Pencegahan Osteoporosis

9 Cara Praktis Hindari Osteoporosis

354 views

dr. Aldico Sapardan, Sp.OT

Ditulis oleh:

dr. Aldico Sapardan, Sp.OT

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Osteoporosis adalah penyakit mematikan, yang sering hadir tanpa diketahui sebelumnya. Hindari sekarang juga!


 

hindari osteoporosis
9 Cara Praktis Hindari Osteoporosis

Osteoporosis dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini dapat menyebabkan patah tulang, kelumpuhan, atau bahkan kematian pada penderitanya. Meskipun demikian, osteoporosis sebenarnya dapat dihindari.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan kualitas kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh. Secara umum, penyakit ini banyak dipengaruhi oleh perubahan lingkungan, pola makan dan gaya hidup.

Jika Anda tidak ingin mengalami osteoporosis di kemudian hari, lakukan tips berikut ini:

  1. Latih tulang Anda

Sama seperti otot, tulang akan semakin kuat apabila sering dilatih. Jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih tulang adalah angkat beban, aerobik, berjalan, berlari, naik gunung dan olahraga lain sejenisnya.

  1. Konsumsi kalsium dan vitamin D

Ketika kekurangan kalsium, maka tubuh akan menghancurkan tulang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan (kalsium). Dengan demikian, Anda sangat mungkin untuk mengalami bone loss (penurunan massa tulang)

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian Anda. Kalsium bisa ditemukan pada susu dan produk olahannya. Sedangkan vitamin D bisa Anda temukan pada ikan salmon, ikan herring dan lainnya.

  1. Berhenti mengonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda dapat mengurangi kandungan kalsium di dalam tulang, yang dapat berujung pada penurunan massa tulang. Ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian.

Selain itu, minuman bersoda juga mengandung fosfat berlebihan. Senyawa ini dapat menyebabkan berkurangnya kalsium dari dalam tubuh.

  1. Kurangi asupan protein berlebihan

Mengonsumsi protein secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kalsium melalui urine. Kebanyakan orang hanya membutuhkan 2-4 ons protein, sebanyak 3 kali sehari.

  1. Kendalikan asam lambung

Banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan penghambat asam lambung untuk mengatasi masalah kesehatan –seperti rasa panas di dada akibat asam lambung dan hernia hiatus. Padahal, asam lambung diperlukan untuk menyerap mineral, seperti kalsium, magnesium, dan seng. Karena itu, menghalangi asam lambung dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

  1. Hentikan konsumsi kafein

Setiap cangkir kopi yang dikonsumsi dapat mengurangi 150 mg kalsium tubuh melalui urine. Jadi bila Anda harus mengonsumsi minuman berkafein (kopi), setidaknya tingkatkan asupan kalsium sebesar 150 mg dari tiap gelas kopi yang Anda konsumsi.

  1. Hindari minuman beralkohol

Minum lebih dari 2 gelas alkohol per hari dapat meningkatkan risiko terjadinya penurunan massa tulang.

  1. Jangan merokok

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penurunan massa tulang  dan patah tulang sebesar dua kali lipat karena rokok dapat mengganggu kinerja hormon estrogen di dalam tubuh.

  1. Kurangi stres

Stres dapat meningkatkan hormon kortisol. Jika tingkat hormon tersebut tinggi dalam jangka waktu lama, maka risiko terjadinya penurunan massa tulang juga akan meningkat.

Sangat mudah, bukan? Semakin dini melakukan tindakan pencegahan, maka risiko terjadinya osteoporosis di kemudian hari akan semakin kecil.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan sekarang juga!

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media