Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Hernia Inguinalis Kambuh

Info penanya: Pria, 34 Tahun

Dok. Saya baru 12 hari operasi hernia inguinal (operasi terbuka). Pasca operasi saya "tidak" melakukan kerja berat, mengejan berlebihan, ataupun kegiatan yang memungkinkan kambuh kembali. Tapi sudah 2 hari ini ada rasa pada perut bawah seperti hernia kambuh kembali dan ada sedikt rasa pada kantung zakar seolah kembali membesar. Selain itu ada sedikit darah & cairan yg keluar dari bekas operasi, saya khawatir terjadi infeksi, padahal sy suda mengganti perban & ikuti anjuran dokter. Pertanyaannya apakah rasa yg saya alami karena hernia kambuh kembali atau efek terjadinya infeksi pada bekas operasi? "Jika" hernia kembali pada kondisi baru selesai operasi (luka operasi belum sembuh),apakah saya harus operasi lagi dok? Apa yg harus saya lakukan? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih banyak.

Perawatan Luka Pasca Operasi

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Dok bagaimana membersihkan luka dengan betadine di bagian jahitan selepas operasi?

Gangguan Saraf pada Jempol Anak

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Assalamu'alaikum dok saya mau tanya tentang anak saya anak saya sekarang usia 3thn dan yang saya mau tanyakan, tangan kanan anak say di bagian jempol lemes bngt dr lahir dan klo makan apa2 hrs menggunakan tangan kiri, apakan jempol anak saya bisa di oprasi atau di lakukan tindakan apa biar bisa sperti anak2 yang lain, q kasian bngt ntr klo udah besar nulisnya jg pakek tangan kiri apa2 tngan kiri, mohon jawabannya dok terimakasih wassalamu'alaikum

Seputar Tumor Leher

Info penanya: Pria, 44 Tahun

dokter saya mau bertanya, kemarin istri saya di periksa di labor PA, karena di curigasi adanya tumor di leher. Setelah di lakukan pemeriksaan kesimpulan dokter seperti ini : KLINIS : Regio coli dekstra. Benjolan di leher kanan sejak /- 1 minggu lalu. Awalnya benjolan sebesarkelereng, sakit. Berat badan dan nafsu makan tidak ada keluhan. Pasien sudah berobat dandiberikan obat antibiotika /- 3 minggu, tetapi benjolan menetap. Riwayat tumor dalam keluargadisangkal. Riwayat kontak dengan pasien TBC paru disangkal.MAKROSKOPIK : Benjolan multipel di regio coli dekstra, ukuran /- 2x1x1 cm, mobile, padat-kenyal, sakit, permukaanrata, dilakukan FNAB: Aspirat kemerahan /- 0,4 cc, dipulas Giemsa.MIKROSKOPIK : Sediaan sitologi FNAB berasal dari regio coli dekstra menunjukkan sel-sel limfoid tersebar, terdiridari berbagai derajat maturasi dengan sel limfosit matur dominan. Diantaranya didapatkankelompokan sel epiteloid dan histiosit. Latar belakang debris-debris nekrotik, matriks jaringan ikat,leukosit PMN dan eritrosit. Ditemukan sel berinti atipik. KESIMPULAN : Sitologi FNAB regio coli dekstra: Ditemukan sel berinti atipik, pendapat: dapat sesuai untuk radangkronik granulomatosa, dipikirkan suatu Limfadenitis tuberkulosa dengan sel atipik. DD/ Hiperplasiareaktif.Catatan : Sel berinti atipik kemungkinan adalah suatu sel reaktif.ANJURAN :Follow up pasien dan pemeriksaan ulang biopsi 3-6 bulan kemudian setelah terapi. Untuk itu mohon penjelasannya

Merawat Kulit yang Robek

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Apa obat dalam untuk kulit yang robek terkena serpihan kaca? (Untuk tidak infeksi) & meringankan sakit

Nyeri pada Anus

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

apa obat untuk nyeri pada anus

Benjolan di Ketiak

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok kenapa saat saya sesudah di infus karna proses melahirkan secara caesar di ketiak saya muncul benjolan besar.tapi setelah saya kompres dengan air panas benjolan itu kempes.bila di raba lagi masih ada benjolan saat di tekan tidak keras dan tidak sakit.saya takut kalau itu penyakit yang serius dok.

