Semua Pertanyaan

Nyeri Perut karena Maag

4 views

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Ditulis oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com



Siang Dokter. Sudah 3 bulan terakhir ini maag saya selalu kambuh dok. Bln lalu cukup lama pulihnya, hampir sebulan masih ada perasaan nggak enak di perut. Ini sudah 4 hari kambuh maag saya dan sudah berobat ke dokter dan diberikan suntikan dan obat2an spt sucrolfate, ranitidine, vesperum dan sipolan. Memang agak berkurang sakitnya tp tidak total hilang. Nyeri di perut masih ada dok. Malam pun saya sulit tidur karena nyeri itu. Apakah itu wajar dok ?. Apakah ada obat lain agar nyerinya segera hilang?. Terimakasih dokter.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Maag sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media