Sukses

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

Anak Diare, Demam, dan Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 16 Tahun

Halo dokter, Saya memiliki adik berumur 4 tahun yang sudah 2 hari terkena diare, kemarin suhu badannya mencapai 39℃ namun hari ini sudah normal kembali, selain itu dia suka mengeluarkan air liur tiba-tiba. Apakah ada saran untuknya? *pada seminggu sebelumnya dia jarang makan, namun makan es krim bisa 3x sehari

Anak BAB dan Konsumsi Susu Formula Non Lactosa

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Selamat siang dok.. Aku ingin nanya nih dok Tgl 30 kemarin anakku yg usianya 3bulan diare dok Disarankan susu diganti yg Non Lactosa..dari kemarin si dd BAB nya sudah berkurang sehati hanya 3x tapi pupnya masih cair dan berampas Hari ini si dd baru pup 1x dan sudah mulai baik Yg saya ingin tanyakan nih dok susu formulanya masih aku kasih yg Non Lactosa atau balik minum susu yg awal sebelum diare? Mohon informasinya dok

Anak batuk lama

Info penanya: Wanita, 46 Tahun

Halobdok anak sy sdh hampir 4 bln batuk nya tdk sembuh2 sdh ke dokter ktnya ada bakteri ada jg yg blg bronhitis dan sdh di beri obat tpnobat nya tdk ada yg cocok mohon penjelasannya dok

Anak Sering Bersin

Info penanya: Pria, 6 Tahun

Anak saya sering bersin bersin,sehari bisa beberapa kali.itu sdh berlangsung lama.seingat saya dr bulan maret sampai sekarang.mohon penjelasannya🙏

Kotoran Hidung Mengeras

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dok,anak sy umur 7bulan kotoran hidung sebelah kiri keras dan berdarah...saat ini sy tgl di mgl,tp 2mnggu yang lalu sy ke pekalongan yg udaranya panas dan berdebu..mulai saat itu hidung anak sy jd kyk gt..apakah berbahaya dok??

Gatal di Kulit Anak

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Dok mau tanya anak saya kulit nya merah kayak scabies awal nya muncul di pipi skrg di punggung baik nya pake salep apa ya dok ? 🙏

Penanganan Demam Bayi

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Selamat pagi dok .. saya mau tanya .. anak saya berumur 8 bulan .. bolehkah anak saya minum air kelapa muda .. di krnakan demam dok .. apakah boleh dok ??

Obat untuk Bayi 4 Bulan dengan BBLR

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Saya punya bayi umur 4 bulan,dia lahir BBLR dengan berat 2,3kg. Setelah lahiran di RS pas pulangnya saya diberi obat supralysin drop dok.. Tapi saya baca aturan pakai minimal untuk anak usia 6 bulan ke atas, jd sampai sekarang tidak saya beri obat itu untuk anak saya. Apakah obat itu boleh diminum untuk anak di bawah 6 bulan? Karena anak saya kurus, beratnya dibawah rata rata dok..

Bayi Jarang BAB, Apa Penyebabnya?

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Ass.. Dok,saya mau tanya dok,anak saya umur 1 bulan 2 minggu,kenapa ya dok kok bab nya (buang air besar) sekarang jarangan / belum an yah? Kira2 3/4 hari gak bab" dok,itu kenapa ya dok? Bab nya mencret berbiji sprti biji cabe.

Benjolan Perut Kiri Anak, Apa Penyebabnya?

Info penanya: Wanita, 36 Tahun

Dok anak saya seperti ada benjolan di perut sebelah kiri,agak sedikit keras dan seperti membengkak,anak saya umur 3 bulan dok,kira kira anak saya terkena apa ya dokter?

Anak susah makan

Info penanya: Wanita, 38 Tahun

Dok.sya mau tanya sekarng umur ank sy sdh 2 thn tapi kog susah makan ya

Buah zakar Anak besar sebelah

Info penanya: Wanita, 27 Tahun

Halo dok. Saya mempunyai anak laki laki usianya 3 tahun. Buah zakar nya itu besar sebelah, apakah berbahaya?, walaupun anak saya tidak pernah mengeluh apapun tpi saya khawatir. Tolong penjelasan nya. Terima kasih

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Dok mau tanya gimana cara menghilanhkan hidung tersumbat pada bayi... kasihan dok sulit napas

Anak Memasukan Tangan, Wajar Atau Tidak?