Kesuburan setelah Operasi Varikokel

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok temen saya tanya apa verikokel sudah 5 tahun dan sekarang sudah sembuh berkat operasi bisa sembuh dah bisa punya keturunan? Mohon penjelasannya

Nyeri Perut Kanan Bawah

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dok, saya sudah 1 minggu merasakan sakit perut di sebelah kanan baawah, tapi dulu saya sudah pernah operasi usus buntu 8 tahun lalu. sakit perut sebelah kanan ini kadang rasa sakit nya berubah ubah, kadang sakit kadang berkurang dan bikin saya tidak nyaman. perut saya sering kembung dan berbunyi bunyi, serta pinggang saya sebelah kanan belakang juga ikutan nyeri. kira - kira ini gejala apa ya dok?. terimakasih dok

Abses Anal

Info penanya: Pria, 48 Tahun

Selamat Pagi Dok Saya mengalami abses di bagian anus kondisinya 1 bulan yang lalu sudah pecah tetapi sampai saat ini masih mengeluarkan nanah. Mohon saran Dokter obat apa yang harus saya konsumsi?

Benjolan di Ketiak

Info penanya: Pria, 15 Tahun

benjolan di ketiak

Kaki Diabetes

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, ibu saya ada infeksi di kakinya dan diabet. Kakinya bengkak. dan akhirnya dioperasi debridement (tdk ada pengangkatan). Proses pemulihan pun berangsur baik, dan luka2 sayatan sudah mengering. Tetapi area kulit yang sebelumnya mengalami pembekakan masih berwarna gelap seperti gosong, apakah itu normal atau ciri ciri tidak adanya aliran darah ya dok? Tetapi telapak kaki ibu saya sudah berganti kulit ..

Perlukah Fisioterapi Dilanjutkan pada Tendinitis?

Info penanya: Wanita, 46 Tahun

Awal 2020 sy mengalami nyeri disekitar lengan atas bagian luar, didiagnosa nyeri bahu RCT oleh sp Rehabmedik. Sy rontgen tp kondisi tulang terlihat baik. Fisioterapi sekitar 15x berhenti diawal pandemi Maret 2020. Rasa nyeri berkurang tp gerakan terbatas, blm normal, seperti mengangkat tangan keatas, kebelakang, tidur miring kekiri, dsb. Juli sempat Fisio sekitar 8x, berhenti, lanjut kembali Nov & Des 2020 sebanyak 12x. Diagnosa dari sp Rehabmedik,tendinitis. Saat ini blm ada perubahan signifikan utk keterbatasan gerak, sy sering merasa nyeri/ngilu menyertai gerakan2 tsb diatas. Baru bulan depan sy dpt jadwal konsul dgn sp Ortopedi. Apakah selama menunggu ini sy lanjutkan saja Fisioterapi? Obat nyeri yg sy minum jika tdk tertahan hanya Ibuprofen max 2x sehari krn maag & kadang disertai eperison. Sy cukup kawatir kedepannya kondisi tendon bahu ini bisa normal kembali atau tidak, mhn pendapat dokter. Terima kasih.

Benjolan Pada Siku

Info penanya: Pria, 0 Tahun

saya memiliki benjolan di siku kanan dan kiri, kemungkinan besar itu lipoma. apakah kalau di oprerasi itu harus di bius tosal ?, dan apakah kalau pengobatan ada tanpa operasi ?

Luka Bekas Operasi Merembes

Info penanya: Pria, 21 Tahun

habis operasi usus buntu kenpa ya dok keluar cairan putih dok kayak nanah tapi gak bauk tapi rembes gt dok

BAB darah, mata kunang

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Dok mau tanya , jika mengalami mata kunang2, muntah , dan bab keluar darah itu sakit apa? Bagaimana solusi nya?

Apakah Prosatitis Bisa Disembuhkan?

