Sukses

Anak picky eater atau suka pilih-pilih makanan sering bikin orang tua frustrasi. Sebenarnya tak perlu pusing, terapkan saja siasat jitu ini.

Anak Sulit Menelan Makanan

Info penanya: Wanita, 25 Tahun

Assalamuallaikum Dok, Anak saya sekarang umur satu tahun. BB nya 8,4 kg. Anak saya mengalami kesulitan menelan sejak awal mpasi. Awalnya saya kira emang susah makan. Tp ternyata dia sebenarnya ketika dia makan makanan itu belum sampai tenggorokan udah d lepeh. Tapi sebenarnya dia tidak berniat melepeh. Tiap makanannya jatoh atau keluar dari mulut dia berusaha memasukan lagi ke dalam mulut. Tapi selalu saja keluar. Padahal makan apa apa saja doyan Dok,, saya bingung sekali. Saya takut jika nanti sampai usianya 2 tahun belum bisa menelan sama sekali. Tolong Dok,, bantu saya. Trima kasih.

Anak susah makan

Info penanya: Wanita, 28 Tahun

Dok saya bingung menghadapi anak saya 3 tahun susah makan.. kadang makan jam 7 pagi selesainya jam 11 siang.. makannya dikemut.. kalau mau di suapin ada aja alasannya.. mau minum, ini apa itu apa, mau susu dot, makannya mau sama bapa, ngantuk, mau sambil nonton tv, mau sambil nonton video, mau cium dan sayang adiknya, dll.. padahal sebelumnya ditanya mau makan sama apa, tapi tetap susah.. minta solusinya dong..

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

assalamualaikum dok....saya mau tanya anak saya laki laki bernama Natan abiyyu Mekka usia nya 19 bulan ... yang saya mau tanyain dok anak saya susah sekali makan dan tidur malam ...kalo malam dia bisa tidur jam 1 sampe jam 2 malam ....anak saya masih ASI dan suka di kasih juga susu bebelac ...cuma saya khawatir dok di usia nya Yg udah 19 bulan anak saya BB nya cuma 9,1 kg,,, dia anak nya aktif banget dok . jalan udah bisa sekarang dia udah banyak bisa menyebutkan kata 2 (ngomong) bahkan kadang minta makan sendiri dan dia udah bisa pake sendok ...nahhh yang jadi pertanyaan BB anak ya masih segitu jadi saya khawatir dia kenapa2 ... solusi nya bagay ia dok ...... makasih

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

dok saya mau nanya ....anak saya usia 19 bulan tapi BB nya cuma 9,1kg .....susah makan dan tidur nya tidak teratur ,,kalo tidur MLM terus ...jam 1 kadang jam 2 malam baru tidur ,,ntar bangun nya siang Dok ...tapi anak saya cukup aktif ,,, sekarang dia sudah mulai belajar bicara....cuma permasalahan nya BB nya kaga naik2 ....kalo kayak gini gimana ia Dok

Anak Belum Bisa Bicara dan Sulit Makan

Info penanya: Pria, 30 Tahun

Halo, Dok. Anak saya sekarang 20 bulan. Gigi sudah lengkap. Berjalan sudah lancar, bahkan larinya kencang dari anak-anak seusianya. Suaranya keras. Tapi dia belum bisa bicara, Dok. Saya sedikit khawatir. Dia akan memanggil mama/papa kalau dalam keadaan menangis. Kalau bermainpun jarang memanggil temannya. Hanya mengeluarkan "hm, mm a, aa" atau teriak atau tertawa. Selain itu Dok, kalau makan tidak mau menggunakan lauk. Hanya nasi & kecap manis. Kalau saya campurkan ikan/telur atau apapun tidak akan di telan, langsung di keluarkan. Begitu juga kalau makam sop. Mohon solusi untuk masalah anak saya, Dok. Terima kasih

