Pola Makan

7 Makanan Penyebab Perut Kembung

395 views

dr. Dyah Novita Anggraini

Ditulis oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Perut kembung sering diidentikan dengan kejadian ‘masuk angin’. Padahal, kondisi ini merupakan akibat utama dari asupan makanan yang salah, lho!


7 Makanan Penyebab Perut Kembung
7 Makanan Penyebab Perut Kembung

Sebanyak 20% masyarakat Indonesia pernah mengalami perut kembung. Kondisi ini sering diidentikan dengan ‘masuk angin’. Padahal, perut kembung merupakan akibat dari asupan makanan yang salah.

Perut kembung merupakan kondisi perut yang terisi banyak udara atau air. Saat ini terjadi, perut akan terasa penuh, kencang, dan tidak nyaman. Seperti yang dikatakan sebelumnya, faktor utama yang menjadi penyebab perut kembung adalah asupan makanan yang salah.

Berikut 7 makanan penyebab perut kembung:

  1. Sayuran

Beberapa orang kesulitan untuk mencerna sayuran. Kondisi ini menyebabkan kejadian perut kembung. Sebagian besar jenis sayuran yang menyebabkan perut kembung adalah sayuran jenis kubis-kubisan (brassicaceae), seperti brokoli, kembang kol, wortel, kale dan aspragus.

Sayuran ini memiliki kandungan raffinose. Ini adalah gula yang sulit dicerna di lambung dan baru dapat dicerna saat mencapai usus besar.

Jika sayuran tersebut adalah favorit Anda, ada cara mudah untuk mencegah perut kembung setelah mengonsumsinya. Anda bisa mengunyahnya secara perhalan hingga benar-benar halus.

  1. Gula dan pemanis buatan

Pemanis buatan sulit untuk diolah dan diserap sempurna di saluran pencernaan. Ini dapat dapat menimbulkan kejadian perut kembung.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya akan menimbulkan perut kembung. Hal ini terutama sering terjadi bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, di mana tubuhnya kekurangan enzim laktosa (yang dapat memecah gula di dalam tubuh).

Bagaimana jika Anda ingin tetap mengonsumsi asupan tersebut? Cobalah untuk menggantinya dengan yang bebas laktosa.

  1. Cokelat

Makanan ini dapat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  1. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum memiliki kandungan tinggi serat, yang terkadang dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

  1. Buah-buahan

Apel, nanas, pir, anggur, dan mangga memiliki kandungan fruktosa (gula buah) dan sorbitol (gula alkohol) di dalamnya. Jenis gula tersebut lambat diserap di saluran pencernaan, sehingga mudah menimbulkan gas di dalam perut dan membuat perut menjadi kembung.

  1. Minuman bersoda

Gelembung udara yang terdapat di dalam minuman bersoda mengandung gas yang dapat terjebak di dalam perut Anda. Jika dikonsumsi secara berlebihan, asupan ini bisa menyebabkan kondisi perut yang kembung.

Perlu diketahui, jumlah gas yang dihasilkan dari masing-masing asupan di atas terhadap masing-masing individu sangat bervariasi. Karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami perut kembung, sebaiknya batasi atau bahkan hindari asupan-asupan di atas.

(NB/RH)

Baca juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media