obat sariawan yang ampuh apa ya dok? Karna saya sedang sariawan sejak beberapa hari yang lalu. Saya hanya bisa berkumur dengan air garam saja saat ini. Tapi tak kunjung sembuh.

Mengatasi Sariawan

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Assalamualaikum dok. Saya ingin bertanya obat sariawan yang ampuh apa ya dok? Karna saya sedang sariawan sejak beberapa hari yang lalu. Saat ini saya hanya mengobatinya dengan berkumur air garam, namun tak kunjung sembuh. Kira kira obat apa yang ampuh supaya cepet sembuhkan sariawan ini ya dok??? Trimakasih

Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidak Sempurna

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Pagi dok.. 4 gigi graham bungsu saya tumbuh tidak sempurna, hanya setengah dari mahkotanya sj dok. Sudah 3 tahunan saya biarkan tp blm terasa sakit dok, Apa itu berbahaya jika di biarkan?

Menghilangkan karang Gigi Secara Alami

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Dok mau tanya cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami gimana ya? Apakah larutan cuka, garam, dan air merupakan salah satu caranya?

Bruxism

Info penanya: Pria, 35 Tahun

dok 2bln lalu kan saya kena benturan di dekat hidung kmd gigi dpn atas linu dan pusing di bagian alis kanan bsk nya sembuh tp gigi graham belakang kanan atas ngilu bsk pagi setelah bangun tidur pdhl sdh pake night guard,dan sy merasakan gigi graham tsb spt goyang dan sensitif bagian sisi pipi thd sentuhan, air es,kemasukan makanan di bagian sela2 gigi,saya sdh priksa 2drg puskesmas cm diperiksa sj +ronsen panormaic+periapikal,1ortodontis cm diperiksa sj dan 1 konservasi gigi cm diperiksa sj,1 dr syaraf cm diperiksa sj,1 dr umum di beri vit b selama 10 hari ,1 akunpuntur di tusuk jarum + di beri jamu, 1 pijat syaraf di beri jamu+pijat semua tak membuahkan hasil lalu sy mikir2 sakit apa ya dan observasi sendiri lalu saat sy lihat night guard sy,sy temukan hanya 1 lubang yg sobek pada night guard gigi bwh bagian sisi permukaan kunyah samping dekat pipi kanan persis di bawah gigi graham yg ngilu, dan saat saya coba night guard tsb berkontak dgn gigi atas, gigi bwh tsb tak terlindungi krn lobang yg sobek,night guard sdh lbh dari 1th di pakai.bbrp hari yg lalu saat saya tidur memakai night guard tsb tanpa sadar gigi bwh menekan gigi atas spt mengunci dan sy merasakan gigi ngilu spt goyang setelah bangun tdr sensitif thd air es,udara dingin,sentuhan dan gigi yg sama dgn sebelumnya yg ngilu yg lain sama sekali tak kerasa apa2, sy google2 dan menemukan ciri bruxism mirip spt yg sy alami.mungkinkah sumber penyebab selama ini sy sakit gigi ada lah night guard yg rusak shg gigi tidak terlindungi dan jd sensitif ? terima kasih

Mouth Guard Untuk Mengatasi Bruxism

Info penanya: Pria, 35 Tahun

yth dokter krn sekarang lg musim liburan dokter gigi pada tutup dan night guard saya berlubang bisakah saya memakai sport mouth guard yg utk tinju utk sementara mengatasi bruxism?atau bisakah lubangnya night guard ditambal?klo bisa ditambal pake apa?mau saya lem takutnya lem nya lepas dan malah tertelan saya,saya solasi takut lepas dan tertelan,saya ganjal kertas jg takut lepas tertelan, krn klo beli di apotik tidak ada yg jual.klo bikin di dokter gigi pun butuh waktu berhati2,krn skrg butuh utk darurat bruxism kawatir tiba2 bruxism kumat. terima kasih