Anak susah makan

Info penanya: Wanita, 22 Tahun

Assalamualaikum wr wb. Nama saya Sofiah Emelia. saya punya anak 1 umur 20 bulan. sanya mau nanyak Dok masalah anak susah makan. jadi anak saya sejak usia 19 bulan, dy makannya susah/rewel. Sudah tak butkan segala makanan tpi ttep gk mau makan, sehari saja makannya cuma beberapa suapan saja. saya sbagai ibu sangat bingung karna anak gak mau makan, tpi dy minum susu formula (SGM). Apakah gizinya cukup kalau makannya sedikit tpi tetap minum susu formula. Mohon ulasannya Dok . Terimakasih Wassalamu'alaikum wr wb

Bayi Sulit Makan

Info penanya: Pria, 9 Tahun

Selamat pagi Dok, anak saya Dhafin (laki-laki) usia 9 bulan 3 hari, bulan September lalu BBnya itu 7,4kg, namun kemarin saat nimbang BBnya turun hingga 6,5kg dgn panjang 71cm. Sedikit cerita, anak saya sempat batuk pilek ringan. Dan anak saya cukup sulit jika diberikan makan dan minum susu, jika dikasih makan selalu rewel & menangis, jadi membuat proses makannya terhambat. Lalu setiap disuguhkan asi/sufor takarannya 60ml /btl dan disuguhkan 4-5x mulai pukul 6 pagi, hinggal saya pulang kerja pukul 8 malam. (Kenapa 60ml, krn saya takut jika disuguhkan lebih, akan mubazir terbuang) Dan untuk intensitas BABnya itu dalam sehari 3-4x BAB dgn tekstur padat seperti lilin mainan anak yg ditekan oleh telapak tangan. Bagaimana caranya agar berat badannya normal kembali ya Dok tanpa rewel jika diberi makan/minum susunya? Saya khawatir akan anak saya ini yang BBnya turun jauh di usianya sekarang.

Agar Anak Mau Makan

Info penanya: Pria, 2 Tahun

Selamat pagi Dok Dok saya mau tanya bagaimana cara membuat anak yang susah makan jadi mau makan? karena anak saya tergolong yang susah makan, dan harus dirayu dengan macam-macam cara tetapi dengan cara yang sama juga susah untuk berikutnya. sampai-sampai ibunya stress kalau anak nggak mau makan. sekarang kalau makan pasti nangis duluan yang akhire nggak makan. terima kasih

Anak ngemut makanan

Info penanya: Wanita, 3 Tahun

Dok anak saya berusia 3 tahun, sedang melakukan pengobatan flek paru sudah 4 bulan, bb tiap bulan naik, namun sudah 2 minggu ini makannya kembali lagi kaya dulu sebelum pengobatan. ga di kunyah2 (di emut) jadi sekali makan bisa berjam2. Menu makannya tiap hari bervariasi tpi ttp aja lama ngunyah nya. Penyebab anak ngemut makanan karena apa ya dok? Apa mungkin dr flek paru? Terimakasih.

Anak susah makan

Info penanya: Wanita, 26 Tahun

Dok mau tanya, kalo anak susah makan solusinya apa ya dok? Usia anak saya 11 bln. Saya pernah bertanya kpd bidan tmpat saya melahirkan, dan katanya kemungkinan mau tumbuh gigi, dan benar anak saya giginya tumbuh dua itu pas masih berusia 10 bln tpi sampe skrg masih jg susah makannya hanya mau biskuit aja yg anak saya makan. Solusinya gmn ya dok

Berat Badan Anak Sulit Naik

Info penanya: Wanita, 23 Tahun

Halo dokter, anak sy laki2 usia 23 bulan dg BB 9,8 kg. Sejak usia 1 tahun BB nya sulit sekali naik, padahal makan dan camilannya cukup banyak. Anak sy lepas asi sejak usia 6 bulan. Untuk sufornya bisa habis 6/7 botol 250 ml perhari dg takaran sufor yg sy kurangi, karena kalau sy kasih takaran yg seharusnya dia pasti diare. Bagaimana agar BBnya cepat naik Dok? Sy selalu takut BBnya dibawah rata2..

Anak Sulit Makan

Info penanya: Pria, 27 Tahun

dok, anak saya sudah hampir sebulan gtm. gimana solusinya ?