Info penanya: Pria, 46 Tahun

sudah 2 minggu saya rasakan nyeri bagian pangkal kemaluan setelah kencing apakah saya kena sakit protatitis krn 4 bln kemaren saya usg saya terkena protatitis non bakteri..apakah bisa disembuhkan dok

Seputar Benjolan Ketiak

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Saya ada benjolan di bawah ketiak,apa maksudnya,thanks

Kemungkinan Terkena Usus Buntu

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

saya akhir akhir ini merasa perut saya terasa sakit, kadang kalu sehabis makan juga agak mual, kalo berjalan perut jadi sakit banget, sebentar sakit lalu sebentar lagi engga. lalu saya coba search di google saya coba cocokan gejala usus buntu dengan sakit perut yang saya alami dan itu persis banget dok, jadi apa kemungkinan saya usus buntu ya?

Penanganan luka

Info penanya: Pria, 11 Tahun

siang dok saya mau tanya waktu saya umur 9 dulu saya pernah keracunan mie instan yang menyebabkan tubuh saya lebam dan berborok dok dan lebamnya pum belum hilang smpai sekarang,,saat kemarin saya ada acara makan bersama saya makan ayam dan saat pulang lebab sya menjadi benjolan yang berisi air yang akan menjadi borok sperti saya keracunan dulu,,,ini dikasih obat apa ya dok agar sembuh total............terima kasih

Kanker Payudara Stadium Awal

Info penanya: Pria, 27 Tahun

dok saya mau tanya klaw kangker payudara stdium awal lebimudah di sembuhkan dok ,

Nyeri Perut Kiri Bawah Disertai Benjolan

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Dok, ayah saya menderita batu empedu. Perut bagian kiri bawahnya sering sakit dan timbul benjolan di bagian sakitnya tersebut dan rasa sakitnya luar biasa.. kira-kira itu sakitnya dikarenakan batu empedu apa faktor lain ya dok?

Teraba Gumpalan pada Testis, Normalkah?

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Dok saya mau nanya,saat saya rambah testis pas di bawah testis sebelah kiri ky ada gumpalan cacing tp di sebeleah kanan baik² saja,itu kenapa yh dok?padahal umur 17 th

Apakah Digigit Anjing Pasti Rabies?

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Selamat Malam dok, Saya ingin bertanya. hari minggu kemarin saya di gigit anjing. luka nya tidak dalam, hanya seperti goresan yang kurang lebih seperti orang jatuh atau terpeleset di jalan. pada waktu di gigit, luka nya tidak mengelurakan darah, dan hanya seperti tergores gigi nya saja, lalu saya cuci dengan air bersih luka tersebut. apakah ini masih berpotensi terkena rabies? mohon bantuannya dok, saya sering merasa takut karena takut terjadi apa apa pada saya.

Kanker payudara menurun?

Info penanya: Wanita, 15 Tahun

dok saya mau nanya. mama saya kan dulu kanker payudara. tapi sekarang sudah di operasi, dan sudah sembuh. nah penyakit kanker itu bisa menurun ke anak gak ya dok?

Ambeien tidak dapat masuk lagi

Info penanya: Pria, 49 Tahun

Pak/Bu dokter sudah 5 hari(sejak 11/12/20) ambeyen saya tidak masuk lagi, padahal biasanya bisa. Selama 5 itu juga kencing saya terganggu, hari ini saya inisiatif membeli obat "ambeven", tetapi ada sedikit kesalah pahaman dari istri saya, dia bilang minum rendaman air bawang putih sbg obat antibiotik alami, alih2 menjadi lebih baik, kencing saya menjadi lebih parah, urinnya berwarna merah dan ada gumpalan, pada saat bersamaan obat ambeven sudah datang tapi belum saya minum, khawatir ada efek samping pada ISK, sekarang saya minum air putih dulu yg banyak dan mengkompres pakai air hangat. Pertanyaannya: yg hrs dikompres air hangat bagian apanya, dan apakah aman kalau saya meminum obat ambeven? Terima kasih atas perhatiannya.