Rasa Ngilu Pada Gigi Hingga Ke Telinga

Info penanya: Pria, 20 Tahun

Jadi gini dok saya mau tanya sekaligus cerita , 4 hari ini gigi graham kiri bawah saya terasa ngilu , tidak ada gigi lubang didaerah gigi yang ngilu dok , ngilu nya memang tidak terlalu tapi terkadang sampai ke telinga dan sekitarnya , sampai sekarang kalau saya menyentuh atau memijat telinga ataupun kepala saya yang bagian kiri terasa aneh ada sakit sakit nya entah yang saya rasakan lebih tepatnya seperti perih sedikit, kadang juga terasa seperti yang menjalar di daerah pipi telinga dan sekitar nya seperti kesetrum tapi sangat kecil (padahal tidak diapa apain) .. Ngilu digigi tersebut bermula dari kebiasaan saya suka main hp sambil tengkurap dikasur dan menyanggah dagu saya dengan bantal, menyebabkan gigi atas dan bawah saling menekan .. mungkin terlalu lama sampai akhirnya ketika selesai main hp jadi terasa ngilu Sampai hari ke 2 lidah saya sakit saya lihat ternyata ada bebrapa sariawan di lidah saya , sekarang pun saya juga merasakan sakit twnggorokan , menelah jadi sakit .. dan entah mengapa tiba tiba gusi saya juga terasa sedikit gatal sampai saat ini Dan kejadian gigi itu juga berasamaan dengan sakit kulit di wajah saya , entah benar atau tidak saya mengira sakit kulit ini dikarenakan serangga (Tomcat) yang pernah hinggap di wajah saya beberapa hari sebelumnya , karena memang rupanya melepuh seperti akibat tomcat .. yang saya herankan serangga tersebut hinggap di wajah saya beberapa hari sebelum nya, kenapa dampak sakit kulit yang saya alami tidak langsung setelah tomcat itu hinggap.. Jadi yang saya alami(rasakan) saat ini gigi graham ngilu , kepala daerah kuping terkadang ngilu tapi seperti berdenyut (tidak terus menerus tanpa henti namun ada frekuensi nya alias (tiba tiba ngilu tiba tiba enggak)begitu terus) , kadang terasa seperti kesetrum sedikit, sakit tenggorokan , sariawan , gusi sedikit gatal, dan sakit kulit di wajah saya Bisa memberi penjelasan dok atau saran mungkin ,? Mungkin obat apa yang harus saya konsumsi , apa yang harus saya lakukan .. apa itu semua berhubungan? Terimakasih sebelumnya sudah mendemgarkan ..

Gigi Anak Patah

Info penanya: Wanita, 34 Tahun

selamat malam dok.. dok anak sy usia 23 bulan gigi bagian atas nya patah satu tapi sebagian masih ada yg nempel.itu gimana yaa dok bisa nymbung lagi g yaa tnpa ditambal?trmksih dokter sebelumnya

Memundurkan Rahang Atas Dengan Headgear

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Dok , saya izin bertanya , Apakah headgear ortodontik dapat memundurkan rahang atas diusia seperti saya atau bahkan lebih tua dari saya , soalnya gusi atas saya maju dan Gigi atas saya tonggos Dan jika mulut saya saya tutup , ada penonjolan yang berlebihan , sehingga dilihat dari sudut pandang samping tampak saya lebih tua dari umur saya sekarang ini ( sekitar 10-20 tahun lebih tua) , Padahal dulu waktu dulu saya umur 7-8 tahun kondisi rahang atas saya masih normal

Gigi Tumbuh Di Atas Gusi

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Saya mau bertanya dok, bagaimana solusi untuk gigi yang tumbuh di gusi atas? Karna gigi yg tumbuh tersebut sangat mengganggu, apakah boleh di cabut gigi yg tumbuh di gusi atas tersebut?

Mana Yang Lebih Baik Air Floss Dan Waterfloss?

Info penanya: Pria, 35 Tahun

halo dok sy ingin tny ttg air floss dan water floss.sy selama ini memakai dental floss sehari 1x. lama2 gusi sy naik akibat benang dental floss kadang jg terlalu menekan gusi dental floss nya saat di masukan shg bikin ngilu,sy google menemukan air floss&water floss, lalu apakah air floss dan water floss dapat menggatikan fungsi dental floss?kmd air floss vs water floss mana yg lebih efektif membersihkan sela2 gigi?terima kasih

Umur 10 Tahun Gigi Susu Belum Tanggal

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

Dok saya mau tanya,,msalah gigi ank saya,,,begini dok waktu anak sya usia 2 tahun jatuh dari ayunan giginya kebentur besi dan masuk ke atas,,,yg saya tanyakan knp sampai skrang belum mau lepas dan ganti gigi y pdhal umurnya udah 10 tahun,,,trimakasih dok mhon jwabanya

Solusi Untuk Gigi Yang Tidak Rapi

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Slmt siang dokter... saya mau tanya, gigi depan saya bagian atas tidak rapi dimana harusnya ketika senyum kan kelihatan 2 gigi pas ditengah nah punya saya 3 gigi dok jadi saya gak pede aja krn kurang enak dilihat dan sangat tidak rapi. Dulu sktr 2th yll saya pernah ke dokter gigi utk cabut gigi dibelakang salah 1 gigi depan atas tsb krn gigi itu bisa merusak gigi lainnya makanya kata dokter harus dicabut, dan dokter bilang tdk perlu behel. Bagaimana solusi gigi depan saya agar posisinya pas ya dok?

Gigi Berlubang Dan Patah Terasa Sakit Smpai Ke Telinga

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Dok gigi saya sudah berlubang dan juga pata hingga sebagian hilang.Gi gi saya sering sakit sampai ke telinga dan sangat susah untuk tidur.Bagaimana cara agar gigi saya rasa sakitnya bisa hilang tanpa perlu ke dokter?

