Seksologi

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa Sakit

14272 views

dr. Muhammad Anwar Irzan

Ditulis oleh:

dr. Muhammad Anwar Irzan

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Kepuasan saat melakukan hubungan seksual dapat mendongkrak kualitas keharmonisan dalam berumah tangga. Namun, bagaimana jika Anda atau pasangan Anda mengalami gangguan lubrikasi?

Menikmati Hubungan Seksual Tanpa Rasa SakitKondisi vagina yang kering sering kali menyebabkan masalah pada hubungan seksual. Namun, Anda tidak perlu cemas, ada berbagai cara untuk memperbaiki lubrikasi vagina yang tidak memadai.

Solusi yang murah sekaligus efektif adalah dengan menggunakan pelumas saat berhubungan seksual. Apabila penyebab kurangnya pelumas adalah gangguan psikologis, komunikasi yang tepat merupakan pengobatan yang terbaik.

Berkomunikasi merupakan hal yang penting saat melakukan hubungan seksual. Tanpa komunikasi, Anda akan sulit mencapai kenikmatan saat bercinta. Selalu utarakan pendapat Anda kepada pasangan mengenai apa yang membuat Anda nyaman dan apa yang tidak. Jika Anda merasa sakit, tidak perlu sungkan untuk memberi tahu pasangan.

Kekeringan vagina dan rasa sakit biasanya terjadi karena penetrasi yang terlalu dini, padahal Anda belum siap. Katakan kepada pasangan untuk memperpanjang waktu foreplay (pemanasan). Hal ini berguna untuk merangsang cairan lubrikasi keluar dari vagina Anda. Saat pemanasan, Anda bisa meminta pasangan untuk menyentuh bagian tubuh Anda yang sensitif. Ingat, jangan lakukan penetrasi hingga Anda benar-benar terangsang dan cairan lubrikasi cukup.

Bereksperimen dengan pelumas yang berbeda dan cara menerapkannya juga bisa menjadi pilihan untuk membuat hubungan seksual lebih menyenangkan. Namun, jika cara-cara tersebut tidak juga mampu meredakan rasa sakit, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media