Cara Mengatasi Wasir

Info penanya: Pria, 33 Tahun

Dok saya mw tanya Saya punya riwayat batu gin tp sudah keluar dok Nah sekarang saya punya wasir klo BAB kluar darah,,,apakah bisa dok saya pakai VENOSMIL mohon solusinya dok

Perawatan Luka Operasi Fistula Ani

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Selamat malam dok,saya mau tanya. Saya habis operasi fistula ani tanggal 23 september kemarin. Setelah operasi saya rutin berendam air hangat dan dettol antiseptik selama 3 kali sehari. Selama pemulihan pasca operasi tidak ada keluhan apa-apa. Yang mau saya tanyakan,kenapa kok sampai saat ini sudah 1 bulan lebih luka bekas sayatan operasinya belum sepenuhnya timbul yah dok?

Benjolan di Leher

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Selamat malam dokter. Saya mau tanya terkait keluhan saya pasca tipes 4 tahun yang lalu. Setelah sembuh dari tipes, muncul benjolan di leher kiri saya. Tapi tidak sakit dok. Sakit jika hanya di malam hari saja. dan diwaktu2 tertentu. Karena tidak sakit, saya biarkan sampai sekarang. Beberapa kali sempat hilang, tapi muncul lagi. Kadang benjolannya bertambah besar dan bertambah di kiri dan kanan. Dan kepala belakang saya seperti ditarik dan keram. Saya juga tidak bisa terlalu lama duduk/berdiri dok. Kadang sampai keringat dingin dan pucat dan hampir hilang kesadaran. Saya pernah konsultasi ke dokter, dan dokter bilang gapapa. Dan saya dikasi obat resep nya. Tapi malah jadi alergi dan gatal2. Saya stop dan saya gak konsumsi obat lagi dan juga gapernah Konsul lagi. Kira2 knpa ya dokter? Mohon bantuannya

Benjolan di payudara setelah terbentur

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Assalammulaikum Dok,saya mau bertanya. Terdapat benjolan di payudara saya dok,di karenakan jatuh dari motor dan payudara saya terbentur setang motor dok, benjolannya padat dok tetapi tidak sakit,apa kah itu berbahaya ya dok?? Bagaimana ya dok menyembuhkan benjolan tersebut?.. Terimakasih🙏

Luka Bakar

Info penanya: Wanita, 20 Tahun

Saya beberapa minggu lalu sempat kena luka kena knalpot motor sudab kering dan mengelupas namum muncul bruntus dan sekarang malah jadi luka yg berair gimana solusinya ya dok

Seputar Keloid

Info penanya: Pria, 19 Tahun

Hallo dok,,, saya mau tany, saya umur 19 thn saya punya benjolan di telinga bekas di tindik.tindikannya agak besar dan saat menindiknya tidak higenis karna saya melakukannya sendiri dan memperbesar lubang tindikannya dengan cara memakai sedotan yang di potong potong,dan saat masih belum kering atau masih bengkak saya memutuskan untuk tidak memakai tindik lagi,saat proses pengecilan lubang atau penyembuhan terasa gatal dan sering mengelupas bagian yang kering dan saya juga sering iseng memaikan telinga seperti memasukan batang korek api kelubang yang belum sembuh,,,,dan sekarang kurang lebih dari waktu itu sudah hampir kurang lebih 3/4 taun yang lalu dan texture dari benjolannya agak lembek tapi ada juga bagian yang agak padat tapi ketika sering di sentuh suka jadi agak padat seteleh itu lembek kembali dan juga tidak terasa sakit,dan saya pernah melakukan pengobatan dengan cara mengoleskan bawang putih dan malah terjadi seperti terbakar,,bagaimanakan cara pengananan yang benar untuk menghilangkan benjolan tersebut?apakah perlu operasi?jika iya saya harus konsultasi kemana?

