Dampak HiperKolesterol

Serangan Jantung Incar Orang Muda, Kenali Tandanya!

300 views

dr. Karin Wiradarma

Ditulis oleh:

dr. Karin Wiradarma

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Serangan jantung kini lagi tidak hanya dominasi orang tua. Orang muda pun turut menjadi incaran penyakit mematikan ini. Kenali tandanya Anda bisa berkelit dari maut.


Serangan Jantung Incar Orang Muda, Kenali Tandanya!
Serangan Jantung Incar Orang Muda, Kenali Tandanya!

Selama ini serangan jantung dikenal sebagai penyakit degeneratif yang diderita oleh lansia –orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Namun seiring dengan pergeseran zaman, semakin banyak orang muda yang menjadi korban penyakit ini.

Serangan jantung pada orang muda rata-rata terjadi pada usia di bawah 40 tahun. Tercatat orang muda yang meninggal akibat serangan jantung adalah 4-10%, dan sebagian besar dialami oleh pria.

Penelitian di berbagai belahan dunia mencatat usia rata-rata pria terkena serangan jantung pertama kali adalah 66 tahun dan 70 tahun bagi wanita. Pada usia di atas 45 tahun, pria akan memiliki risiko serangan jantung yang lebih tinggi. Sementara itu wanita baru terancam serangan jantung setelah memasuki masa menopause –kurang lebih setelah usia 50 tahun.

Gejala Serangan Jantung Sulit Dikenali

Sebagian orang berpikir bahwa gejala serangan jantung pada orang muda mudah dikenali. Sinetron di negeri ini pun seolah membenarkan pikiran tersebut. Adegan yang menampilkan pria mengeluh kesakitan sambil mencengkram dadanya hingga akhirnya jatuh pingsan adalah sajian khas sinetron untuk menggambarkan serangan jantung.

Kenyataannya, gejala serangan jantung tak selalu mudah untuk dikenali. Tapi bukan berarti tak ada yang bisa Anda lakukan. Beberapa gejala berikut bisa menjadi pertanda yang bisa dikenali dan harus Anda waspadai:

Nyeri Dada dan Sesak Napas

Nyeri dada pada serangan jantung umumnya dirasakan di dada kiri atau ulu hati. Sensasi yang dirasakan adalah seperti ditindih benda berat, diikat, diremas, atau terbakar. Nyeri dada juga dapat menjalar ke berbagai lokasi, seperti rahang, gigi, lengan, dan punggung. Selain itu, gejala sesak napas juga dapat menyertai nyeri dada, nafas terasa berat dan satu-satu.

Mual, Muntah, dan Berkeringat

Serangan jantung pada orang muda juga dapat menimbulkan gejala mual, muntah, dan keringat dingin.

Mirip Sakit Mag

Terkadang, gejala sakit jantung mirip dengan sakit mag. Oleh karena itu, apabila mengalami sakit mag yang tidak kunjung membaik –meski telah diobati dengan obat mag, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan segera.

Nah, kini Anda tahu seperti apa gejala serangan jantung pad orang muda. Tetap waspada dan jangan remehkan setiap gejala yang muncul.

(RH)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media