Rahang kanan Dan Kiri Tidak Simetris

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Selamat pagi dok,dok saya mau tanya,rahang kanan dan kiri saya tidak simetris sehingga pipi kiri saya keliatan lebih besar dari pada pipi kanan dok,jadinya keliatan kayak orang lagi sakit gigi gitu dok,karena rahang saya yang tidak simetris,gigi atas dan gigi bawah saya juga tidak semetris dok,buat keluhan yang saya alami,apakah dengan pemasangan kawat gigi bisa menjadi solusinya dok agar rahang/gigi saya bisa simetris? Terima kasih dok.

Solusi Untuk Gigi Yang Sudah Dicabut

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Hai dok saya mau tanya, saya usia 27thn. Gigi susu saya baru tercabut setelah dewasa (2 gigi seri) saat saya bertanya pada dokter apakah bisa tumbuh lagi? Dokterpun menjawab bukannya tidak tumbuh ,namun sudah tergantikan. Sekarang gigi saya terlihat seperti ompong,kanan dan kiri sebelahnya gigi yg depan. Rahang atas dan bawah saya tidak simetris sekitar 0,5. Pertanyaannya gigi saya apa bisa jadi simetris dan untuk yang terlihat ompong itu bagaimana agar menjadi rapat? Saya tidak tahu kalau gigi susu saya belum trrcabut semua. Sekian dan terima kasih.

Solusi Untuk Gigi Yang Sudah Dicabut

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Hai dok saya mau tanya, saya usia 27thn. Gigi susu saya baru tercabut setelah dewasa (2 gigi seri) saat saya bertanya pada dokter apakah bisa tumbuh lagi? Dokterpun menjawab bukannya tidak tumbuh ,namun sudah tergantikan. Sekarang gigi saya terlihat seperti ompong,kanan dan kiri sebelahnya gigi yg depan. Rahang atas dan bawah saya tidak simetris sekitar 0,5. Pertanyaannya gigi saya apa bisa jadi simetris dan untuk yang terlihat ompong itu bagaimana agar menjadi rapat? Saya tidak tahu kalau gigi susu saya belum trrcabut semua. Sekian dan terima kasih.

Bibir Bernanah

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Dokter. Saya Lia. Saya mau nanya. Saya punya teman. Kebetulan dia habis melakukan sulam bibir. Setelah melakukan sulam bibir. Bibir nya bengkak dan bernanah dok. Mohon informasi nya dok penyebabnya apa? Saya juga penasaran ingin tau apa yg terjadi.

Daging Tumbuh Di Gusi

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Dok, di gusi saya ada benjolan atau daging tumbuh gitu, kalau saya tekan keluar nanah dan darah, sebelumnya saya mengalami gusi bengkak dan itu terjadi hampir 2bulan ini, ketika gusi saya bengkak selalu didahulukan ngilu pada gigi saya, keesokannya pembengkakan itu terlihat, dan bentuk muka saya jd berubah krn adanya pembengkakan itu. Apakah benjolan merah dan bernanah itu bahaya?? Saya ingin ke dokter, tpi saya takut kalau saja benjolan itu berbahaya

Bolehkah Ibu Hamil Dicabut Giginya?

Info penanya: Wanita, 33 Tahun

Dok sy mau tanya. Kalau ibu hamil boleh tidak mencabut gigi? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Solusi Bau Mulut

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dokter saya punya keluhan bau mulut dan sering meludah. . Dan bau nya tidak enak sekali. . . .tolong kasi solusi dong dok

Menggunakan Bubuk Activated Charcoal Untuk Memutihkan Gigi

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Halo dok, saya pengguna kawat gigi dan suka minum kafein seperti ice coffee. Di luar beredar chorcoal actived untuk memutihkan gigi dalam bentuk bubuk chorcoal tsb akan di campurkan pada pasti gigi. Untuk saya pengguna kawat gigi, apa di perbolehkan menggunakan chorcoal actived seperti itu? Trimakasih

Perawatan Rahang Maju Dan Gigi Tidak Rapi

Info penanya: Pria, 21 Tahun

Rahang bawah maju dan agak geser, gigi berantakan. Solusi tanpa operasi apa masih memungkinkan. Bagaimana caranya?

Benjolan Di Tengah Lidah

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Selamat sore dok, saya ingin bertanya knapa ya ada seperti benjolan di tengah lidah tapi agak dalam. Rasanya sih gak sakit tpi kyak ganggu aja klo mnelan, habis cek di dokter katanya mending di angkat aja. Apa harus ya dok diangkat? Apa gak bahaya dok benjolan itu? Obatnya apa ya dok agar bisa mngecil? Ukurannya sih kurang lebih kyak biji jagung

Mengatasi Gusi Bengkak

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok, gusi saya bengkak semuanya akibat radang tengorokan, semakin lama semakin sakit dok, saya sudah ke klinik tapi tetap tidak sembuh malah luka nya pun bertambah dibagian bibir saya, jadi saya harus bagaimana dok?