Undescended Testis

Info penanya: Pria, 17 Tahun

Saya Pengidap Kelainan pada Testis (Undescended Testis)yang dimana mengobatinya di usia balita dengan cara dioperasi.Apakah Boleh melakukan Operasis Undescended Testis pada usia dewasa dan dampak buruknya bagi tubug

Sunat klemp

Info penanya: Pria, 34 Tahun

Assalamualaikum dok selamat siang saya ingin bertanya terkait metode sunat klemp, resiko apa saja yang dapat ditimbulkan dri metode ini? krena bnyk brita yg bkin saya ragu utk sunnat anak saya dg metode ini - ada yg mengatkan klo udh besar ad kemungkinan posisi penis kembali sperti semula (seprti seblm disunat) karena metode ini di klem/dilem - ada yg bilang tdk aman akan mengganggu perkembangn penis itu sendiri mhon penjelsannya terima kasih

Benjolan Di Bawah Dagu

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Dok saya mau tanya, dibawah dagu saya ada benjolan kalau di pegang lumayan sakit lumayan mengganggu juga

Kuku Menghitam Setelah Terkena Palu

Info penanya: Pria, 31 Tahun

Malam dok saya mau nanya jari tangan saya kan kena palu langsung bengkak dan nyeri hari kedua nyeri nya ilang tp mash bengkak dan ada warna hitam di bawah kuku bahaya gk dok dan brapa lama warna hotam bisa hilang di bawah kuku saya makasih

Mengatasi Wasir

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

dok mau nanya kan saya penderita wasir terus kemarin saya bab ternyata bab saya keras kalo saya maksa atau mengeden untuk keluarin bab saya yang keras serta saya penderita wasir itu akan lebih buruk nggak dok , serta obat untuk pelembut bab dan nyeri itu bagusnya apa ya dok terima kasih

Bengkak Di Sekitar Anus

Info penanya: Pria, 37 Tahun

nyeri dan pembengkakan akibat ngeden... Dok...saya mau bertanya akibat ngeden terlalu kuat dan mengakibatkan nyeri sakit dan pembengkakan atau tenggang di bibir anus tapi tidak sampai mengeluarkan darah( hanya nyeri dan bengkak di bibir anus ) mohon bantuannya terima kasih

Air Mani Keluar Terus dan BAK Berdarah

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Malam dok saya mau bertanya penyebab keluarnya air mani terus menerus dan pipis saya sempet berdarah itu kenapa ya?apakah ada cara pencegahannya mohon bantuannya dok makasih

Biaya Operasi

Info penanya: Wanita, 46 Tahun

Berapa kisaran biaya operasi DJ Stent

Luka di Leher

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dokter saya mau tanya mengenai suatu kasus dimana ada seseorang yang dibegal lehernya terkena gorokan sedalam 3 cm tetapi dia tidak meninggal kok bisa ya dok? Lalu dia mengalami tidak bisa bicara itu juga kenapa ya dok? Terimakasih

Luka Bacok Leher

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dokter saya mau tanya mengenai suatu kasus dimana ada seseorang yang dibegal lehernya terkena gorokan sedalam 3 cm tetapi dia tidak meninggal kok bisa ya dok? Lalu dia mengalami tidak bisa bicara itu juga kenapa ya dok? Terimakasih

Seputar Benjolan di Kulit

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Dok Anak saya yg masih Bayi berusia 17 bulan seperti ada benjolan kecil dibelakang Telinga dan dibelakang kepala... Apakah itu berbahaya...??? Mohon penjelasannya

Luka tergores gigi anjing

Info penanya: Pria, 19 Tahun

halo dok. saya mau bertanya, anjing saya bermain dengan saya, tidak sengaja tulang kering saya kena gores gigi anjing itu dan luka. memang tidak dalam sih, apa bagian tulang kering itu beresiko untuk kena penyakit akibat gigitan anjing?

Benjolan pada Siku

Info penanya: Pria, 64 Tahun

Saya ada benjolan lunak disiku kiri ,apakah harus diambil tindakan operasi,benjolan cukup besar tapi tdk sakit

USG Payudara

Info penanya: Pria, 36 Tahun

Halo Dokter.. Saya mau bertanya hasil USG Mamae istri saya yaitu sbb: Tampak lesi hypoechoic tepi agak irreguler di jam 12:2 mamma kiri,ukuran 0.64x0.62 cm. Tidak tampak lesi solid maupun cystic pada mamma kanan. Tidak tampak pembesaran KGB Axilla. Conclusi dari dokter radiologi nya: Lesi solid mamma kiri. Kemungkinan maligna belum dapat disingkirkan. Apa tindakan yang harus diambil ya Dok? Terimakasih Salam Herman

Kolostomi

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Siang dok, Ibu saya 1 bulan yang lalu selesai operasi tumor usus, dan sementara menggunakan kantong kolostomi, hari ini merasakan ingin BAB lewat anus, apakh itu tidak apa-apa?

