Semua Pertanyaan

Flu Bisa Menyebabkan Telinga Tersumbat?

12 views

dr. Kartika Mayasari

Ditulis oleh:

dr. Kartika Mayasari

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Yth. Klik Dokter Khususnya Spesialis THT. saya mau bertanya terkait telinga saya. saya merasakan telinga saya seperti kurang peka terhadap suara, seperti ada menyumbat di telinga saya, seperti kemasukan air dan mendengar bunyi di telinga saya(hanya telinga kiri). Seminggu yang lalu sampai sekarang saya masih flu dan batuk, terus 3 hari sebelum saya bertanya disini saya baru merasakan telinga tersumbat ini dan sudah diperiksa oleh dokter umum katanya disebabkan oleh flu, lalu saya dikasih obat flu dan batuk (obatnya berbentuk tablet dan kapsul), namun sampai sekarang belum ada perubahan. Yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah telinga tersumbat ini disebabkan oleh flu? 2. Apa sdh tepat saya berobat ke dokter tsb begitu juga dengan obatnya? 3. Apa saran yang tepat untuk menyembuhkannya? terima kasih atas saran dan nasehat dokter.... salam hormat, Fauzi Alamsyah

 

Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Adakah keluhan lain yang Anda rasakan, seperti mendengar bunyi di dalam telinga, seperti ada air di dalam telinga atau rasa sakit? 

Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) atau perubahan tempat dengan tekanan berbeda seperti ke daerah dataran tinggi dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya peradangan pada daerah THT. Kombinasi dari flu dan kunjungan ke daerah yang berbeda tekanan dapat menjadi penyebab keluhan Anda.

Obat yang diberikan pada Anda harusnya  sudah disesuaikan dengan kondisi Anda yaitu untuk mencegah terjadi infeksi pada telinga yang tersumbat.  

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi KlikDokter

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media