Kejang Pada Rahang

Info penanya: Pria, 35 Tahun

yth dokter bbrp hr yg lalu sy mengalami 2 macam kejang pada rahang yg membuat sakit gigi,kejang yg 1 biasanya tjd pd saat menjelang tidur {antara kondisi sadar saat tutup mata mau masuk ke tidak sadar(tidur)},kejang tsb hanya 1-2 detik yaitu berupa gerakan reflek yg cepat rahang bawah menutup ke rahang atas shg gigi bersentuhan shg sakit dan membuat bangun tak jd tidur,kejang tsb kadang terulang sampe 2x dlm semalam dan biasanya diperparah saat siang/pagi hari ny minum kopi,kecapaian atau stlh makan mengantuk kmd tidur sebentar dan langsung tjd.shg mengharuskan saya memakai night guard.dokter gigi pun bingung krn minta bikin night guard,pdhl tak ada komplain dari org yg tidur dengan saya,dan gigi g ada mslh.kejang yg ke 2 tjd kadang sampe 2x berupa gerakan reflex selama 1-2 detik pada pagi stlh bangun tidur kdg rahang bawah gerak sdri ke kiri dan ke kanan sambil gerak naik shg kadang menyengol gigi atas yg membuat sakit gigi jg stlh itu hilang dan kadang siang kembali lagi,sy sempat baca di internet tentang epilepsi myoklonik/kejang mioklonik kok hampir mirip 1)kira ini sakit myoklonik epilepsi/kejang mioklonik/penyakit apa dok? 2)kmd penyebabnya apa? 3)dan apa bisa sembuh total? terima kasih

Menangani Mucocele Pada Bibir

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Pagi dok, saya ingin bertanya.. di bibir bawah saya terdapat mucocele sebanyak 2, dokter menyarankan untuk operasi kecil (bedah mulut) tapi saya sangat amat takut dok.. saya gak berani melakukan nya karna saya sudah liat cara bedah mulut mucocele di youtube dok.. apa yg harus saya lakukan dok? dan apa pantangan makanan dalam penyakit ini dok? Terima kasih

Penanganan Gigi Patah Dan Berubah Warna Pada Anak

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Hallo selamat malam dok.. Anak saya usia 4thn 5 bln, gigi seri depan atas patah berbentuk setengah., Warna y pun skrg pucat & sedikit gelap berbeda dgn warna gigi yg lain y yg masih putih,, Apa yg harus aku lakukan?? Nunggu gigi nya ompong atau kah harus di cabut, karna mungkin seusia anak saya pasti rewel ga mau di cabut gigi nya.. Klo nunggu gigi y ompong jg sampai kapan, & terkadang bibir y bengkak mungkin pengaruh dari gusi gigi yg patah.. Apakah gigi susu nya akan tumbuh lagi dok??

Gigi Sensitif Tak Kunjung Hilang

Info penanya: Pria, 35 Tahun

yth dokter dok 2 bln yg lalu sy terkena benturan bagian dekat pojok hidung kanan bawah,kmd stlh bbrp jam saya merasa pusing sekali di bagian atas alis kanan dan gigi depan atas ngilu kmd mlm nya pusing hilang kmd besok paginya stlh bangun tidur gigi depan atas tak terasa sakit lg tp gigi kanan atas graham tiba2 jd sangat sensitif (pdhl di hari kena benturan tak sakit sama sekali dan sptnya tidak kena benturan),sampai klo saya senyum/mengejan saat bab/ mengejan membuka sekrup dol terasa ngilu spt ada yg menegang di dlm gusi,kena udara dingin,air es terasa ngilu,kmd sela2 gigi kemasukan makanan terasa ngilu,memang gigi graham kanan atas tsb kroak kecil/karena terbentuk segitiga gelap jd kelihatan kroak (atau memang gigi nya teksturnya melengkung sy tak tau krn tak ada karies area kroak itu) dan itu sdh lama sekali dan dl sdh dibawa dokter gigi dan tak dilakukan tindakan apapun.stlh kena benturan pun sy sdh bawa dokter gigi ortodontis kmd ronsen panoramic+periapical dan katanya giginya ga retak hanya saat disentuh dengan alat dokter gigi terasa ngilu sekali dan tidak dilakukan tindakan apapun hanya di beri benang gigi khusus gigi dikawat (sy biasa pake benang gigi standar),dokter gigi tsb jg tak tau mengapa saat senyum/mengejan terasa ngilu,saat sy ronsen sy sempat konsultasi dgn dokter yg ada di lab katanya klo mengejan ngilu itu kemungkinan sarafnya bkn gigi nya kmd bsk nya sy ke puskesmas 2x dan bertemu 2 dokter gigi kmd diperiksa,tunjukan ronsen panoramic+periapical dan ke 2 dokter tsb blg gigi nya bagus g ada mslh dan tidak dilakukan tindakan apapun,hanya disuru min vit b dan di ksi paracetamol utuk menghilangkan nyeri kmd sy ke dokter umum dan diberi vitmamin b dosis tinggi selama 10 hari,sy sdh sangat menderita sekali krn sdh berobat kesana kemari tak ada hasilnya dan rasa sensitif itu msh ada sampai skrg bahkan tiap hari sakit jika terkena pemicunya,pokokny sejak kena benturan,sy sdh pake pasta gigi sensitif tak mempan sy ingin tny bbrp hal 1)kira2 ini yg sakit gigi nya atau sarafnya? 2)sy hrs ke dokter saraf/bedah saraf atau gigi spesialis apa? 3)bagaimana mungkin yg kena benturan di dpn dekat hidung kok yg sakit gigi samping di balik pipi kanan yg tak kena benturan ? terima kasih