Info penanya: Pria, 1 Tahun

Kenapa anak saya sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya hingga muntah

Benjolan di Kepala Bayi

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok, anak saya baru lahir bulan kemarin dan di bawah bantal nenek nya menaruh beras dalam kantung plastik dengan maksud agar kepala anak tidak peyang ,tpi yang terjadi kepala anak jdi ada lingkaran merah dan benjol

Demam Pada Anak

Info penanya: Pria, 34 Tahun

Mf dok anak saya umur 7bulan. Skrg lg demam. Panasnya tinggi di kepala. Udah jalan 3hari ..saya udh minumkan obat sanmol untuk bayi. Tp panasnya tidak kunjung reda. Apa yg harus saya beri biar anak sy sehat kembali

Perlukah Konsumsi Susu Formula untuk Menambah Berat Badan Anak?

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Untuk SpA maa dokter mau tanya anak saya usia 7bulan bb 9,0 kg tb 80 cmmasuk berat kurang atau tidak ya dok dulu lahir bb 2300 di usia 38mg Jika masuk gizi kurang perlukan susu khusus untuk membantu menambah berat badan nya? Terima kasih

Anak Demam, Muka Merah, Sakit Perut

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Dok, anak saya laki2 usia 4th. Siang tadi tidak apa2. Atau tdk menunjukkan hal yang aneh. Pukul 8 malam tiba2 badan nya panas, muka merah dan merasa bahwa perutny sakit apakah afkmasa

Anak Belum Bisa Berjalan dan Berdiri Sendiri

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Malam dok, anak saya 16 bulan blm bisa jalan, n brdiri sndri, apakah sy harus terapi? Maksih

Memilih Susu Formula

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Merek susu formula yang baik untuk anak usia 2 tahun

Batuk Berdahak Tidak Kunjung Sembuh, Bagaimana Solusinya?

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

Dok, anak saya 5 tahun 8 bulan uda dari bulan 2 batuk ga sembuh2, bulan 2 ada ke 2 dokter semua obat juga uda dimakan tapi masih ga sembuh, kadang cm batuk sehari 1 atau 2 kali, kadang batuk nonstop. karena lagi covid jadi takut ke rumah sakit. Batuk nya berdahak dok. Tolong dokter bisa kasih saya solusi agar anak saya cepat sembuh. Terimakasih banyak dokter.

Ruam Merah pada Pipi Bayi yang Berubah Jadi Belang

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Anak saya umur 2 bulan. Terkena ruam di mukanya. Atas saran teman disuruh pakai healing salve. Awalnya normal saja. Tapi lama-lama kulit mukanya jadi mengelupas. Dan sekarang kulit mukanya jadi belang. Yang kena ruam jadi lebih putih. Harus pakai apa ya biar ruamnya sembuh dan kulit mukanya tidak belang lg

Anak BAB Padat Akibat Susu Formula

Info penanya: Pria, 26 Tahun

Dok saya punya anak bayi perempuan usia 2 bulan kemaren ini dia diare saya berikan susu morinaga NL 33, skrng diare nya sudah berhenti dok apa minum susu nya tetap di lanjutkan atau di berhentikan dok, karena pup anak saya seperti pup orang dewasa dok kalau tetap di lanjutkan minum susu nya apa pup anak saya nantik semakin keras atau ngak dok ?

Bayi Tidak Buang Air Kecil Saat Tidur Malam

Info penanya: Pria, 29 Tahun

Mau tanya, dok kalau bayi 2 bulan tidak pipis sama sekali saat tidur malam, apakah wajar..? Namun saat bangun siang hari lumayan sering pipisnya.

Telur Untuk Bayi

Info penanya: Pria, 30 Tahun

Selamat pagi dok? Saya punya baby nyoba" dkasih telur ayam jawa punya sendiri setengan matang , dah hasilnya suka . kira - kira boleh apa tidak ? Kalo boleh baiknya diakasih berapa hari sekali dok? Terimakasih semoga dokter ttp dkasih kesehatan amin

Benjolan di Dubur Bayi

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

adik saya berusia 1 tahun ada benjolan di dubur apakah itu semacam ambeien? lalu penanganannya bagaimana

Kejang pada Anak

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Dok.. Saya mau bertanya anak saya Rabu malam step .. saya trauma dan khawatir terulang lagi.. namun saya berharap semoga gak akan terulang lagi dikemudian hari.. bagaimana cara agar anak saya tidak step dikemudian hari dok? Anak saya usianya 20 bulan..

