Gaya Hidup Sehat

Cara Mencegah Flu Ketika Bepergian ke Negara Bersalju

1111 views

dr. Dyan Mega Inderawati

Ditulis oleh:

dr. Dyan Mega Inderawati

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Desember menjelang. Tak sedikit yang mengambil rencana untuk berlibur tutup tahun ke negeri yang bersalju. Berikut beberapa cara mencegah flu yang dapat Anda lakukan sebagai persiapannya,

Afrin Semprot Hidung

Cara mencegah flu ketika bepergian ke negara bersaljuKlikDokter.com – Kita terbiasa hidup di negara tropis, dan berlibur  ke negara bersalju tentu membutuhkan persiapan agar tubuh tetap sehat dan fit sehingga dapat menikmati liburan bersama orang yang kita cintai. Salah satu pengganggu liburan, adalah terkena influenza, oleh karena itu berikut cara mencegah flu yang dapat Anda lakukan ketika bepergian ke negara bersalju.

Namun sebelum kita membahas cara mencegah flu, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu soal flu. Flu sendiri sebenarnya merupakan suatu penyakit self-limiting disease, artinya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan waktu. Akan tetapi perlu diingat, tanpa penanganan yang tepat flu dapat menjadi parah dan dapat menyebabkan kematian. Data di Amerika menyebutkan flu menyebabkan 114.000 orang dirawat di RS tiap tahunnya dimana 36.000 diantaranya meninggal.Center for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa angka kematian akibat flu ini meningkat pada golongan usia diatas 65 tahun dan pada golongan dengan risiko medis tertentu.

Lalu bagaimana cara mencegah flu agar terlindungi dari bahaya flu ketika berlibur?

1. Cara Mencegah Flu: Vaksin Flu

Vaksin flu yang saat ini tersedia memang belum mampu untuk mengobati penderita flu namun cukup efektif sebagai pencegahan penularan flu.

Kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksin ini? 3 minggu sebelum waktu keberangkatan adalah waktu yang ideal karena 3 minggu setelah suntikan vaksin, seseorang akan mendapatkan kekebalan tubuh maksimalnya. Kekebalan tubuh yang didapat dari vaksin ini akan bekerja lebih optimal apabila seseorang pernah terkena flu atau telah mendapatkan vaksin sebelumnya.

Cara mencegah flu dengan vaksin pada manula atau orang dengan penyakit kronis sebenarnya vaksin tidak terlalu efektif mencegah timbulnya penyakit, akan tetapi cukup melindungi seseorang dari keparahan penyakit apabila terkena flu.

2.Cara Mencegah Flu: Cuci Tangan

Virus flu ditularkan melalui batuk, bersin, dan sentuhan dengan benda- benda yang terkontaminasi seperti gagang pintu, telepon dan sebagainya. Oleh karena itu, cuci tangan menjadi cara mencegah flu yang sangat efektif untuk menghindari diri dari terjangkitnya flu saat berada di tempat-tempat umum. Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan cuci tangan dengan air hangat yang dicampur sabun setidaknya selama 15 detik.

3. Cara Mencegah Flu:Hindari Kontak dengan Penderita Flu

Jauhkan diri dan keluarga dari orang-orang yang kemungkinan menderita flu. Bila tidak memungkinkan melakukannya, cuci tangan dan gunakan cairan antiseptik yang banyak dijual bebas.

4. Cara Mencegah Flu: Banyak Minum dan Istirahat

Cairan seperti air, jus, sup dan minuman non-kafein dapat membantu menjaga kecukupan cairan pada tubuh kita. Sebaliknya, alcohol dan minuman berkafein dapat membuat tubuh kita dehidrasi dan mudah sakit.

5. Cara Mencegah Flu: Bawa obat- obatan Pribadi Anda.

Apabila segala persiapan di atas sudah anda lakukan, namun flu masih juga menghinggapi, Anda harus siap dengan senjata pertama yang Anda bawa. Bawa obat- obatan pribadi yang biasa Anda gunakan dan dapat cepat mengatasi keluhan flu, sehingga Anda masih tetap dapat menikmati waktu liburan bersama keluarga.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media