Makanan Balita

Sarapan Praktis dan Sehat untuk Anak

458 views
Sarapan sangat vital agar pertumbuhan anak lebih optimal. Karena itu, menyiapkan sarapan yang bervariasi, praktis sekaligus sehat amatlah penting.


Sarapan merupakan nutrisi penting bagi anak untuk mengawali harinya. Pada penelitian Kleinman dkk disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Agar anak bisa lebih mudah berkonsentrasi di sekolah, berikanlah anak sarapan yang mengandung zat-zat esensial ini:

Protein

Beberapa sumber protein seperti ikan, daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan, kacang kedelai, dan biji-bijian merupakan sumber makanan yang baik untuk perkembangan anak. Selain itu, protein membantu pembentukan daya tahan tubuh anak.

Zat besi yang terdapat di dalam daging sapi atau daging tanpa lemak membantu anak dalam untuk mempertahankan kondisi, agar tidak jatuh ke dalam kondisi anemia sehingga dapat memfokuskan diri di sekolah. Daging sapi juga merupakan sumber mineral seng, yang dapat membantu mempertahankan memori.

Sumber protein lainnya adalah telur. Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Glukosa

Glukosa juga merupakan zat penting yang tidak boleh dilupakan, sebab glukosa adalah sumber utama energi untuk metabolisme.

Glukosa bisa didapat dari produk gandum seperti oatmeal, beras merah, dan roti gandum. Biji-bijian dan serealia juga sangat bermanfaat, karena mengandung sumber vitamin B yang baik untuk saraf.

Produk susu

Produk susu dan turunannya seperti yoghurt dan keju mengandung banyak vitamin B. Vitamin B merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan neurotransmiter dan enzim. Neurotransmiter merupakan zat yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi dari satu saraf ke saraf lainnya.

Penampilan dan rasa merupakan hal yang tidak boleh dilupakan ketika menyajikan menu sarapan untuk anak, sebab ia memiliki taste bud indra pengecap yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa, sehingga organ perasanya lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Taste bud merupakan satuan indra perasa yang berada di dalam rongga mulut.

Nah, supaya terlihat menarik dan lezat, zat-zat tersebut dapat dikombinasikan melalui pemberian menu makanan yang bervariasi seperti roti sandwich isi keju, serealia dan susu, dan fettuccini carbonara.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1.      Morinaga Platinum Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

2.      Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

3.      Morinaga Soya Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

4.      Morinaga P-HP Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk Anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media