Anak 18 bulan Tidak Mau Minum ASI dan Sufor

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Hallo dok .. saya mau tanya anak saya bayi 18 bulan tidak mau minum asi dan sufor .. penganti asi dan sufor yang baik untuk tumbuh kembangnya apa dok?

Anak sulit BAB

Info penanya: Pria, 23 Tahun

Assalamua'alaikum dok Saya mau bertanya.. Anak saya umur 15 bulan sudah 3 hari susah bab..dan kalau mau bab dia selalu mengejan dan nangis tapi tidak keluar Mohon pencerahanya dok Trimakasih

Benjolan di Leher Tidak Terasa Nyeri, Apa Penyebabnya?

Info penanya: Pria, 16 Tahun

Dok saya mau tanya, kan saya sejak bayi ada benjolan di leher yang sangat kecil tapi tidak sakit sama sekali sampai sekarang saya umur 16,kira" itu kenapa ya dok?

Kepala Anak Belum Kuat Usia 7 Bulan

Info penanya: Pria, 32 Tahun

Dok...bayi saya berumur 7 bln.tpi kok kepala nya msh belum kuat....

Penggunaan Gula dan Garam Pada MPASI

Info penanya: Pria, 31 Tahun

Apakah boleh dengan usia bayi 6 bulan makanannya dapat d campur dengan bunbuw sprt bawah gula dan garam utk penambah rasa

Motion Sickness, Penyebab Mual dan Muntah Saat Main Game

Info penanya: Pria, 0 Tahun

Halo dokk ini anak saya laki selalu bermain game terus pusing mual itu cara atasinnya gmn y dok obatnya apa ya mkasihh

Jadwal Imunisasi yang Disarankan Di Masa Pandemi

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Salam sejahtera dokter... Saya Ny. Endah Kumala Sari, dan hendak mengajukan pertanyaan kpd dokter. Setelah anak berusia 9 bulan dan setelah pemberian imunisasi campak, kpn lg dokter untuk imunisasi ulang lagi dokter? Di umur berapakah dpt dilakukan imunisasi ulang setelah usia 9 bulan tsb? Dan pemberian vaksin apa yg tepat untuk memproteksi balita dimasa pandemi seperti saat ini dokter?

Bagaimana Remaja Memiliki Fisik Lebih Pendek Dari Sebayanya?

Info penanya: Pria, 16 Tahun

dok saya umur 16 tahun tapi fisik saya seperti anak smp umur 14 tahunan gimana dong? apakah saya bisa bertambah besar dok ???

Mengatasi Alergi Coklat Pada Anak

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

Anak saya sepertinya alergi coklat, bagaimana cara mengatasinya ?

Mengatasi Anak Susah Makan

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dokter anak saya usia 2 thn 2 bulan. Dia sekarang susah makan, makan cma 4 sampai 5 sendok stiap hari. Tidur malam itu jam 11 dok, gmna ini dok?? Mnta solusinya dokter

Demam pada Anak

Info penanya: Pria, 5 Tahun

Anak saya demam sudah 4 hari, dan sudah saya bawa berobat ke klinik bidan, dan obatnya juga sudah habis, setiap habis minum obatnya demam anak saya hilang dan berkeringat, tetapi tidak lama kemudian demam lagi, ini berbahaya nggak dok..

Demam dan Mulut Pahit

Info penanya: Pria, 8 Tahun

Dok adik saya umur 8th smlm panas tpi ngga tinggi tra ngeluh pada pegel dikaki trs kalo minum air putih rasanya anta(hambar) knpa yah dok trmksih

Batuk PIlek pada Anak

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

siang dok,,, saya mau bertanya obat yg bagus untuk anak usia 3 tahun untuk batuk pilek apa y dok.. soalnya wdh 2 hari ini anak saya batuk pilek. mohon jawabannya y dok

Penyebab Berat Badan Anak Turun

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Hallo dok saya punya anak laki-laki berusia 4 tahun.berat badan anak saya selalu menurun dan saya konsultasi ke dokter anak.dokter tersebut menyarankan agar anak saya di sedot kelenjar juga tes darah untuk mengetahui penyakit nya.apa tindakan tersebut tidak berbahaya dok ?

