Semua Pertanyaan

Telinga Seperti Berair Saat Flu

17 views

dr. Dyah Novita Anggraini

Ditulis oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Yth. Klik Dokter Khususnya Spesialis THT. saya mau bertanya terkait telinga saya. saya merasakan telinga saya seperti kurang peka terhadap suara, seperti ada menyumbat di telinga saya, seperti ada air dan mendengar bunyi (hanya telinga kanan, telinga kiri normal). Sudah seminggu saya flu dan batuk(sekarang juga masih), terus 3 hari yang lalu sebelum saya bertanya disini, saya merasakan telinga tersumbat ini dan saya juga sudah diperiksa oleh dokter umum katanya itu disebabkan oleh flu, terus saya diberi obat flu dan batuk, namun sampai sekarang belum ada perubahan. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apa benar telinga tersumbat ini disebabkan oleh flu? 2. apa sdh tepat saya berobat ke dokter tsb begitu juga dengan obatnya? 3. apa saran pengobatan untuk menyembuhkannya? terima kasih atas saran dan nasehat dokter.... salam hormat, Fauzi Alamsyah

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah telinga tersumbat saat sedang flu. Saluran lubang hidung kita memiliki muara di tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar.

Bila kita sedang flu, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga. Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda. 

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini flu atau infeksi pada saluran pernapasan. Mengenai apakab obat yang diberikan kepada Anda sudah benar, kami tidak dapat memberikan pendapat karena tidak ada sertakan informasi obat dan kami sendiri tidak melakukan pemeriksaan langsung kepada Anda. 

Apabila gejala flu mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut. Kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengobati flu Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media