Memperbesar/panjang mr.P

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Dok,,gimana ini cara memperbesar/panjang mr.p secara baik dan sehat

Bibir Sumbing dan Disabilitas

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Bibir sumbing termasuk disabilitas atau tidak dok?

Seputar Wasir

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Dok saya penderita wasir mau nanya wasir ini dapat sembuh nggak dok. terus saya mau nanya tantangan makanan untuk penderita wasir apa ya dok kalo saya makan nasi gemuk itu bisa nggak dok terimakasih

Penyebab Benjolan di Area Klitoris

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dok, klitoris saya sudah seminggu ini gatal tapi hanya di sebelah kiri saja, dan tadi saya lihat yg kiri itu agak benjol. Penyebab gatal apa ya dok? Mohon infonya

Kulit setelah sunat

Info penanya: Pria, 33 Tahun

kenapa saya bru sunat tp kulitnya jd td sampe belakang kepala penis...malah jd tidak bisa d tarik sampe belakang kepala penis seperti sblm d sunat

Ukuran Buah Zakar Besar Sebelah

Info penanya: Pria, 25 Tahun

dok kenapa buah zakar saya besar sebelah ya

Benjolan di Payudara

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Maaf dok, saya ingin tanya, kenapa ya ada benjolan di payudara kanan saya semakin lama semakin membesar,apakah itu kanker?

Bekas Luka Teraba Keras

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Mlm dok..seminggu yang lalu anak saya digigit kucing liar..tapi pas kegigit lansung saya bawa kedokter.. Bekas gigitannya uda sembuh tpi kalo diraba Seperti mengeras didalam itu kenapa ya?? Apa perlu berobat lagi

Sering nyeri payudara dan mengeluarkan cairan

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Saya sering merasakan sakit tiba tiba pada payudara sebelah kanan rasanya seperti ketusuk jarum dan kadang mengeluarkan cairan berwarna bening

Mengganti Perban Luka Sendiri

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Maaf Dok,Mau tanya Saya kemarin habis kontrol,setelah pulang tiba" keluar darah terus tpi tdk terlalu banyak,tapi terus -menerus.Apakah bisa diganti perban sendiri tanpa datang ke dokter?

Benjolan di bawah ketiak

Info penanya: Wanita, 3 Tahun

bejolan di bawah ketiak

Infeksi Kuku Jempol

Info penanya: Wanita, 40 Tahun

Permisi Dok, jadi ada masalah pada kuku jempol tangan kanan saya. Sebelumnya saya membersihkan kotoran jari jempol saya, lalu lama kelamaan kotoran itu menyebar hingga ke tengah kuku jempol saya, dan terasa sakit Dok. Apakah solusi yang sebaiknya saya lakukan Dok, apakah saya harus memotong kuku saya hingga ke tengah dimana kotoran tersebut berada, sehingga kotorannya dikeluarkan atau bagaimana Dok? Sekian Dok pertanyaan saya. Terima kasih.

Benjolan di ketiak

Info penanya: Wanita, 17 Tahun

Jadi gini dok, di ketiak saya ada 2 benjolan dan setiap saya kecapean selalu membesar, namun yang satu kadang ada kadang ilang, nah yang satu itu membesar dan suatu saat keluar cairan putih seperti nanah, setelah 3 hari berturut2 keluar cairan itu, akhirnya benjolan tsb hilang. Ga lama dari hari itu, muncul benjolan lagi di ketiak yang satunya, nah keluar cairan seperti benjolan yang awal juga, tapi pas di pencet karena saya pikir biar cairannya habis dan benjolannya kempes cepet, tapi malah ada semacam gumpalan daging yang keluar dok, dan itu masih menyatu sama daging yang di dalem, tiap harinya daging itu saya tutup pakai kain kasa dan saya kasih salep, tapi ga kering2 dan perih terkadang juga keluar darah. Itu kenapa ya dok? Dan harus bagaimana