Tidak BAB pada bayi full ASI

Info penanya: Wanita, 24 Tahun

Siang dok, saya mau tanya. Apa wajar, bayi full asi udah 6 hari gak BAB ? Apakah nanti ketika BAB, kotoran nya mrngeras atau gimana? Trimaksih dok.

Mengatasi Anak Cantengan

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

asslammualaikum dok, saya ingin bertanya perihal kuku anak saya yg berusia 3bulan yang cantengan .. awalnya saya menggunting kuku nya terlalu dalam sehingga mengalami kemerahan dan bengkak, itu bagaimana ya dok untuk mengatasi nya agar segera kempes dan sembuh. semoga pertanyaan saya segera dijawab. terima kasih.

Anak Kutuan, Ini Yang Bisa Dilakukan

Info penanya: Wanita, 34 Tahun

Anak saya kituan obat paling ampuh apa y?

Vaksin lokal vs vaksin impor

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Sore , dok kalau vaksin DPT 1 & 2 pakai yang import ,dan rencana vaksin selanjutnya pakai yng biasa saja , apa bisa dok seperti itu . dan terjadi masalah tidak untuk anti body anak , trims

Seputar Poland Syndrome

Info penanya: Pria, 22 Tahun

halo dok, saya mau tanya, tubuh saya memiliki kelainan poland syndrome dimana dada kanan saya tepatnya di pectoralis bawah tidak tumbuh, bagaimana solusinya? dan jika diperlukan operasi berapa kisaran harganya? terima kasih dok

Anak Dua Tahun Masih Ngeces

Info penanya: Pria, 27 Tahun

Assalamualaikum dok. Saya mau tanya, anak saya sdh 2 tahun 3 bulan tp masih ngences dok. Gimana cara ngilangin encesnya ya dok? Terimakasih...

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Halo dok.. saya mau tanya, anak saya usia 2 tahun,, knp yaa dok, susah banget makan.. udh saya kasih vitamin jg gk ada ngaruh, susu jg udh saya ganti merk pediasure, yg katanya bisa naikin bb n bikin nafsu mkn, tp knp stiap bab slalu berwarna hitam, trus saya ganti susu bebelac 3, babnya udh agak normal.. tp bb nya susah naik.. yg mau saya tanya kn, boleh tidak anak usia 2 tahun saya kasih susu appeton weight gain child yaa dok ??

Demam pada Anak

Info penanya: Pria, 28 Tahun

Pertanyaan untuk anak saya, laki-laki, umur 3 th, badan panas, suhu sekitar 37.5-39C. Tidak ada gangguan pernafasan, tidak beringus, tidak flu, agak susah untuk diajak makan. Panas sudah sekitar 3hari, terhitung dr minggu 28 Juni 2020 apa yang bisa saya lakukan terhadap kondisi ini? dan obat apa yg disarankan bisa diberikan, mengingat suasana pandemi saya menghindari untuk pemeriksaan ke klinik/RS

Anak Terlambat Bicara, Speech Delay atau Autisme?

Info penanya: Pria, 5 Tahun

Anak saya berusia 4,7 tahun. Saya tidak tahu bagaimana menghadapi anak saya. Pada usia segitu, dia belum bisa berkomunikasi dengan benar. Saya pernah berniat untuk membawanya ke rumah sakit tapi orang tua melarang. Tapi, semakin dia membesar, saya semakin khawatir. Anak saya hanya mengetahui sedikit kosa kata. Seperti makan, pipis, makan nasi, dan -maaf- eek. Dia juga bisa memanggil bunda, baba, nenek dan anggota keluarga lain. Ketika kami mengajaknya bicara, dia hanya mengulang apa yang kami katakan. Dia tahu nama-nama benda. Jika hujan dia bilang sambil menunjuk, "bunda, hujan". Ketika ada kucing dia bilang, "Bunda, kucing". Terkadang dia mengoceh sendiri dengan bahasa yang tidak jelas. Dia terkadang memukul orang lain tanpa alasan. Ketika saya marah dengan suara agak meninggi dia pasti bilang, "sayang bunda...sayang bunda" berkali-kali sampai saya juga bilang, "sayang bunda". Dia juga suka menyusun barang-barang berjajar. Dan marah bahkan tantrum ketika ada yang berubah susunan atau hilang. Dia tidak akan berhenti menangis jika kami tidak menyusunnya kembali atau menemukan apa yang hilang. Dia juga agak obsesif dengan benda-benda kesayanganya. Anak saya itu bisa ingat semua huruf abjad latin dan hijaiyyah, angka-angka, nama-nama hewan dan buah. Dia juga bisa menulis huruf-huruf yang dia tahu. Dia bisa menggambar sangat baik menurut saya. Saya membaca sejumlah artikel tentang speech delay, autisme, tapi saya semakin tidak mengerti sebenarnya apa yang dialami oleh anak saya. Kiranya dokter bisa menjawab dan memberi arahan apa yang harusnya saya lakukan. Bagaimana cara saya melatih anak saya berkomunikasi dan bicara?