Kejang Pada Rahang

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Dear dokter 9bln ini sy mengalami 2 mcm kejang pada rahang yg membuat sakit gigi,kejang yg 1 biasanya tjd pd saat menjelang tidur {antara kondisi sadar saat tutup mata mau masuk ke tidak sadar(tidur)},kejang tsb hanya 1-2 detik yaitu berupa gerakan reflek yg cepat rahang bawah menutup ke rahang atas shg gigi bersentuhan shg sakit dan membuat bangun tak jd tidur kmd sy pake mouth guard yg utk tinju utk mengatasinya saat tidur,kejang tsb kadang terulang sampe 2x dlm semalam dan biasanya diperparah saat siang/pagi hari ny minum kopi,kecapaian atau stlh makan mengantuk kmd tidur sebentar dan langsung tjd.kmd sy mengunjungi dokter gigi saya minta dibikin kan night guard.dokter gigi pun bingung krn sy minta bikin night guard sampe di tny ” kok kmu tau kmu bruxism dr mana?ada yg komplain berisik?la klo bruxism gigimu ancur .la ini gigimu msh bgs2. Aneh2 ae” pdhl tak ada komplain dari org yg tidur dengan saya,kejang yg ke 2 tjd kadang sampe 2x berupa gerakan reflex selama 1-2 detik pada pagi stlh bangun tidur kdg rahang bawah gerak sdri ke kiri dan ke kanan sambil gerak naik shg kadang menyengol gigi atas yg membuat sakit gigi jg stlh itu hilang dan kadang siang kembali lagi,kadang saat berbicara/berkumur kejang tsb tjd.pd siang hr sy tak bisa memakai night guard maka sy hrs menjulurkan lidah sy utk digigit dgn gigi dpn spy jika terjadi kejang gigi ga sentuhan.sy pernah tny ke seorang akupuntur katanya itu bkn bruxism tp epilepsi mioklonik.tp sy g tau yg bnr yg mana.tp ini sdh membuat sy menderita sekali 1)kira ini sakit apa ya dok? 2)kmd penyebabnya apa? 3)dan apa bisa sembuh total? terima kasih

Menangani Gigi Sensitif

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Halo dokter Sy pny mslh gigi sensitif.sy sdh ke dokter dan gigi tak retak/karies/berlubang hanya terbentuk segitiga hitam shg sensitif.klo sy baca2 dr bbrp website pasta gigi sensitif cara kerja nya memblokir lubang2 pd tubulus dentin.dgn analogi yg sama seandainya area lubang2 pd tubulus dentin tsb ditambal permanen tanpa di bur bisa?apakah bahaya jika ditambal permanen tanpa di bur area tubulus dentin tsb?krn kan setelah ditambal otomatis pemicunya tak bisa menyentuh area tubulus dentin krn terhalang tambalan permanen shg otomatis sembuh krn ditambal permanen.krn sy emosi sekali dgn kondisi ini yg sdh berlangsung ber bln2.sy sdh pake pasta gigi sensitif,mousse,poles floride di dokter gigi semua g mempan.terima kasih

Tambalan Sementara Lepas

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Dok, mohon pencerahannya. Pagi tadi saya baru saja dari poli gigi, sebenarnya 3 hari yang lalu saya sudah dari sana dan berencana untuk mencabut gigi saya yang sudah berlubang parah. 3 hari yang lalu dokter di poli gigi meminta saya untuk minum obat terlebih dahulu dan kembali 3 hari lagi untuk tindakan cabut gigi. (fyi, gigi berlubang saya ada 3. 2 bersebelahan di sebelah kiri dan 1 sebelah kanan). Hari ini saat saya kembali, ternyata tindakan pencabutan belum di lakukan dan gigi masing2 satu di sebelah kanan dan kiri di tambal sementara. Agar di rawat terlebih dahulu dan mencegah makanan masuk ke lubang yang ada. Nah pertanyaan saya, tambalan tersebut apakah ada kemungkinan retak atau terlepas? Karena setelah saya sikat gigi, saya ada merasa serpihan tambalan tsb sedikit. Takutnya tambalannya gak bertahan seminggu