Anak susah makan

Info penanya: Pria, 34 Tahun

Dok saya mau tanya usia anak saya saat ini berumur 15 bulan kenapa ya dok dia gk suka makan kalau saya kasih makan satu atau dua sendok aja sudah gk mau lagi terkadang makanan yang sudah dimulutnya dikeluarkan lagi. bayi saya memang susah makan sejak bayi dok baru mau makan pada umur 11 bulan. Dok boleh tidak bayi umur 15 bulan diberi vitamin untuk nafsu makan

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 14 Tahun

Salam Dok. Anak saya perempuan umur 14 bulan dan sampai hari ini anak saya tidak mau makan nasi, sayur atau buah, dan susu formula juga tidak mau, saya sudah coba Berbagai merek susu tapi hasilnya nihil, Anak saya cuma suka minum ASI dan air putih, apakah yang menyebabkan Anak tidak mau makn dan minum susu formula dan bagaimana mengatasinya Atau apakah anak saya kelainan.... Jika saya mau ke dokter konsul apakah saya ke dokter anak atau ke dokter gizi, mohon arahannya dok. Terima kasih

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 31 Tahun

Dok sy mo ty.ank sy berusia 2th 1bln..tdk mau makan nasi dan sayuran,dia lebih suka makan coklat tp tdk banyak juga hy sekedar.jik asy beri nasi hy 1-2 sendok yg dimakan.berat badannya 10kg..keaktifan aktif dan pandai berbicara dan bergerak.minum susu terkadang byk terkadang sedikit..sy khawatir dgn gizi dimasa pertumbuhannya..mohon solusinya dokter.

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 30 Tahun

Assalamualakum.. Dokter saya mau tanya anak saya umur 9 bulan sulit sekali makan..per bulan ini beratnya 7.5 kg tinggi 66 cm.. Anaknya aktif aja dokter..tolong saran untuk makannya apa kahafa vit untuk anak usia 9 bulan.

Anak Sulit Makan

Info penanya: Pria, 28 Tahun

maaf dr saya mau tanya saya mau menulis penelitian tentang GTM , tetapi saya kesulitan dengan referensi buku dan peneliti sebelumnya. mohon batuan dimana saya bisa dapat referensi buku dan di dalam dunia kedokteran anak apakah ada teorinya kalau ada saya mohon bantuanya , maaf sebelumnya dr

Anak Susah Makan

Info penanya: Wanita, 35 Tahun

Dok, saya mau tanya Anak saya berumur 2thn 9 bulan..anak saya susah makan tapi sering minum susu formula. Dia sering bab hampir 6x dalam sehari kadang encer kadang tidak. Udah periksa ke dokter beberapa kali tetap seperti itu. Apakah berbahaya?? Bagaimana cara supaya anak saya mau makan padahal sudah banyak cara yang saya lakukan Terimakasih

Anak susah makan

Info penanya: Wanita, 33 Tahun

Assalamualaikum. Dok, bagaiaman mengatasi anak yang susah makan, maunya minum susu terus. Sehingga pertumbuhan badannya seperti tidak maksimal, kurus dan kecil. Anak saya usianya 7 tahun 8 bulan TB 111 dan BB 19 kg. Mohon share ilmunya ya dok. Terima kasih.

Anak Sulit Makan

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok saya mau tanya, anak saya sekarang sudah menginjak 8bulan 2minggu semenjak imunisasi dasar yg terakhir sekitar umur 7bln anak saya jadi susah sekali makan bahkan hampir tidak mau makan jadi kadang saya agak sedikit memaksa pernah saya coba agar tidak memaksanya makan beberapa hari bb nya langsung turun drastis akhirnya saya paksa kembali untuk makan krn saya kasihan selama saya paksa makan dia menangis tp ditelan kalo tidak dg menangis tidak mau ditelan, saya sudah periksakan, makanan saya variasikan dari buah sampai sayur kemudian bubur instan, peralatan makan bergantian dg motif dan warna2 yg mencolok, makan dg tidur, duduk, jalan2 dsb tapi tetap saja dia tidak mau makan. Apakah ada yg salah dg anak saya atau bagaimana dok? Dan bagaimana solusi yg baik agar anak saya mau makan? Mohon bantuannya?? Terima kasih.