Anak Tidur Mendengkur

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

selamat pagi dokter. nama saya lina. saya mempunyai anak berumur 6 tahun kalo tidur selalu mendengkur, kira2 apa ya dok penyebabnya?makasih dokter...

Anak Tidur Mendengkur

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

selamat sore dok, maaf saya ingin bertanya anak saya umur 6 tahun tidurnya sering mendengkur setiap malam,,,

BAB Normal pada Bayi

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

dok, anak saya usia 3 bulan. minum asi eksklusif setiap 2 - 2.5 jam sekali dg durasi minum +- 15 menit. di usia 0 - 1 bulan bab nya lembek, kuning cerah, kenaikan berat badannya 900 gram. tapi di usia 2 - 3 bulan ini bab nya tiba2 jadi hijau tua dan semakin hari menjadi coklat tua, lembek, berlendir kadang berbusa, kenaikan berat badan 500 gram. tpi tidak ada demam, anak masih aktif, ceria. sempat browsing di beberapa artikel disebutkan feses coklat pada bayi adalah hal normal pada bayi sufor atau bayi yg sudah masuk masa mpasi. sedangkan bayi saya masih asi eksklusif, tapi bab nya kok coklat tua. apakah ini masih normal dok?

Batuk Pilek pada Anak

Info penanya: Pria, 1 Tahun

Dok ank saya tuh udah berobat sana sini tpi ga sembuh sembuh dok batuk sama pileknya kata dokternya itu dari asep roko

Mengatasi Mata Bayi Belekan

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Dok saya mau tanya Saya kan punya anak umr 2 bulan Dia itu sakit mata awal nya belekan trs mata nya merah mumpung blm parah tag ksk salep khusus bayi tp kok tiba* sampai keluar darahne ndk mata nya.... Itu berbahaya g dok sama mata anak saya

Batuk Setelah Minum Susu Formula

Info penanya: Wanita, 0 Tahun

Dokter saya mau nanyak. Kenapa ya anak saya kalau habis minum sufor langsung batuk Padahal sebelumnya tidak batuk. Tp yang paling parah itu pas malam hari. Anak saya umur 5 bulan.

Mengatasi Anak Demam

Info penanya: Pria, 2 Tahun

Aslmlkum dok ini anak saya kan lumayan panas terus minum madu kalo minum obat lagi boleh gak kan sudah minum madu TJ?

Tanda Bayi Cukup Minum ASI

Info penanya: Wanita, 32 Tahun

Dok..maw tanya..anak saya usia 28hari.lahir 18mei 2020 jam 10pagi..mlam mulai habis isyak si adik sudah minta nenen terus terusan..smpe maw subuh.pas waktu itu asi juga belum banyak.sampai sekarang si adek mintanya nenen terus...padahal asi juga banyak..kanan kiri asi lancar semua.kalo habis mimik kdng terus gumoh.boboknya juga sedikit..kalo bobok dengar suara dikit aja kagetan.maunya digendong terus.sampe2 saya kadang takut..mw ngasih mimik..karena habis mimik banyak..bntar lagi maw mimik lagi..😴si adek ko kaya ga tenang gitu?😭kenapa ya dok??

Demam Pada Anak

Info penanya: Pria, 25 Tahun

Anak saya demam, ruam ruam merah di badan dan di wajah, tidak mau minum asi, tapi mau makan dan minum air putih, selalu mengigau ketika tidur, sudah 3 hari demam tiap malam, kenapa ya dok ?

Seputar Lidah Putih pada Anak

Info penanya: Wanita, 29 Tahun

Dok, Penanganan lidah bayi usia 3 bulan yang putih putih ada gumpalan hitamnya bagaimana ya? Anaknya juga sering muntah dan Hoek hoek. Terimakasih atas jawabannya