Pola Hidup Sehat & Haid

Haid Berkepanjangan, Waspada Penyakit Kandungan

1256 views

dr. Dyah Novita Anggraini

Ditulis oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Apakah Anda sering mengalami haid yang berkepanjangan? Jika ya, segera periksa ke dokter sebelum terlambat.

Haid Berkepanjangan, Waspada Penyakit Kandungan Dalam istilah medis, siklus haid yang memanjang dikenal dengan oligomenorhea. Ini merupakan suatu keadaan di mana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama.

Jika Anda sering mengalami siklus haid yang memanjang, Anda perlu mewaspadainya karena bisa saja penyebabnya adalah penyakit yang terdapat di dalam kandungan.

Salah satu penyebab haid berkepanjangan, yang diakibatkan penyakit di dalam kandungan, adalah sindrom polikistik ovarium (PCOS).

PCOS merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada indung telur. Beberapa penelitian menyatakan bahwa 85%-90% wanita yang mengalami gangguan haid berkepanjangan juga memiliki PCOS.

Penyebab pasti dari gangguan PCOS belum dapat diketahui, namun faktor genetik dan faktor ketidakseimbangan hormon juga bisa ikut berperan.

Gejala-gejala dari penderita PCOS yaitu:

  • Adanya gangguan pada siklus haid, contohnya siklus haid yang memanjang.
  • Adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen). Tubuh wanita juga memproduksi hormon androgen meskipun sedikit. Namun pada PCOS, hormon androgen mengalami peningkatan sehingga akan muncul gejala seperti berjerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh.
  • Kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.
  • Tingginya kadar insulin dalam tubuh. Hal ini terjadi karena PCOS dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh). Akibatnya, penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan pengaturan kadar gula darah dan gangguan pengaturan kadar lemak sehingga mereka menjadi obesitas.

Jika Anda memiliki haid yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG, untuk melihat apakah terdapat kista di dalam ovarium untuk menegakkan diagnosis PCOS.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media