Masalah-Masalah Haid

Ketika Haid Tidak Kunjung Tiba: Amenorea

47167 views

dr. Dissy Pramudita

Ditulis oleh:

dr. Dissy Pramudita

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Amenorea adalah keadaaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Simak penjelasannya disini bersama dr. Dissy Pramudita.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 5 Next »  

haid tidak hamilKlikdokter.com - Amenorea adalah keadaaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita.  Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause.

Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara kompleks  hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat (lihat artikel menstruasi).

Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

  1. Amenorea primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi

  1. Amenorea sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

Berikut ini adalah penyebab dari amenorea:

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 5 Next »  

Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media