Mengatasi Abrasi Gigi Dan Bruxism

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Yth dokter Dok 2 bln lalu sy kena benturan di bibir kmd gigi dpn atas kanan ngilu&pusing di bagian alis kanan kmd esok paginy sembuh namun gigi graham kanan atas jd sensitif sy sdh pake pasta gigi sensitif,sdh ronsen panoramic+periapical ke dokter gigi puskesmas 2x dgn 2 dokter gigi berbeda kmd tak dilakukan tindakan apapun kata dokter2 ny yg priksa sy gigi bgs,kmd ke dokter ortodontis langganan 3x dan tidak dilakukan tidakan apapun jg hanya diberi benang gigi utk gigi berkawat sy minta tambal dokterny menolak alesany klo di tambal nanti jd mslh. sy tny operasi gusi katany g perlu,krn tak sembuh2 sy depresi mood naik turun kmd mengalami kejang pd rahang yaitu gerakan reflek rahang menutup cpt saat tidur ataupun bangun tidur shg gigi ngilu kmd ke akupuntur di diagnosis epilepsi myoclonic rahang krn depresi g ada hasil kmd ke pijat syaraf g ada hasil ke dokter umum di beri vit b dosis tinggi tp g ada hasil kmd ke dokter konservasi gigi 1x tak dilakukan tidakan apapun alesanya gigi+gusi g ada mslh mlh disuru ke dokter saraf rujukan.sy ke dokter syaraf rujukan cm diperiksa sj di diagnosis abrasi gigi+ bruxism krn stres kmd disuru ke dokter di ortodontis yg lain.kira2 sy hrs berobat kemana ya dok spy sembuh ngilu2 giginy+kejang rahang myoclonic/bruxism?krn sdh abis biaya byk sekli g ada hasil&sy capek dilempar sana sini seperti bola.terima kasih

Solusi Gigi Berlubang

Info penanya: Pria, 15 Tahun

dok gigi saya sakit karena berlubang sama telinga solusi agar sembuh gimana caranya

Sariawan Muncul Terus Pada Anak

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Salam dok, saya mau tanya adik saya usia 12th sering sekali sariawan bahkan sering seminggu sembuh seminggu sariawan dan seterusnya, sudah diperiksakan ke dokter umum, dokter anak & dokter gigi katanya tidak ada penyakit tertentu, tapi kenapa sering sekali kumat sariawannya dok, bagusnya dibawa kedokter spesialis apa ya dok? Biar terdeteksi takutnya ada penyakit yang membahayakan soalnya sering sekali sariawan, mohon solusinya dok

Mengatasi Bau Mulut

Info penanya: Pria, 41 Tahun

Dok saya mau tanya, sudah kurang lebih 1 tahun saya mengalami bau mulut... saya sudah ke dokter gigi bersihkan karang gigi, dan memang gigi geraham atas mengalami penurunan gara-gara gigi bawah sudah dicabut, saya mau cabut gigi yang menyusut itu karena saya yakin bau berasal dari situ, sisa-sisa makanan yang masuk ke dalam.... saya 2 kali ke dokter untuk meminta dicabutkan.... tapi dokter tidak mau, katanya giginya belum pernah sakit, terus dokternya takut cabut karena katanya akarnya panjang dan susah dicabut,,,,, pertanyaan saya dok, bagaimana solusinya, apa yg harus saya lakukan apakah tetap dicabut atau dirawat dan kalau dirawat bagaimana? sudah saya sikat dengan petunjuk dokter, pake cairan kumur listerin tapi tetap bau dok.... gimana ???

Sisa Akar Gigi Yang Tertinggal

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

saya mengalami pulpa polip gigi geraham bawah, karena lubangnya besar dan mahkotanya tipis, dokter mengambil tindakan cabut gigi, ketika dicabut dengan proses yang lama karena mahkota dan akar terpisah, dan gigi juga rapuh, setelah diusahakan sedemikian, masih terisa 1 akar belum tercabut, karena akarnya sudah kebawah dan akarnya besar, jadi pencabutannya ditunda selama 2-3 bulan, mudah-mudahan akranya bisa ke atas karena bergesernya gigi yang lain. pertanyaannya, bahayakah akar yang tertinggal itu? tindakan apa yang tepat untuk bisa membuat akar tertinggal mudah dicabut. terimakasih 🙏

Benjolan Di Bawah Gusi

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Hai dok saya mau bertanya,di gusi bawah gigi saya itu ada benjolan berwarna hitam itu berbahaya tidak? dan bagaimana cara menghilangkannya?

