Semua Pertanyaan

Kepala Anak Panas, Kaki dan Tangan Dingin

21 views

dr. Dyan Mega Inderawati

Ditulis oleh:

dr. Dyan Mega Inderawati

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com



kenapa anak saya sdh 3 hari ini kepala panas, tp tangan dan kaki bisa dingin sampai pucat, kena penyakit apa ini dok? thanks, dan apa yg harus saya lakukan thd anak saya ini, makan dll normal semua hanya dia bilang semua badannya sakit

 

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Demam/panas pada anak biasanya merupakan pertanda terjadinya infeksi pada anak, dan terjadi di seluruh tubuh dan juga dapat dirasakan oleh orang tua maupun anak di seluruh tubuh. Sering disertai dengan sikap gelisah berlebihan, sulit makan dan gejala lainnya pada anak. Bila tidak ada gejala lain yang menyertai panas pada anak Anda, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika panas hanya dapat dirasakan pada kepala dan bagian tertentu tubuh  saja, bisa diperhatikan suhu di ruangan tersebut atau pakaian yang digunakan Anak. Juga dapat diperhatikan bahan-bahan selimut atau pun sprei tempat tidur Anak, apakah bahannya terlalu tebal. Kondisi batuk pilek memang dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh pada anak, hal ini juga dapat menyebabkan demam pada Anak. Apakah Anda sudah memeriksa suhu tubuh anak Anda dengan termometer?

Telapak tangan dan kaki yang teraba dingin dapat menandakan adanya sirkulasi darah yang kurang baik ke daerah perifer, semisal bila terjadi kekurangan cairan. Apakah asupan cairan anak Anda cukup?

Jika suhu ruangan sudah optimal dan bahan-bahan pakaian, selimut serta sprei lainnya sudah cukup sejuk dan tidak terlalu tebal dan kepala anak Anda masih panas, serta timbul gejala-gejala lain dan telapak kaki dan tangan teraba semakin dingin dan terlihat semakin lemas, maka bawalah segera ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih terinci.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter







©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media