Semua Pertanyaan

Anak Sulit Makan dan Belum Berjalan

28 views

dr. Reza Fahlevi

Ditulis oleh:

dr. Reza Fahlevi

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com



Anak sy usia 14bln bobotnya cuman 8,5kg sejak usia 27hari diagnosa dokter katanya alergi susu sapi karna setiap kali mimi dia pup sma muntah,aya kasih dia morinaga soya.Terus anak aya belum bisa jalan juga dok tdk seperti teman2 seusianya, makannya juga susah, perutnya sering mengembung juga. Mohon solusinya ya dok !

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan tabel pertumbuhan anak dari WHO di usia 14 bulan berat badan rata-rata untuk anak perempuan usia 14 bulan adalah 7,4 kg sampai 12,1 kilogram. Berdasarkan nilai rujukan tersebut berat anak Anda masih termasuk dalam kategori normal. Namun demikian, Anda sebaiknya tetap memperhatikan asupan makanan dan aktivitas yang dilakukan anak anda. 

Perut kembung dapat terjadi akibat tertelannya udara, konsumsi makanan atau minuman tertentu yang masuk ke tubuh, atau karena proses pencernaan di dalam tubuh yang kurang baik. Anak lebih rentan mengalami perut kembung karena saluran pencernaannya masih dalam tahap perkembangan. Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya hindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati  dapat menggantikan susu sapi. Namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak  dengan susu hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan anak (pada usia 2-3 tahun). 

Nah, untuk mengatasi anak anda yang sulit makan, Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang, membuat suasana makan yang menyenangkan bagi anak dengan cara menyajikan makanan yang bervariasi sehingga anak semangat dan tidak bosan. Selain itu, jangan berikan susu pada anak dalam jumlah yang berlebihan karena jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak mudah kenyang.

Standar usia anak berjalan adalah 9-12 bulan, namun jika anak Anda belum mulai belajar berjalan, maka perkembangan motorik kasar ini dapat kita tunggu sampai usia 15 bulan. Rajin-rajinlah selalu untuk melatih anak  berjalan dan perlahan-lahan anak dilatih untuk dilepas dan berjalan sendiri. Ibu perlu memperhatikan juga perkembangan lainnya. Ibu perlu memperhatikan perkembangan motorik halus (mencoret-coret, ambil manik-manik yang ditunjukkan), bahasa (mengucapkan 2-3kata), dan personal sosial (minum dari cangkir, menirukan kegiatan). Apabila perkembangan lainnya normal, maka Ibu harus lebih sering untuk melatih anak berjalan. Apabila tidak ada perkembangan juga maka berkonsultasilah pada dokter spesialis anak.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media