Gigi Berlubang Hingga Bengkak

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Halo Dok, saya mau konsultasi tentang sakit saya. Jadi saya memiliki gigi berlubang & beberapa minggu yang lalu nyeri tapi tetap saya gunakan untuk mengunyah makanan. Setelah beberapa hari gigi saya mengalami peradangan, & bengkak. Mungkin karena saya gunakan untuk mengunyah makanan yang panas. Nah setelah beberapa hari nyeri nya hilang, tapi bengkaknya tak kunjung hilang. Bahkan mengeras seperti tulang. Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan bengkaknya. Apakah ada obat yang bisa di gunakan? Trimakasih

Gigi Berlubang Ingin Pake Behel

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok saya mau tanya, gigi saya ga beraturan bagian bawah lebih kedepan dari pada yang atas,lalu bagian tengah bawah dua dua nya bolong besar yg gabisa ditembel lagi. Nah saya pengen pakai behel,apa bisa kalo ada gigi tengah yg bolong?

Mengatasi Gigi Yang Rusak

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Selamat malam dokter. Saya ingin menanyakan tentag masalah gigi. Gigi geraham saya pernah retak lalu saya acuhkan hingga kelamaan terkikis dan hancur. Sekarang gigi saya sudah terlepas karena sudah hancur setengah namun akarnya tidak tercabut. Apa tindakan yang harus saya lakukan secepatnya dan apakah akan ada efek dalam jangka waktu pendek yang fatal terhadap saya? Terima kasih

Persyaratan Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok saya akan mendaftar sekolah kedinasan, namun gigi saya ada yang berlubang dan saya berniat untuk menambalnya, kemudian saya mengonsultasikan masalah gigi saya ini ke dokter gigi, kemudian dokter gigi saya menyarankan untuk mencabut gigi saya yg berlubang tersebut karena gigi saya sudah rusak dan tidak layak untuk ditambal, kemudian saya manut untuk dicabut namun gigi yang dicabut itu adalah gigi graham kanan atas, apakah dokter memiliki solusi? Sedangkan pemcabutan atau kehilangan gigi dapat mwngurangi penilaian tes kesehatan di kedinasan

Mengatasi Gigi Yang Hancur Sebagian

Info penanya: Pria, 35 Tahun

Yth dokter Gigi graham atas sy bagian dekat gusi ada yg hilang sebagian/krowak kdg jd sensitif ,sdh pake pasta gigi sensitif tak mempan,sdh sy bw ke drg dan tidak dilakukan tindakan apapun hanya di ksi benang gigi khusus utk gigi berkawat.sy ingin tny bisakah bagian yg krowak dekat gusi ditambal tanpa hrs pasang crown?dan apakah yg krowak klo ditambal sensitifny hilang?terima kasih

Sudah Rutin Menggosok Gigi Tapi Nafas Tetap Tidak Segar

Info penanya: Pria, 19 Tahun

dok, saya mau tanya, saya kan rutin gosok gigi, tapi nafas segar saya hanya bertahan beberapa menit bahkan gak sampe jam, penyebabnya apa ya dok? terus cara mengatasinya gimana dok?

Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Info penanya: Pria, 18 Tahun

Dok, saya Diana umur 18 tahun. Gusi saya bengkak di bagian gusi dikarenakan adanya pembusukan gigi geraham. Tetapi saya hanya merasakan sakit dibagian pembengkakannya saja dok, tetapi di bagian gigi yang busuk tidak merasakan sakit sama sekali. Gusinya merah dan bengkak sehingga membuat pipi juga bengkak dok. Awalnya saya sudah berobat ke puskesmas dan diberi obat amoxcillin, attapulgite dan mefenamic acid. Namun saat saya minum obat itu keesokan harinya pembengkakan terjadi. Selesai dari itu saya berhenti meminum obat yang diberi dari puskesmas dan mencoba kumur kumur air garam dan jeruk nipis. Namun sampai saat ini tak kunjung sembuh. Tolong bantuannya ya dok, saya susah buat tertawa maupun senyum dikarenakan pipi saya sudah bengkak dok. Terimakasih dokter

Mengatasi Gigi Yang Hancur

Info penanya: Pria, 30 Tahun

kenalkan nama saya nurul hidayat.jadi begini dok keluhan saya dok.kami punya gigi ini hancur semua dok apa bila aku cabut semua lalu aku ganti dengan gigi pasu semua bisa apa gak dok dan apakah ada efek sampingnya iya dok.

Keluar Darah Dari Mulut

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok saya mau tanya. Ibu saya tiba2 mulut nya mengeluarkan darah segar tp GK tau pastinya dari gusi atau dari gigi? Kira2 ke apa ya dok. Dan berbahaya kah?

Gigi Ingin Terlihat Putih

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

Dok, saya mau tanya. Bagaimana ya cara supaya gigi saya jadi putih, soalnya gigi saya warnanya agak kuning gitu. Terima kasih sebelumnya :)

Luka Bekas Pencabutan

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Dok, saya baru saja mencabut gigi geraham sebelah kiri sekitar 2 minggu yg lalu. Kondisinya saat ini, gusi tsb masih terbuka. Apakah wajar dok? Dan kapan sy boleh menggunakan sisi sebelah kiri tsb utk makan (mengunyah)? Terima kasih dok.

