Solusi Perut Kembung

Selain Melatih Lambung, Puasa Juga Sembuhkan Mag

29548 views

dr. Dyah Novita Anggraini

Ditulis oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Tak hanya melatih lambung, puasa juga bisa menyembuhkan penyakit mag. Simak faktanya di sini.


Selain Melatih Lambung,  Puasa Juga Sembuhkan Mag
Selain Melatih Lambung,  Puasa Juga Sembuhkan Mag

Puasa. Bagi sebagian penderita penyakit mag, kegiatan ini sangat menakutkan. Kebanyakan orang berpikir bahwa penyakit mag akan kambuh atau bertambah parah jika berpuasa.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa puasa adalah kegiatan untuk melatih kemampuan lambung. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih pola makan menjadi lebih teratur.

Dengan demikian, bila penderita mag melakukan puasa, bukan tidak mungkin keluhan yang mereka alami akan sembuh. Agar lebih jelas, berikut alasan mengapa puasa dapat menyembuhkan penyakit mag:

  • Puasa yang baik dan benar akan membuat penderita memiliki jadwal makan lebih teratur, yakni saat sahur dan berbuka. Dengan demikian, lambung akan terbiasa dengan pola makan tersebut.
  • Puasa membuat gejala yang terjadi saat serangan mag –seperti mual, muntah, dan perut perih, akan berkurang. Ini karena puasa membuat lambung beristirahat untuk sementara waktu.
  • Dengan berpuasa, racun yang ada di dalam saluran pencernaan akan dibersihkan.
  • Puasa akan mengurangi kesempatan penderita untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti:
  • Kopi, sari buah sitrus, susu.
  • Makanan yang sangat pedas atau asam.
  • Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya cokelat, keju, dan makanan berlemak.
  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, seperti sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda.

Namun perlu Anda ketahui, manfaat di atas hanya berlaku pada penderita mag fungsional. Mag fungsional sendiri merupakan jenis sakit mag yang penderitanya tidak memiliki kelainan anatomi pada saluran pencernaan. Mag jenis lebih sering diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur.

Bagi penderita mag akut, Anda disarankan untuk berpuasa selama tiga hari. Sedangkan penderita mag kronis disarankan untuk berpuasa minimal tujuh hari untuk dapat meredakan gejala sakit mag. Jika puasa terbukti berhasil meredakan gejala mag, Anda dapat ulangi kebiasaan baik ini satu atau dua bulan ke depan.

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media