Muncul Bintik Putih Di Lidah

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Salam dok. Saya mau tanya... Sering muncul bintik putih kecil di lidah atas agak tengah, jika tegesek/tersentuh perih dok.. Namun bintik nya sering muncul cuma 1 titik. Kenapa ya dok..?

Rahang Tidak Simetris

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Assalamualaikum dok, saya saat kecil dipaksa orang tua pakai behel karena kondisi gigi saya yg gingsul pada ke empat gigi taring, lalu dokter gigi nya mencabut gigi taring atas sebelah kanan dan gigi taring bawah sebelah kiri. baru baru ini saya membaca bahwa pencabutan gigi taring menyebabkan rahang yg tidak simetris, dan saya menyadari bahwa rahang saya tidak simetris sudah lama sekali namun baru menyadari penyebabnya. apakah ada cara untuk membetulkan ke tidak simetrisan rahang saya? terimakasih dok.

Syarat Masuk TNI/POLRI Dalam Kesehatan Gigi

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok berapakah maksimal gigi yg hilang atau di cabut untuk masuk polisi..

Rahang Sulit Untuk Mengunyah

Info penanya: Pria, 43 Tahun

Dok..! saya punya masalah dengan mulut.1.Kalau saya sedang makan,nasi yang saya kunyah seharusnya terkunyah semua oleh gigi.Tapi Akhir-akhir ini ada segian kecil jatuh ke sela2 antara gerahan dan dinding pipi itu di sebelah sehingga amat tidak nyaman.akhirnya saya mengunyah makanan pakai mulut sebelah kiri saja.2.kalau saya kumur2 tidak bisa sempurna.sebagian air keluar lagi dari mulut saya.mohon penjelasannya. terima kasih.

Gigi Terasa Nyeri

Info penanya: Pria, 24 Tahun

Selamat malam dok, saya punya keluhan denyut di gigi tp ga sampek saraf. sbelumnya akar gigi kurang kuat krn stengah patah jd uda dirawat sampek kuat lg giginya terus di tambal biar rapi, sebulan lebih stelah itu tiba tiba denyut di gigi tp trkadang dn gak sampek ke saraf denyutnya. sudah seminggu dok, kira kira apa penyebabnya dan bagaimana buat menghilangkan rasa sakitnya ya dok?

Tambalan Gigi Lepas Dan Berubah Warna

Info penanya: Pria, 18 Tahun

dok, saya punya keluhan tentang gigi saya yang membuat saya tidak Seiring berjalannya waktu, tambalan yang ada pada sebelah kiri terlepas dan saya akhirnya mengganti tambal baru di dokter gigi yang ada si puskesmas terdekat. Lalu lama kelamaan tambalan saya yang berada di ujung sebelah kanan dari gigi depan ini mulai berubah warna menjadi abu abu dan setengah gigi saya berwarna abu abu seperti ada karang didalamnya. pertanyaan pertama saya, dok apa bisa gigi saya diperbaiki lagi? pertanyaan kedua saya berapa lama tambalan gigi saya akan bertahan jikalau saya tambal ulang lagi? pertanyaan ketiga, saya berencana merapihkan gigi saya dengan memakai behel, apa bisa saya membehel gigi saya dalam keadaan ada tambalan? dan saya minta solusi terbaik untuk saya harus apa, karna jujur saya sangat tidak percaya diri dengan keadaan gigi saya yang seperti ini. Terimakasih banyak dok atas perhatianya

Ingin Memasang Behel

Info penanya: Pria, 18 Tahun

misi dok, kan saya mau pasang behel tapi gigi seri saya ompong gitu gimana dok??

Benjolan Di Gusi

Info penanya: Pria, 20 Tahun

selamat siang dok, saya mau bertanya digusi sebelah kiri atas saya dan di bawah bagian dalam ada benjolan sudah hampir 1 tahun lebih tidak hilang2 ,kadang suka kempes sendiri nanti ada lagi hampir setiap hari dan selalu keluar warna putih seperti nanah gitu dan darah dan menjadi ngilu ke semua gigi , sudah periksa ke dokter katanya radang gusi tapi sampai sekarang tidak sembuh2 , bagaimana lagi dok solusinya.

Biaya Operasi Bibir

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Dokter saya memiliki mslh estetika. Senyum saya memperlihatkan bagian gusi yg lebar.dan divonis harus operasi lip repositioning surgery . Kira2 berapa biayanya dokter. Trimakasih

Keluar Darah Dari Mulut

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Slmt mlm dok saya ingin bertanya tadi pagi ada teman saya yg mengeluarkan darah dari mulutnya tapi dia tidak batuk maupun sedang sakit keras. Itu penyebabnya apa dok dan penanggulangannya bagaimana. Saya mohon responnya dok, dan bantuan untuk menjawab pesan saya ini Terima kasih